Pentingnya Persatuan Menuju Indonesia Emas 2045

Publish

17 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
120
Foto Istimewa

Foto Istimewa

UM Bandung Selenggarakan Upacara HUT ke-79 RI

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia pada Sabtu (17/08/2024) di halaman kampus. Upacara ini dihadiri oleh seluruh pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, dan karyawan UM Bandung dengan penuh khidmat dan tertib.

“Hari ini, kita mengenang perjuangan para pahlawan yang telah berkorban demi meraih kemerdekaan bangsa Indonesia. Kemerdekaan yang kita nikmati saat ini bukanlah hadiah, melainkan hasil dari perjuangan, pengorbanan, dan tekad kuat para pahlawan kita. Mereka mewariskan kepada kita sebuah bangsa yang merdeka. Kini, tugas kita adalah menjaga dan mengisi kemerdekaan ini dengan semangat yang sama,” ujar Rektor UM Bandung sekaligus pembina upacara Herry Suhadriyanto.

Tema peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 tahun ini adalah “Melangkah Bersama Menuju Indonesia Emas 2045.” Menurut Rektor, tema ini mengingatkan bangsa Indonesia akan pentingnya persatuan, kerja keras, dan kolaborasi untuk mencapai cita-cita besar bangsa.

“Perjalanan menuju Indonesia Emas 2045 membutuhkan kontribusi dari semua lapisan masyarakat, termasuk kita yang berada di dunia pendidikan. Hari ini juga menandai delapan tahun perjalanan UM Bandung. Kita telah melewati berbagai tantangan dan meraih pencapaian membanggakan. Milad ke-8 adalah momen untuk merayakan pencapaian kita dan waktu yang tepat untuk merenungkan serta merefleksikan perjalanan kita ke depan,” tegas Rektor.

Sejak awal, pendirian UM Bandung bukanlah hal yang mudah. Perjuangan dan pengorbanan luar biasa dari para pendiri dan tokoh Muhammadiyah telah menjadikan universitas ini berdiri kokoh hingga saat ini. Perjalanan panjang ini merupakan bukti nyata dari komitmen, kerja keras, dan dedikasi yang tak tergoyahkan dari para pendahulu.

“Hari ini, kita berkumpul untuk memberikan penghargaan dan penghormatan kepada mereka yang telah memberikan kontribusi besar dalam pendirian universitas tercinta ini. Penghargaan ini bukan hanya sebagai simbol penghormatan, tetapi juga sebagai bentuk apresiasi mendalam atas dedikasi dan kontribusi yang telah mereka berikan,” lanjut Rektor.

Rektor menegaskan bahwa sebagai bagian dari keluarga besar UM Bandung, seluruh sivitas akademika memiliki tanggung jawab besar untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas dalam aspek akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Menurutnya, UM Bandung bukan hanya tempat menimba ilmu, melainkan wadah untuk membentuk karakter serta melahirkan generasi unggul, berakhlak mulia, dan siap bersaing di kancah global.

Semangat kemerdekaan yang diperingati hari ini, menurut Rektor, harus menjadi inspirasi bagi sivitas UM Bandung untuk terus berjuang demi kemajuan universitas. Momentum Milad ke-8 ini juga menjadi saat yang tepat untuk memperkuat komitmen dalam mewujudkan visi UM Bandung serta berkontribusi positif bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

“Saya berharap, melalui peringatan HUT RI dan Milad UM Bandung ini, kita semua dapat lebih mempererat persatuan dan kekompakan dalam lingkungan kerja. Dengan semangat kebersamaan, kita yakin bahwa kita dapat membawa UM Bandung menuju masa depan yang lebih cerah, sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045,” tandas Rektor.

Sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi atas jasa besar dalam mendirikan UM Bandung, para pendiri universitas menerima penghargaan dalam upacara ini. Selain itu, para juara lomba akademik dan non-akademik dalam rangka Milad ke-8 UM Bandung juga mendapatkan apresiasi dari Rektor.

Setelah upacara selesai, para peserta bercengkerama sambil menikmati kudapan khas Sunda, seperti bajigur, bandrek, klepon, ubi rebus, singkong rebus, dan jagung rebus. Beberapa unit kegiatan mahasiswa UM Bandung juga turut terlibat dalam acara ini, di antaranya Korps Protokol Mahasiswa dan Hizbul Wathan.*(FA/FK)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Ahad 12 Mei 2024, Pimpinan Cabang (PC) Ikatana Mahasiswa Muhammadiyah (....

Suara Muhammadiyah

13 May 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Nonformal Pi....

Suara Muhammadiyah

15 July 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah Sulawesi Selatan menggelar kegiatan Geraka....

Suara Muhammadiyah

4 March 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 135 santri dan santriah Pesantren Modern Muhammadiyah Kwalamadu....

Suara Muhammadiyah

25 February 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Puluhan warga Muhammadiyah di sekitar SMP Negeri 26 Solo melaksanak....

Suara Muhammadiyah

18 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah