Pekan Khutbah Ta`aruf PP Darul Arqom Bayan Berlangsung Semarak

Publish

31 July 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
139
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah – Pondok Pesantren Darul Arqom (PPDA) Bayan Purworejo  menyiapkan santri yang menghadapi tahun pelajaran 2024/2025 dengan menggelar rangkaian Pekan Khutbah Ta`aruf 2024 selama sepekan. Disampaikan H. Amad Darusman, S.Pd. Direktur PPDA Bayan bahwasanya agenda ini sebagai ajang pengenalan lebih mendalam berkaitan pondok dan hal lainnya menyiapkan santri yang tangguh berakhlaqul karimah kepada santri baru tingkat Kelas 7 SMP di SMP Muhammadiyah Jono sekaligus santri lama tingkat 8 dan 9 di SMP dan 10-12 tingkat SMA-nya. 

“Alhamdulillaahirobbil`aalamiin pada pekan ini Pondok Pesantren Darul Arqom Bayan Purworejo telah menyelenggarakan pekan khutbah ta`aruf. Pekan ini digunakan oleh pondok untuk mengenalkan kepada para khususnya santri baru dan juga santri lama terkait hal-hal yang terkait kepondokan khusus nilai-nilai kepondokan maupun yang bersifat umum. Seperti misalnya pada hari ini para santri dikenalkan terkait dengan hal-hal tindak kekerasan yang mengarah kepada bullying. Dimana tindakan bullying itu tidak dibenarkan secara agama maupun secara hukum. Oleh karena itu, penting sekali bagi para santri untuk memahami dengan maksud supaya terhindar dari perilaku melanggar hukum,” jelas Amad Darusman.

Lanjutnya, juga disimulasikan penanganan bencana gempa serta hal lainnya. 

“Kemudian juga dikenalkan dengan bencana yang ini bersifat mitigasi. Jadi supaya manakala nanti terjadi bencana para santri punya pengetahuan punya pemahaman bagaimana bersikap bagaimana bertindak sehingga dia bisa melakukan upaya-upaya untuk mengamankan diri untuk melindungi diri dari dampak bencana itu. Ini sebagian dari yang disampaikan pada kegiatan khutah ta`aruf selebihnya masih banyak materi yang lain,”ungkapnya.

Rangkaian Khutbah Ta`aruf kali ini dikemas dalam 2 bentuk yakni Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Pondok (MPLSP) bagi santri baru dan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi santri lama yang dibuka dengan penguatan secara bersama disampaikan pidato pembuka oleh Direktur PPDA yang memotivasi santri tentang “Mondok Masa Depanku”.

Adapun agenda MPLSP yakni Program Sekolah & Kurikulum oleh Erlinda Windiastranti dan Akhmad Maulidin Musdani, Hidup Berasrama & Motivasi Baskoro Adi Nugroho, S.Sos., Ke-Organisasi-an, Ekstrakulikuler, dan Bullying oleh Esti Trisnasari dan Alby Destri Dermawan, Menghafal Efektif & Target oleh Musa Al Fitri dan Yahya As Sidiq,  Psikologi Santri & Manajemen Keuangan oleh Arum Damayanti dan Miftahul Karomah, Thaharah & Sholat oleh Gatot Sari Rusminto dan Afra Ayesha Shofura dan Khoirul Rijal, PHBS & Tutorial Cuci – Setrika oleh Esti Trisnasari dan Musriatus Sholekhah. 

Untuk agenda LDK yakni  Adab dan Karakter Santri oleh Rofiq Nurhadi, “SAY NO TO NAPZA !” oleh Satresnarkoba Polres Purworejo, “Anti Bullying (bentuk, pencegahan & penanganan) oleh Kepala Sub Seksi Binmas LPKA Kutoarjo, “Santri Siaga Bencana dan Simulasi Kebencanaan” oleh Tim Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) PDM Purworejo bersama Mapala UMP dan KSR UMP, “Santri Jadi Kader” oleh Majelis Pendidikan Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI) PDM Purworejo, “Pelajar Berkemajuan, seperti apa ?” oleh Ketua PD IPM Purworejo, Wawasan Bela Negara dan PBB oleh Koramil Kutoarjo. 

“Khutbah ta'aruf yg telah dilaksanakan  telah dilaksanakan, semoga siswa yg telah mengikuti MPLSP ini sudah semakin mengenal lingkungan dan keluarga SMP Muh Jono PPDA dan sdh memahami peminatan-peminatan apa saja yang akan dipilih. Dan santri juga dapat menyusun visi misi target pencapaian pribadi untuk mencapai cita-citanya,” harap Erlinda Windiastranti Kepala SMP Muhammadiyah Jono.

Dari keseluruhan agenda ada yang diikuti oleh seluruh santri yakni tentang penekanan anti bullying beserta deklarasi anti bullying dan kekerasan untuk seluruh guru karyawan hingga santri, simulasi kebencanaan dan  wawasan kebangsaan serta PBB. Ditutup untuk keseluruhan agenda dengan diadakannya outbond bersama di Pantai Ketawang Grabag.

“Yang disampaikan dengan harapan santri mulai belajar di pondok pesantren ini sudah memiliki pemahaman yang komprehensif terhadap nilai-nilai kepondokan maupun nilai-nilai umum yang itu penting untuk kebutuhan para santri itu kita berikan pada masa pekan khutbah ta`aruf ini. Demikian semoga bagi para santri rangkaian pekan khutbah ta1aruf ini dapat bermanfaat  dan seluruh komponen yang ada di pondok pesantren ini serta menjadi pengembangan pondok ke depannya,”pungkas Amad Darusman.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

GOWA, Suara Muhammadiyah - Prodi Pendidikan Bahasa Arab Gelar pelatihan peningkatan kemampuan e....

Suara Muhammadiyah

26 May 2024

Berita

BANYUWANGI. Suara Muhammadiyah – Pendopo Sabha Swagata untuk kali pertama menjadi tempat perin....

Suara Muhammadiyah

13 May 2024

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha), yang diwakili oleh Wa....

Suara Muhammadiyah

27 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebagai seorang aktivis yang sering melakukan pendampingan kepada m....

Suara Muhammadiyah

5 December 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta kembali menggelar Hari ....

Suara Muhammadiyah

5 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah