Muhammadiyah Komitmen Kelola Tambang Sesuai Prinsip Ajaran Islam dan Konstitusi Negara

Publish

28 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
931
Konsolidasi Nasional Muhammadiyah

Konsolidasi Nasional Muhammadiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Pusat Muhammadiyah bersama organisasi otonom tingkat pusat beserta Pimpinan Wilayah Muhammadiyah se-Indonesia selama dua hari melakukan konsolidasi nasional yang membahas berbagai isu, diantaranya terkait internal organisasi, kehidupan sosial kebangsaan, dan yang tak kalah penting serta menjadi perhatian publik adalah soal pengelolaan tambang yang ditawarkan pemerintah kepada Muhammadiyah.

Prof Dr Haedar Nashir, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengatakan, sebagaimana karakternya, Muhammadiyah memilih untuk tidak langsung menerima atau menolak berbagai tawaran. Muhammadiyah merasa perlu waktu untuk mengkaji dan mendengarkan berbagai masukan dari para ahli dan masyarakat. "Untuk menerima atau menolak itu harus berdasar ilmu. Dan berbasis kepada pemikiran Muhammadiyah yaitu pandangan Islam berkemajuan," ujar Haedar di Universitas Aisyiyah Yogyakarta (28/7).

Selama lebih dari dua bulan Muhammadiyah telah melakukan kajian secara komprehensif soal potensinya mengelola tambang. Ia mengaku banyak sekali masukan baik dari mereka yang pro maupun kontra. "Kritik apapun kami sikapi secara moderat," ucapnya.

Menurutnya, seiring dengan realita kehidupan politik, budaya, dan ekonomi yang sangat dinamis, Muhammadiyah dalam mengambil keputusan bukan berasas pada ikut-ikutan. Melainkan keputusan tersebut datang dari proses musyawarah, konsolidasi dan mendengar dari banyak pihak.

Sehingga sampai pada satu kesimpulan yang penuh dengan kewaspadaan, Muhammadiyah berkomitmen memperkuat dan memperluas dakwah dalam bidang ekonomi termasuk pengelolaan tambang yang sesuai dengan ajaran Islam, Konstitusi, dan tata kelola yang profesional, amanah, penuh tanggung jawab, seksama, berorientasi pada kesejahteraan sosial, menjaga kelestarian alam secara seimbang, dan melibatkan sumberdaya insani yang handal dan berintegritas tinggi. (diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Liga 3 Nasional akan segera menggeliat dan menyemarakkan sepakbola ....

Suara Muhammadiyah

28 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr H Ha....

Suara Muhammadiyah

17 March 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa program studi Administrasi Publik Universitas Muhammad....

Suara Muhammadiyah

10 December 2023

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Di era digital jaman milenial maka film pendek menjadi media dakwah te....

Suara Muhammadiyah

29 April 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Rumah gedek yang nyaris rubuh itu memang sudah tak layak huni. Bu Hasnah....

Suara Muhammadiyah

19 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah