Muhammadiyah dan Aisyiyah Pelopor dalam Pelestarian Lingkungan

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
99
Jambore ke-2 Media Afiliasi Muhammadiyah

Jambore ke-2 Media Afiliasi Muhammadiyah

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Muhammadiyah dan Aisyiyah, dua organisasi penting di Indonesia, telah menunjukkan komitmen yang luar biasa dalam pelestarian lingkungan sejak berdirinya. Hening Purwati, Wakil Ketua Majelis Lingkungan Hidup PP Muhammadiyah, mengungkapkan bahwa Muhammadiyah dan Aisyiyah telah aktif dalam berbagai inisiatif untuk melindungi dan memperbaiki kondisi lingkungan sebelum pemerintah melakukan.

Menurutnya, dalam Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah, Muhammadiyah tidak hanya menekankan pentingnya pelestarian lingkungan, tetapi juga melibatkan diri secara langsung dalam berbagai proyek lingkungan. Hal ini mencakup pembentukan ekosistem lingkungan, penguatan pangan, dan pengelolaan sampah. Di sisi lain, Aisyiyah memandang bencana dan masalah lingkungan sebagai satu aspek integral yang memerlukan perhatian serius.

Perubahan iklim global, seperti kenaikan suhu bumi, telah menimbulkan berbagai dampak signifikan. Untuk mengatasi tantangan ini, Muhammadiyah dan Aisyiyah terus mendorong kebijakan yang mendukung ekosistem lingkungan dan iklim. Selain itu, mereka berkomitmen untuk memanfaatkan teknologi yang dapat mengurangi risiko pemanasan global, dengan harapan dapat menciptakan solusi yang efektif dan berkelanjutan.

Di tengah kondisi politik yang dinamis, Hening menegaskan bahwa sikap acuh tak acuh bukanlah pilihan. “Kedepannya, jurnalisme Muhammadiyah diharapkan terus berkomitmen untuk mengangkat isu-isu keumatan dan lingkungan secara konsisten, sehingga dapat mendorong perubahan positif dalam masyarakat,” ujarnya dalam agenda Jambore Afiliasi Muhammadiyah 2024 (25/8). (diko)

 

 
 

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Timnas sepakbola Indonesia U-23 berhasil raih poin tiga setela....

Suara Muhammadiyah

20 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kemajuan teknologi yang terintegrasi di berbagai industri tela....

Suara Muhammadiyah

27 May 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Mhammadiyah - Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru, Majelis PAUD Dasmen (PAUD,....

Suara Muhammadiyah

16 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - SMA Muhammadiyah 1 (Muhi) Yogyakarta setiap tahun berkomitmen membe....

Suara Muhammadiyah

22 September 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Dosen prodi Agribisnis Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung Alg....

Suara Muhammadiyah

15 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah