Realisasi SDGs, SPs Uhamka Adakan Seminar Pendidikan Nasional Inovatif

Publish

10 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
212
Istimewa

Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) mengadakan kegiatan Seminar Pendidikan Nasional dengan mengangkat tema Pelajaran Langkah Gemilang Pendidikan Indonesia 2024 - 2029 yang dilaksanakan di Aula SPs Uhamka, Lantai 2, SPs Uhamka, Sabtu (10/8).

Seminar ini bertujuan sebagai penguatan bagi para guru dalam memajukan pendidikan Indonesia yang sedang mengalami tantangan perkembangan zaman yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi digital.

Seminar dihadiri oleh Prof. Nani Solihati selaku Wakil Rektor III Uhamka, Prof. Abdul Rahman A Ghani selaku Sekretaris SPs Uhamka. Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Penjaminan Mutu, Ikhsana El Khuluqo selaku Pjs. Sekretaris SPs Uhamka. Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan, Sarana Prasarana, Promosi, Kerjasama dan Kemahasiswaan, Alpha Amirrachman selaku Narasumber dari Dikdasmen PP Muhammadiyah, Itje Chodidjah selaku Narasumber dan Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, dan jajaran pimpinan dan mahasiswa SPs Uhamka yang hadir dalam kegiatan secara langsung dan via Zoom Meeting.

Dalam sambutannya mewakili Rektor Uhamka, Prof. Nani Solihati Wakil Rektor III Uhamka menyampaikan bahwa penguatan kurikulum dan karakter siswa merupakan hal yang penting dalam menciptakan kemajuan pendidikan Indonesia.

”Terkait dengan tema dalam mewujudkan kemajuan di bidang pendidikan Indonesia yang merupakan sebuah tujuan mulia. Melalui penguatan kurikulum dan penguatan karakter disamping peningkatan akademis melalui pelatihan berkelanjutan dalan meningkatkan kualitas guru sebagai pengajar dengan memberikan pembelajaran kreatif,” ucap Prof. Nani.

Selanjutnya, Prof. Abdul Rahman A Ghani selaku Sekretaris SPs Uhamka menyampaikan kemajuan negara tergantung kepada SDM yang berkualitas dan berpendidikan. Untuk itu, melalui seminar ini berfokus dalam penguatan kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE).

”Pendidikan itu sangatlah penting, bangsa negara maju harus dibangun melalui peningkatan kualitas SDM dari pendidikan yang membangun. Kurikulum OBE yang berfokus kepada hasil luaran sebagai respon untuk menjawab tantangan pendidikan kedepannya yaitu mewujudkan Indonesia Emas 2045 melalui kemajuan kualitas pendidikan dan SDM,” ujar Prof. Rahman.

Selanjutnya, Muhammad Raditiya Nugraha selaku Ketua Pelaksana menyampaikan melalui seminar ini, para guru dapat diarahkan dan termotivasi dalam menciptakan pendidikan Indonesia yang gemilang 2024 – 2029.

”Seminar Pendidikan Nasional hari ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai rute pendidikan Indonesia yang gemilang melalui kualitas guru yang baik dan murid yang mumpuni serta dukungan dari sektor kerja sama,” tutr Muhammad Raditiya.

Terakhir, Alpha Amirrachman selaku Dikdasmen PP Muhammadiyah menyampaikan pentingnya sinergi dan kolaborasi dalam mewujudkan kemajuan pendidikan dan Sustainable Development Goals (SDGs) dan harapannnya terhadap lulusan SPs Uhamka dalam ikut serta memajukan pendidikan nasional.

”Pentingnya kolaborasi dan sinergi antara pendidikan pemerintah atau negeri dengan pendidikan swasta, selanjutnya mewujudkan SDGs untuk menciptakan Indonesia Emas lewat Rencana Pembangunan Jangka Panjang di Sektor Pendidikan. Semoga Lulusannya dapat berkiprah di tengah masyarakat dan memajukan pendidikan melalui pembangunan karakter murid tidak hanya berfokus kepada kecerdasan akademik,” pungkas Alpha Amirrachman.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah – SD Muhammadiyah Pendowoharjo pada Senin (22/7/24) melaksanakan ke....

Suara Muhammadiyah

22 July 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta meraih predikat bergengsi sebagai Sekola....

Suara Muhammadiyah

17 October 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah- Ribuan Jamaah Hadir Pada Tablig Akbar Hari Bermuhammadiyah bersama KH. Taf....

Suara Muhammadiyah

16 October 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah – Masjid Gunungsari Indah kembali menyelenggarakan acara rutin ta....

Suara Muhammadiyah

19 June 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dan Pimpinan Daerah Muham....

Suara Muhammadiyah

3 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah