Perkuat Kapasitas Dai Komunitas Muhammadiyah Kalsel

Publish

19 August 2024
Dai

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
185
Foto Istimewa

Foto Istimewa

HST, Suara Muhammadiyah - Barabai - Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Selatan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Dai Komunitas yang ada di Kalimantan Selatan selama dua hari pada tanggal 17-18 Agustus 2024 di Barabai, Hulu Sungai Tengah (HST).

Bimtek ini dihadiri langsung oleh Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Dr. K.H. Saad Ibrahim, M. A, Ketua LDK PP Muhammadiyah, Muchamad Arifin, S.Ag, M.Ag, Ketua PWM Kalimantan Selatan, Prof. Dr. Ridahani Fidzi, M. Pd, dan Ketua LDK PWM Kalimantan Selatan, Drs. H. Zainuuddin, MD.

Ketua LDK PWM Kalimantan Selatan, Drs. H. Zainuddin, MD menyampaikan dalam laporannya bahwa Bimtek Dai Komunitas LDK PWM Kalimantan Selatan ini dihadiri oleh seluruh PDM yang ada di Kalimantan Selatan.

“Kami sampaikan peserta yang hadir merupakan perwakilan dari 13 PDM se-Kalimantan Selatan. Selanjutnya di sampaikan bahwa kita sudah agendakan kunjungan peserta Bimtek nanti di 2 titik kunjungan yaitu lapas barabai dan komunitas mualaf suku dayak di Desa Patikalain, Hantakan, Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan,” ungkapnya.

Prof. Dr. Ridahani Fidzi, M. Pd, selaku Ketua PWM Kalimantan Selatan menyampaikan dengan bangga dan bahagia dengan terlaksananya bimtek tersebut. PWM Kalimantan Selatan siap mengembangkan dakwah komunitas, terkhusus di wilayah Kalimantan Selatan.

“Kami merasa bangga dan bahagia atas pelaksanaan bimtek ini untuk ini kami berterima kasih kepada LDK PP Muhammadiyah. Kedepan kami akan mengembangkan binaan baru di kalsel selain 2 komunitas yang sudah ada yaiti mualaf dan penghuni lapas,” jelasnya.

Ketua LDK PP Muhammadiyah, Muchamad Arifin, S. Ag., M. Ag, memberikan arahan dengan adanya kegiatan bimtek dalam rangka menguatkan kapasitas para dai komunitas yang bertugas.

“Bimtek ini dilaksanakan dalam rangka memberikan penguatan kepada para dai komunitas yang bertugas di Provinsi Kalimantan Selatan dengan berbagai komunitas yang di bina oleh dai-dai LDK PWM Kalimantan Selatan,” penjelasan dari Ketua LDK PP Muhammadiyah.

Dalam penyampaian materi, Ketua PP Muhammadiyah, Dr. K.H. Saad Ibrahim, M.A, menerangkan bahwa selain Muhammadiyah harus menjadi penentu dalam setiap kebijakan pemimpini, para Dai Muhammadiyah juga harus merawat daya nalar kritisnya.

“Muhammadiyah harus bisa menjadi “the man behind the gun” bagi penguasa jika tidak mampu menjadi pemimpin, maksudnya kita harus mampu menjadi penentu dalam setiap kebijakan. Rawatlah nilai kritis muhammadiyah yang unik ini dengan istilah menangkap ikan tanpa mengeruhkan air. Inilah tambahan amanat yang harus di rancang LDK pada dai-dainya kedepan pada pola dan nalar kritisnya,” ungkap Ketua PP Muhammadiyah.

Ketua PP Muhammadiyah juga menambahkan dengan semangat kepada peserta bimtek dengan penuh keyakinan bahwa pertolongan Allah pasti dekat dalam perjuangan dakwah. Karena berdakwah adalah tugas pengkhidmatan kepada Allah.

“Yakinlah pertolongan dari Allah itu pasti dekat dalam perjuangan kita. Terkadang apa yang kita lakukan tampak tidak bermanfaat atau biasa saja tapi kedepan akan memberikan dampak yang besar dari ikhtiar itu. Kita berdakwah itu untuk menjadikan agama pada posisi puncak dan berkhitmat pada Allah,” tutupnya.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSSAR, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, sebagai salah sat....

Suara Muhammadiyah

31 October 2023

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Program Studi Ilmu Keolahragaan S1 Fakultas Kesehatan Masyaraka....

Suara Muhammadiyah

27 June 2024

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah - Empat Organisasi Otonom (ortom) Muhammadiyah Tingkat Kabupaten Purwo....

Suara Muhammadiyah

10 December 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Program Wirausaha Merdeka Angka ke-2 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,....

Suara Muhammadiyah

12 December 2023

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI) Pimpinan Daerah....

Suara Muhammadiyah

10 August 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah