Perkuat Jalinan Persahabatan dengan Konjen Tiongkok, UMSU Siap Realisasikan Institut Konfisius

Publish

24 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
182
UMSU

UMSU

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok, Zhang Min menyampaikan kuliah umum "Relasi Kerja Sama Indonesia Tiongkok" di kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) di Jalan Kapten M Basri, Medan, Selasa (23/7). 

Dalam pengantarnya, konsul Jenderal Zhang Min yang datang bersama istri dan sejumlah staff menyampaikan terima kasih atas sambutan dan suasana hangat yang diterima. Dia mengaku sangat menikmati penampilan para siswa dalam acara pembukaan. 

Dalam kesempatan itu, Konsul Zhang Min juga menyampaikan kesan melakukan kunjungan ke banyak sekolah dan perguruan tinggi. "Saya banyak melakukan kunjungan ke sekolah dan baru di UMSU mendapatkan sambutan sangat meriah," katanya. 

"Terima kasih atas persiapan yang sudah dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa.  Saya sangat terkesan, saya menemukan ada semangat jiwa muda setiap kunjungan ke sekolah-sekolah. Seperti hari ini saya merasa kembali muda," katanya sambil mengatakan foto yang dipakai sebagai background LED adalah saat masih kuliah. 

Menurutnya, UMSU mempunya sejarah panjang dan punya banyak talenta berprestasi untuk pembangunan Sumatera Utara dan Indonesia. "Untuk itu, saya memberi hormat kepada para guru atas kontribusi dan pengabdiannya," katanya. 

"Saya berharap di bawah Rektor, Prof.Dr. Agusani, UMSU mencapai visinya menjadi kampus berkelas dunia. Saya percaya UMSU akan berkembang lebih baik lagi ke depannya," tegasnya. 

Selanjutnya, Konsul Zhang Min mengutip sebuah pepatah Tiongkok untuk menggambarkan suasana akrab dalam pertemuan di Kampus UMSU. "Ada sebuah pepatah Tiongkok, "teman baik tak akan terpisah, kalau di indonesia," jauh dimata dekat dihati. 

Lebih lanjut, bahwa Tiongkok dan Indonesia adalah tetangga baik dan sahabat baik yang memiliki cerita sejarah panjang. Hal ini bisa tergambar dalam kisah perjalanan Laksamana Cheng Ho di Indonesia. Beliau dikenal sebagai tokoh diplomat dan pembawa perdamaian karena selama perjalanan dari Pulau Sumatera benih-benih persahabatan tertanam kuat. Bisa dilihat dari peninggalan sejarah berupa Masjid Cheng Ho di Palembang dan Klenteng Sam Poo Koong di Semarang. 

"Di zaman modern Tiongkok dan Indonesia sama berjuang melawan penjajahan dan persahabatan itu berlanjut sampai saat ini. Peradaban harus dibangun dengan banyak warna, meninggalkan prasangka dan didasarkan pada kesetaraan,” ucapnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Konsul Zhang Min juga menyampaikan harapan, UMSU bisa menjadi universitas ketiga yang bisa membangun Institut Konfusius. Selama ini UMSU sudah membangun kerjasama dengan perguruan di Tiongkok dan dengan adanya Institut Konfisius, maka kerjasama pendidikan bisa semakin banyak. 

Sementara itu, Rektor UMSU dalam paparannya mengenalkan UMSU, sekaligus menyampaikan rencana sebagai panitia penyelenggara Muktamar Muhammadiyah 2027. Ia juga mengenalkan kelas internasional yang tidak hanya menggunakan Bahasa Inggris dalam pembelajaran, tapi juga Mandarin. 

Dalam kesempatan itu Rektor menyampaikan agar Institut Konfusius bisa juga direalisasikan di UMSU. Menurutnya kampus UMSU sangat terbuka dan siap untuk menjalin kerja sama dan berharap dukungan untuk bisa merealisasikan lembaga yang menjadi jembatan untuk memperkuat jalinan persahabatan. 

Ia juga mengatakan, melalui kunjungan seremonial ini diharapkan dapat terwujud kerja sama dalam rangka memperkuat hubungan antara Muhammadiyah khususnya dan Indonesia secara umum dengan Republik Rakyat Tiongkok. 

Hadir dalan kuliah umum,  Konsular Atase Yu Lei, Badan Pembina Harian UMSU, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Kota Medan Dr. H. Hasan Matsum, MA, Para Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Medan Pdt. Erwin Tambunan, S.Th. M. Τη, H. Bonggal Ritonga, Sag., M.A.P, Js. Alwin Angkasa, dr. Indra Wahidin Selaku Tokoh Pembauran, Para Tokoh Agama Sumatera Utara Dr. Kiyai. Amiruddin, M.S, K.H. Zulfikar Hajar, Lc, Para Wakil Rektor, Para Pimpinan Fakultas Di Lingkungan UMSU, Para Kepala Biro, Badan, Pusat Lembaga Dan Unit serta mahasiswa UMSU. (Syaifulh/Diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas 'Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta mengadakan Pertemuan Orang....

Suara Muhammadiyah

16 September 2024

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Di tengah peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (World No Toba....

Suara Muhammadiyah

31 May 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (U....

Suara Muhammadiyah

28 October 2023

Berita

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah - Medali emas dan perak lomba panahan O2SM se-karesidenan Bojonego....

Suara Muhammadiyah

21 November 2023

Berita

LAMTENG, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Kalirejo memperingati Milad Aisyi....

Suara Muhammadiyah

23 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah