Ratusan Kader Berpartisipasi, Hizbul Wathan Sleman Gelar DIANPIMKU

Publish

24 August 2024
hw

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
337
Istimewa

Istimewa

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Kepemimpinan merupakan bagian penting dalam kehidupan. Ketrampilan kepemimpinan merupakan sesuatu yang dilatihkan secara terus- menerus bagi setiap orang terutama anggota pandu Hizbul Wathan. Salah satu cara memberikan ketrampilan kepemimpinan adalah dengan dibentuknya sistem kuntum dan kawan. Kelompok tersebut memiliki beberapa bagian yaitu pemuka, wakil pemuka, sekretaris, dan bendahara.

Pemuka dan wakil pemuka merupakan simbol kepemimpinan yang diwajibkan memiliki kecakapan kepemimpinan. salah satu cara untuk mendapatkan kecakapan kepemimpinan adalah pelatihan dan pendidikan. Oleh sebab itu Pangkalan SD Muhammadiyah Kadisoka, Prambanan, Pakem, Bayen, Dhuri, dan Ngaglik mengadakan kegiatan “ Gladian Pimpinan Kuntum” (DIANPIMKU).

Gladian Pimpinan Kuntum dilaksanakan pada Jumat, 23 Agustus 2024, bertempat di Bumi Perkemahan Lindhu Gedhe, Gunungpegat, Sengon, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Kegiatan tersebut didikuti 178 siswa-siswi pilihan dari 7 sekolah yang menduduki kelas 3 dan 4. Ketujuh sekolah yang mengikuti acara tersebut diantaranya SD Muhammadiyah Kadisoka 48 siswa, SD Muhammadiyah Pakem 42 siswa, SD Muhammadiyah Prambanan 30 siswa, SD Muhammadiyah Bayen 14 siswa, SD Muhammadiyah 2 Pakem 8 siswa, SD Muhammadiyah Dhuri 10 siswa dan SD Muhammadiyah 1 Ngaglik 26 Peserta.

Kegiatan DIANPIMKU tersebut bertema “Pandu Yang Mempunyai Jiwa Tangguh, Disiplin, Patriot Kedepan Melalui Pendidikan dan Latihan”. Adapun kegiatan DIANPIMKU tersebut anatara lain: upacara pembukaan, upacara penutupan, menyanyi bersama dengan pelatih, PPB, kepemimpinan dan pengelolaan kuntum, tali temali, sandi-sandi, pengetahuan Atribut Hizbul Wathan.

Dalam pidato pembukaan kegiatan yang disampaikan oleh Ramanda Sutarlan, S. Ag., M.S.I kepala sekolah SD Muhammadiyah Bayen sekaligus ketua kwarda Hizbul Wathan Sleman bahwa tujuan dari Gladian Pimpinan Kuntum ini adalah untuk memperkuat dan menambah wawasan ketua-ketua kuntum, perwakilan dari sekolah masing-masing agar nantinya dapat membantu dan mengimbaskan pengetahuan materi dan pengalamannya kepada anggota kuntum Hizbul Wathan di sekolahnya.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Mahasiswi semester 3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMSU memeluk agam....

Suara Muhammadiyah

9 December 2023

Berita

GRESIK, Suara Muhammadiyah - Fenomena kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di beberapa perguruan tingg....

Suara Muhammadiyah

6 June 2024

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah – Bertempat di Aula Kasman Singodimejo, Universitas Muhammadiyah....

Suara Muhammadiyah

21 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Bincang Buku Ramadhan diselenggarakan Suara Muhammadiyah pada Selas....

Suara Muhammadiyah

19 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Fenomena Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) seringkali terjad....

Suara Muhammadiyah

27 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah