PRM Tirtonimolo Tekankan Komitmen Berorganisasi

Publish

12 September 2024
prm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
120
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Tirtonirmolo Barat Cabang Kasihan Daerah Bantul DIY menyelenggarakan pengajian khusus rutin untuk seluruh anggota PRM yang berjumlah 42 personil, terdiri dari 9 Pimpinan Harian dan 33 Anggota Bidang di lingkup PRM Tirtonirmolo Barat (Bidang Tabligh, Tarjih dan Pembinaan Masjid/Musala, Bidang Pendidikan, Bidang Pembinaan Kader dan AMM, Bidang Wakaf, dan Bidang Ekonomi Kreatif). Pengajian khusus edisi bulan September diselenggarakan pada hari Selasa, 10 September 2024 malam di Masjid AL-Muthohar Kampung Bekelan.

Dalam pengajian tersebut, yang bertindak sebagai pembicara (motivator) adalah ustadz Drs H Purwono, MA (Anggota PDM Bantul). Dalam pengajian tersebut, Ustadz Purwono menyampaikan topik tentang semangat dan komitmen Ber-Muhammadiyah. Menurut ustadz yang sering disapa dengan “Syech Poer-Ji” ini, komitmen dan semangat ber-Muhammadiyah perlu selalu ditanamkan dan harus dimulai dari para pimpinannya baik di ranting, cabang, dan seterusnya. “Bagaimana anggota/warga Muhammadiyah mau memiliki komitmen dan semangat ber-Muhammadiyah kalau pimpinannya tidak memberi contoh”, demikian ungkapnya.

Dalam berorganisasi, komitmen dan semangat pasti akan selalu muncul-tenggelam dan naik-turun dalam diri pimpinan. Saat semangat dari pimpinan mengalami kondisi down maka menurut Ustadz Purwono perlu dimotivasi dengan QS Muhammad: 7.  

Selanjutnya Ia menyampaikan pesan kepada jamaah bahwa berorganisasi adalah 1) manifestasi ibadah: “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku” (Q.S. Adz-Dzariyat 51:56), 2) berorganisasi merupakan perintah Allah: “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung” (Q.S. Ali Imran:104), dan 3) berorganisasi adalah amanah: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanah yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui” (Q.S. Al Anfaal:27).

Ustadz Purwono mengakhiri cermahnya dengan menyampaikan 13 komitmen dan semangat dalam bermuhammadiyah: 1) Niat ikhlas lillahi ta’ala, 2) Menjalankan fungsi ibadah dan kekhalifahan, 3) Amal dan jihad fi sabilillah, 4) Konsisten dalam berkhidmat, 5) Berpaham agama sesuai paham Islam dalam Muhammadiyah, 6) Berideologi Muhammadiyah, 7) Memperkokoh sistem gerakan, 8) Mengembangkan wawasan, 9) Taat asas dan keputusan organisasi, 10) Bermusyawarah dan ukhuwah, 11) Mengemban amanah dan menjadi pelaku gerakan, 12) Memajukan Muhammadiyah, 13) Berkiprah dalam memajukan umat, bangsa, dan dunia kemanusiaan. (Kiky/Alle)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Dalam QS Al Qomar ayat 17, 22, 32 dan 40 Allah menegaskan bahwa "Da....

Suara Muhammadiyah

15 January 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Berdasar data dari Kementerian Kesehatan RI 2023, gangguan kesehatan me....

Suara Muhammadiyah

20 February 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar tonggak sejarah....

Suara Muhammadiyah

30 September 2023

Berita

Promosikan Hak Difabel: Studi Fiqih Penguatan Penyandang Disabilitas Nahdlatul Ulama dan Fiqih Difab....

Suara Muhammadiyah

26 August 2024

Berita

MPKSDI Lakukan Pembinaan Ideopolitor dan Pengukuhan PCM  BEKASI, Suara Muhammadiyah - Majelis ....

Suara Muhammadiyah

9 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah