Muhammadiyah Tumbuh Besar karena Amal Usahanya

Publish

21 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
128
Dok. Istimewa

Dok. Istimewa

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr KH Muhammad Saad Ibrahim, MA menghadiri Tabligh Akbar Makassar Islamic Fair. Acara ini dilaksanakan di Wisma Negara Kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (20/8).

Dalam Tabligh Akbar ini, beliau mengatakan Muhammadiyah yang lahir sejak tahun 1912 oleh Allahuyarham Kiai Haji Ahmad Dahlan di Yogyakarta hadir dengan membawa misi dakwah Amar Makruf Nahi Mungkar. Sampai sekarang, Muhammadiyah terus tumbuh makin besar, hatta dengan segala amal usaha yang ada di akar–rumput (grass-root).

Semua itu, sebut Saad karena ada kekompakan dan semangat dari seluruh warga Persyarikatan dari pusat sampai ke ranting. Maka, Saad mengajak untuk bersama-sama berkhidmat totalitas untuk membesarkan Muhammadiyah agar jauh lebih besar ke depan, bahkan berkemajuan.

“Jangan gunakan Muhammadiyah untuk membesarkan kita, jangan. Gunakan diri kita untuk membesarkan Muhammadiyah, membesarkan Islam di Muhammadiyah,’’ ucap Saad.

Saad juga menjelaskan, dikenalnya Muhammadiyah saat ini dipengaruhi oleh amal usahanya. Sampai saat ini, jumlah amal usaha Muhammadiyah sangat banyak. Antara lain jumlah sekolah/madrasah, Perguruan Tinggi Muhammadiyah-’Aisyiyah (PTMA), rumah sakit, klinik, dan lain sebagainya.

Lebih lanjut, Muhammadiyah dikenal karena dakwahnya. Sifat dakwahnya luwes dan lembut. Banyak masyarakat yang terinspirasi dengan kiprah dakwah yang dilakukan oleh Muhammadiyah. Mulai dari ranting dan cabang, yang menjadi katalisator dakwah Muhammadiyah dikenal secara luas sampai sekarang.

“Muhammadiyah justru dikenal dari amal usahanya,’’ tegas Saad.

Saad meminta amal usaha harus terus dikembangkan, agar berkemajuan. Sebab amal usaha Muhammadiyah sebagai jantung Muhammadiyah tumbuh besar sebagaimana yang disaksikan seperti sekarang ini.  “Jadi Muhammadiyah dikenal bukan karena kita yang di struktural. Tapi dari amal-amal usaha di situ. Majukan amal usaha itu,” tuturnya. (Fab/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah – Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan PDA Kudus menggelar Sekolah Wi....

Suara Muhammadiyah

9 June 2024

Berita

KLATEN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Pimpinan Cabang 'Aisyiyah Pedan bersam....

Suara Muhammadiyah

8 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kemajuan teknologi yang terintegrasi di berbagai industri tela....

Suara Muhammadiyah

27 May 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka memperingati Hari Wayang Nasional (HWN), Sekolah ....

Suara Muhammadiyah

20 November 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Lembaga Pengkajian, Pengembangan, Pendidikan, dan Kewirausahaan ....

Suara Muhammadiyah

19 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah