Resmi Dibuka! Unismuh Terima SK Prodi S2 Teknik Pengairan

Publish

28 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
84
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultan Batara Dr Andi Lukman menyerahkan Surat Keputusan (SK) Mendikbud Nomor 451/E/O/2024 tentang izin pembukaan Program Studi Magister Teknik Sumber Daya Air (Pengairan) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Acara ini dihadiri Ketua Badan Pembina Harian (BPH), Rektor, para Wakil Rektor, Kepala Biro, serta jajaran pimpinan fakultas dan program studi di lingkungan Unismuh Makassar.

SK tersebut diterima Rektor Unismuh Dr Abd Rakhim Nanda di Balai Sidang Muktamar pada Selasa, 27 Agustus 2024. Sebelum penyerahan, SK tersebut terlebih dahulu dibacakan oleh
Andi Walitakhri, SE, MAk, Analis Organisasi Perguruan Tinggi LLDIKTI Wilayah IX, dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara.

Dalam SK yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi atas nama Menteri Pendidikan, Prof. Abdul Haris, disebutkan bahwa usulan pembukaan Prodi S2 Teknik Sumber Daya Air (Pengairan) di Unismuh Makassar diselenggarakan oleh Persyarikatan Muhammadiyah yang telah memenuhi persyaratan minimum akreditasi.

Dalam sambutannya Rektor Unismuh Makassar Dr Abd Rakhim Nanda menyatakan bahwa acara seremonial penyerahan SK tersebut merupakan bagian dari aktualisasi Surat Ad-Dhuha Ayat 11.

"Wa ammā bini'mati rabbika fa ḥaddiṡ. Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah kamu siarkan," ujar Rakhim Nanda.

Menurutnya, hal ini bertujuan agar sivitas akademika Unismuh bisa saling menyemangati. Apalagi, saat ini Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh juga sedang menyiapkan pembukaan Prodi Spesialis Kegawatdaruratan dan Prodi Sarjana Kedokteran Gigi.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI IX Dr Andi Lukman mengungkapkan bahwa kehadiran S2 Teknik Sumber Daya Air meneguhkan posisi Unismuh sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di wilayah Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara.

"Unismuh sudah setara dengan perguruan tinggi ternama di Indonesia, selain akreditasi unggul, Unismuh membina prodi D3, hingga S3," ungkap Andi Lukman, disambut tepuk tangan peserta.

Menurutnya ada tiga kunci kesuksesan sehingga Unismuh menjadi perguruan tinggi besar seperti saat ini. Pertama, komitmen Unismuh untuk menjaga kualitas. Kedua, manajemen dan tata kelola yang baik. Ketiga, SDM yang hebat, dibuktikan dengan jumlah Guru Besar, dan  kemampuan bersinergi.

Dengan keluarnya izin S2 Teknik Sumber Daya Air, Unismuh telah memiliki 54 program studi yang meliputi jenjang D3, S1, S2, S3, dan Pendidikan Profesi.

Selain menerima SK Prodi S2 Sumber Daya Air,  di tempat yang sama, Unismuh juga menerima tim evaluasi lapangan untuk usulan pembukaan Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Kebidanan. Evaluasi ini dilakukan oleh delegasi dari Direktorat Kelembagaan Ditjen Diktiristek Kemendikbud. 

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Faculty of Economics & Muamalat Universiti Sains Islam Malay....

Suara Muhammadiyah

27 September 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Ketua Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat (PP) Mu....

Suara Muhammadiyah

4 November 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Kegiatan belajar mengajar tak terbatas pada ruang kelas. Outin....

Suara Muhammadiyah

20 September 2023

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah – Selama bulan Ramadhan, Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) te....

Suara Muhammadiyah

6 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Sharia Economic Week (SEW) XII yang diselenggarakan oleh Himp....

Suara Muhammadiyah

19 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah