Rumah Literasi ‘Aisyiyah: Tempat Diskusi Kebangsaan dan Ideologi

Publish

31 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
119
Foto Istimewa

Foto Istimewa

AMBON, Suara Muhammadiyah - Salah satu target Pelatihan Kepemimpinan Berbasis Nilai Damai dalam rangka menggerakkan dan memberdayakan perempuan yang diselenggarakan Majelis Pembinaan Kader Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah  (MPK PPA) di Ambon adalah launching Rumah Literasi ‘Aisyiyah (26/7/24). Acara peresmian rumah literasi ini dilaksanakan pasca pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Perempuan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Salmah Orbayinah didampingi Ketua Devisi Perkaderan Fungsional MPK PPA sekaligus Ketua Program Pelatihan Kepemimpinan Maesyarah. 

Turut hadir dalam acara tersebut untuk memberikan sambutan antara lain M. Taib Hunsou Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Maluku, Djalaluddin Salampessy, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Pemerintah Daerah Mauluku dan Ummu Sa'idah, Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah. Lokasi Rumah Literasi ‘Aisyiyah adalah gedung TPQ yang bersebelahan dengan TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA) 3, Ambon, Jalan Wara Desa Batu Merah, Sirimau, Ambon. 

Salmah Orbayinah menyampaikan bahwa meskipun literasi dapat diartikan kemampuan menulis dan membaca, literasi perlu dimaknai lebih luas. “Literasi dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam mengolah informasi dan pengetahuannya untuk kecakapan hidup. Kemampuan ini sangat penting bagi siapapun,” ujar Salmah.

MPK PPA mengangkat Rumah Literasi ‘Aisyiyah sebagai pilot project agar diikuti wilayah-wilayah lain sehingga seluruh anggota ‘Aisyiyah dan seluruh masyarakat yang menerima manfaatnya menjadi melek informasi dan lebih terliterasi (literated). 

Salmah berpesan bahwa Rumah Literasi ‘Aisyiyah ini bukan hanya dapat dimanfaatkan untuk anggota dan kader ‘Aisyiyah saja namun juga seluruh warga sekitar termasuk generasi milenial dan generasi z. “MPK PPA telah mengirimkan sejumlah buku seperti buku-buku ideologi Muhammadiyah-‘Aisyiyah, KeIslaman dan kebangsaan, Kepemimpinan, Profil Tokoh-tokoh Muhammadiyah, Panduan Beribadah Perspektif Tarjih, Tafsir At-Tanwir, Keluarga Sakinah, Srikandi ‘Aisyiyah serta buku-buku lainnya. Ada pula fasilitas tambahan seperti komputer dan rak buku,” papar Salmah. 

Hal senada disampaikan oleh Ketua MPK PPA Mami Hajaroh bahwa target serangkaian kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Perempuan Berbasis Nilai Damai adalah terbentuknya Rumah Literasi ‘Aisyiyah. “Fungsi Rumah Literasi ‘Aisyiyah ini adalah tempat yang digunakan sebagai Pusat Kajian dan Dakwah ‘Aisyiyah dalam membangun masyarakat yang damai di Maluku,” tambah Mami [].  


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PEMALANG, Suara Muhammadiyah - Pelaksanaan ujian Tahfidz Qur'an SMA Muhammadiyah 4 Belik gandeng Lem....

Suara Muhammadiyah

17 January 2024

Berita

KUNINGAN, Suara Muhammadiyah  - Sebanyak 103 orang mahasiswa/i Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (S....

Suara Muhammadiyah

19 September 2023

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Rapat Kerja Daerah (Rakerda) LRB - MDMC PDM Cilacap menjadi ajang....

Suara Muhammadiyah

13 May 2024

Berita

POLMAN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Polewali Kabupaten Polman senantiasa....

Suara Muhammadiyah

25 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – KPI UMY mengadakan workshop menulis naskah publikasi yang ber....

Suara Muhammadiyah

21 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah