Menyaingi Dakwah Berbasis Grass Root

Publish

22 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
25
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

CIANJUR, Suara Muhammadiyah - Pada Rabu (21/8) digelar Gerakan Subuh Mengaji ( GSM) secara daring. Acara ini menghadirkan Dra Entang Yohana, Anggota Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Barat. Dalam pengajian kali ini, Entang membagikan pengalamannya berdakwah di Cianjur.

Ia mengatakan sudah malang melintang dan berdakwah di daerah Cianjur Selatan. Menurutnya, pada zaman dahulu wilayah Cianjur hanya di selatan dan sekarang sudah menjadi 4 kecamatan. Yakni kecamatan Cidaun, Kecamatan Pasir Kuda, Kecamatan Cibinong, dan Kecamatan Cikadu.

Entang mengatakan salah satu pelopor yang menjadikan adanya cabang Cianjur selatan yaitu Almarhum Hajuri. Beliaulah yang bermula membina Muhammadiyah dan beliau yang mendirikan SMK Al - Jabar yang dibina oleh Pimpinan Muhammadiyah. Entang menyebut, Cianjur Selatan adalah daerah yang terpencil karena jauh dari pusat Kota Cianjur.

Selama berada di wilayah tersebut, Entang mengungkapkan bahwa pernah menengok kebun bersama ustadz Amin. “Alhamdulillah beliau menengok dan kemarin sudah istirahat dan sekarang kembali lagi membina daerah Cianjur yakni di kampung Melar Mukti Di Masjid Babussalam,” katanya. 

Entang menambahkan, semasa hidup Almarhum Hajuri merupakan sosok pendakwah di Cianjur Selatan sejak tahun 1980. Tinggalnya di pendalaman Cianjur Selatan, Kampung Sin Rahayu Desa Girijaya Kecamatan Pasir Kuda. “Mudah-mudahan beliau ada dalam Jannatun Na’im, karena begitu besar perjuangan beliau sampai sekarang,” ucapnya.

Entang mengatakan Ia diingatkan bahwa dulu setiap tahun ada sunat masal dan pembagian sembako. Karena itu berdirilah cabang-cabang di sana. “Cabang-cabang di sana karena sekarang sudah menjadi tempat wilayah, kalau dulu hanya cianjur selayan yang ketua PCMnya Pakuri,” tuturnya.

Pada tahun 1980 dibawah kepemimpinan pak harum, tahun tahun terakhir Hajuri wafat yang sering menemani Hajuri membawa kampung - kampung yang berada di Cianjur selatan adalah Dr. Aminudin. “Bapak Aimudin meminta agar Aisiyah Agar ikut atau membina pengajian periode 2000 - 2005 yang lalu,” terangnya.

Almarhum Oom Komariah sering keliling di Cianjur Selatan bersama bapak-bapak Muhammadiyah PWM yaitu bapak Prof Ir Hidayat Salim. “Semoga dalam ridha Allah dan dalam pinjatu janatunna’im Naim,” jelasnya. (Lika/Cris)

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PERLIS, Suara Muhammadiyah - Kayuhan sepeda yang diketuai oleh DYTM Tuanku Syed Faizuddin Putra....

Suara Muhammadiyah

8 January 2024

Berita

BREBES, Suara Muhammadiyah  –  Ketua Lembaga Pengembangan Cabang ranting dan Pembina....

Suara Muhammadiyah

10 October 2023

Berita

PEKALONGAN, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah telah berpengalaman menjalankan sektor pendidikan lebi....

Suara Muhammadiyah

24 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dosen Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UM....

Suara Muhammadiyah

24 May 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Ratusan warga persyarikatan Muhammadiyah Kota Makassar memadati pelat....

Suara Muhammadiyah

29 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah