Pesantren 'Aisyiyah Imadul Bilad Metro Gelar Fortasimba

Publish

16 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
188
Foto Istimewa

Foto Istimewa

METRO, Suara Muhammadiyah - Pondok Pesantren Aisyiyah Imadul Bilad Kota Metro menyelenggarakan kegiatan Forum Ta’aruf Mahasantri Baru (Fortasimba) mulai Ahad-Kamis, 11-14 Agustus 2024. Acara ini mengusung tema “Peran Mahasantri dalam Membangun Akhlak dan Dakwah Al-Qur’an Menuju Generasi Emas” dan merupakan salah satu program kerja Ketua Forsiba, Siwi Assabilul Wahidah.

Kegiatan ini diikuti oleh 18 Mahasantri baru Pondok Pesantren Aisyiyah Imadul Bilad Kota Metro dan dikelola oleh 24 panitia.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Musyrif PPA Imadul Bilad, Ustadz Agus Gunawan, S.Pd, Ketua Unit Program Mahasantri PPA Imadul Bilad, Ustadzah Milata Hanifah, S.Sos, serta Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Metro, Nurul Atika, M.Pd.

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana Fortasimba 2024, Annisa Zakia, menyampaikan apresiasi dan harapannya kepada para peserta.

“Terima kasih banyak kepada seluruh peserta Fortasimba Pondok Pesantren Aisyiyah Imadul Bilad Kota Metro atas partisipasinya mengikuti kegiatan ini. Mohon maaf apabila kegiatan ini tidak sesuai dengan apa yang diinginkan,” ujar Zakia.

Zakia juga menekankan pentingnya tema yang diusung dalam kegiatan ini.

“Sesuai dengan tema yang kami angkat yaitu ‘Peran Mahasantri dalam Membangun Akhlak dan Dakwah Al-Qur’an Menuju Generasi Emas’, saya berharap kepada seluruh peserta Fortasimba untuk bisa menjadi kader-kader penerus yang memiliki akhlak yang baik dan mampu berdakwah dengan Al-Qur’an sehingga menjadi generasi emas penerus umat dan bangsa. Semoga kalian dapat mengikuti kegiatan ini sebaik mungkin dan ikhlas, karena ini merupakan kegiatan yang baik dan bersifat mendidik untuk mengenalkan lingkungan Pondok kepada para peserta Fortasimba. Tetap semangat dan semoga kalian dapat mengikuti kegiatan ini sampai tuntas,” tutup Zakia.

Musyrif PPA Imadul Bilad, Ustadz Agus Gunawan, S.Pd, dalam sambutannya menjelaskan pentingnya memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

 “Betapa penting dan berharganya waktu, oleh karena itu kita harus mampu memanfaatkan waktu yang sebentar ini dengan sebaik-baiknya, dengan memperbanyak amalan-amalan sholih,” ucap Agus.

Ia juga menyambut kedatangan para Mahasantri baru dengan hangat.

“Selamat datang dan selamat berproses. Saya harap kalian bisa mengikuti kegiatan Fortasimba ini dengan baik, saling mengenal satu sama lain, dan mengenal lingkungan Ponpes. Karena di sini adalah tempatnya untuk melatih, mendidik, dan belajar,” tutup Agus.

Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Metro, Nurul Atika, M.Pd, menjelaskan bahwa Fortasimba adalah kegiatan yang terprogram secara sistematis dan terpadu untuk menumbuhkan semangat keberagaman, kepekaan sosial, serta mengembangkan minat dan potensi Mahasantri baru.

 “Fortasimba merupakan singkatan dari Forum Ta’aruf Mahasantri Baru, yaitu suatu kegiatan yang terprogram secara sistematis dan terpadu untuk menumbuhkan dan mengembangkan semangat keberagaman dan kepekaan sosial serta merangsang kesadaran berkarya untuk mengembangkan minat dan potensi yang ada pada Mahasantri baru ketika memasuki dunia perkuliahan di Persyarikatan Muhammadiyah.” Tutur Nurul.

Nurul Atika juga menambahkan bahwa kegiatan Fortasimba bertujuan untuk membentuk Muslimah Muda yang berakhlak sesuai Al-Qur’an dan As-Sunnah, serta mengembangkan potensi, kreativitas, dan kepekaan sosial para mahasantri dengan landasan semangat keagamaan. Dia juga mengingatkan para peserta untuk saling menghargai dan memanfaatkan momen ini untuk saling mengenal.

“Kegiatan Fortasimba adalah wadah untuk membentuk Muslimah Muda yang berakhlak sesuai Al-Qur’an dan As-Sunnah serta bertujuan untuk menciptakan mahasantri yang memiliki minat, bakat, dan kemampuan untuk mengembangkan potensi diri serta kesadaran untuk selalu kreatif dan peka terhadap lingkungan sosial, yang dilandasi oleh semangat keagamaan. Selamat berproses dan saling menghargai satu sama lain. Ikuti kegiatan Fortasi ini dengan baik, karena kegiatan ini adalah momen untuk saling mengenal,” tutup Nurul.

Selama kegiatan Fortasimba berlangsung, para peserta dibekali dengan berbagai ilmu bermanfaat yang disampaikan oleh para pemateri dan pihak-pihak terkait. Materi yang disampaikan mencakup Pengenalan Lingkungan Pondok (PLP), Keorganisasian, Ibadah Praktis, Adabul Mar’ah, Adab Menuntut Ilmu, Kemuhammadiyahan, dan Keforsibaan.

Selain itu, seluruh peserta wajib mengikuti kegiatan Malam Pentas Seni dan pengumpulan Hasta Karya pada setiap kelompok. Para peserta sangat antusias menampilkan berbagai penampilan menarik dan hasil Hasta Karya yang sangat kreatif. Peserta juga disuguhkan dengan berbagai permainan menarik agar tidak bosan.

Dalam kegiatan Fortasimba 2024 Ponpes Aisyiyah Imadul Bilad Kota Metro kali ini, beberapa penghargaan diberikan kepada peserta, di antaranya Aulia Rahma sebagai Peserta Teraktif, Refiani Amanda sebagai Peserta Terdisiplin, dan Oktavia Ramadana sebagai Peserta Terunik. (Aulia/Noval)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah adalah organisasi keagamaan dan kemasyarakatan yang besar....

Suara Muhammadiyah

30 June 2024

Berita

KLATEN, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Klaten sukses m....

Suara Muhammadiyah

30 July 2024

Berita

PONOROGO, Suara Muhammadiyah - Tim drumband Gita Surya Nada SMA Muhipo ikut andil dalam kemeriahan u....

Suara Muhammadiyah

25 November 2023

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Bertepatan dengan Milad Muhammadiyah ke-111 tanggal 4 Jumadil Awwal 144....

Suara Muhammadiyah

19 November 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Tantangan perubahan iklim semakin dekat lingkungan manusia. Sekj....

Suara Muhammadiyah

8 August 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah