Meningkatkan Iman dan Taqwa SD Muhammadiyah 1 Jakarta

Publish

6 August 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

1
180
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Siapa bilang kegiatan sekolah selalu serius dan membosankan? di SD Muhammadiyah 1 Jakarta atau yang biasa disebut dengan SD Mutu Jakarta, ada satu kegiatan yang selalu ditunggu-tunggu oleh para siswa yaitu Mabit, atau Malam Bina Iman dan Taqwa. Nah, di balik nama yang terkesan serius itu, ternyata ada banyak keseruan dan kegiatan menarik yang bikin anak-anak semangat belajar sambil bermain, tentu hal ini selaras dengan program Merdeka belajar dimana belajar tidak harus didalam kelas terus - menerus.

“Attitude is everything”  merupakan jargon utama SD Mutu Jakarta, tentu jargon tersebut tidak hanya sebatas narasi tetapi juga dilakukan dengan aksi. Termasuk agenda Mabit ini yang menjadi salah satu agenda unggulan di SD Muhammadiayh 1 Jakarta, dimana output dari agenda mabit salah satunya  yaitu membentuk karakter dan atitud pada siswa dengan  meningkatkan iman dan taqwa pada diri siswa. 

Dengan mengambil tema “Adab Penuntut Ilmu” tentunya agenda tersebut memberikan pemahaman bagaimana adab bagi seorang siswa yang sedang menuntut ilmu, harapannya selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat, adab menjadi hal yang paling utama dalam proses mencari ilmu, karena ciri orang yang berilmu tentu mencerminkan adab yang baik. Dengan demikian agenda tersebut merupakan satu bukti nyata dalam membentuk karakter pada siswa.

Agenda Malam Bina Taqwa pada dilakasanakan pada hari ahad (04/8/2024) dimulai pada jam 19.30-06.00 wib di SD Muhammadiyah 1 Jakarta, dalam agenda tersebut diikuti oleh siswa-siswa kelas 3 dengan menginap satu malam di sekolahan. Agenda Mabit tersebut menekankan beberapa aspek, seperti halnya melakukan muroja’ah, bacaan sholat sesuai dengan Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah (HPT) dimana HPT adalah hasil keputusan muktamar Muhammadiyah melalui majelis tarjih  yang menyangkut persoalan mulai dari keimanan, ibadah hingga persoalan yang berkaitan dengan keumatan dan agama islam, selain itu juga ada penambahan kosa kata Bahasa arab dan Bahasa inggris yang tentu bagus dalam menunjang kompetensi bahasa dalam komunikasi pada siswa. Tentunya dalam agenda tersebut dimentori atau dibimbing langsung oleh beberapa guru di SD Mutu Jakarata yang mempunyai kapasitas dan kompetensi dibidangnya.

Selain itu dalam agenda tersebut juga diisi dengan beberapa ice breaking yang seru di mana anak-anak bisa saling kenal dan akrab satu sama lain. Ada banyak permainan seru yang sudah disiapkan oleh para guru, mulai dari permainan mengenal nama, games kelompok, hingga permainan fisik yang melibatkan banyak gerakan. Suasana jadi cair dan anak-anak mulai merasa nyaman satu sama lain. Pada agenda mabit ini anak-anak juga keeseokan harinya menjalankan ibadah puasa sunnah yaitu puasa pada hari senin sehingga anak-anak mengikuti sahur bersama di sekolahan.

Agenda Mabit di SD Muhammadiyah 1 Jakarta tentunya bukan sekadar mengisi waktu, tapi benar-benar dirancang untuk menumbuhkan karakter anak-anak agar menjadi kebiasaan yang baik. Baik itu dilakukan dirumah, sekolah maupun Masyarakat secara luas. Apalagi dibimbing dan didampingi langsung oleh beberapa guru yang berkompeten. Melalui berbagai kegiatan yang menyenangkan dan edukatif, anak-anak belajar banyak hal tanpa terasa terbebani. Mereka belajar tentang keberanian, kerja sama, kepemimpinan, tanggung jawab, dan nilai-nilai keagamaan dengan cara yang menyenangkan tentu hal tersebut diharapkan mampu membentuk  siswa yang memiliki berkepribadian dan berkarakter baik.

Harapannya Mabit di SD Muhammadiyah 1 Jakarta ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi anak-anak. Mereka pulang dengan membawa banyak kenangan indah, pelajaran berharga, dan tentunya, rasa cinta yang lebih besar terhadap sekolah dan teman-teman. Kegiatan ini bukan hanya membuat mereka lebih dekat satu sama lain, tapi juga membentuk karakter yang kuat dan positif, siap menghadapi tantangan di masa depan. (Muhammad Ikhlas Prayogo)


Komentar

Muhammad khairul amri

Calon kader Muhammadiyah yg berkemajuan dan berakhlak....

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PALANG KARAYA, Suara Muhammadiyah – Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Palang Karaya menyelenggaraka....

Suara Muhammadiyah

25 September 2023

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Berdirinya 'Aisyiyah adalah habitus baru di Indonesia. Hal tersebu....

Suara Muhammadiyah

24 March 2024

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Rumah sakit Islam PKU Muhammadiyah Palangka Raya Kalimantan Tenga....

Suara Muhammadiyah

9 February 2024

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Lembaga Pengembangan Pesantren (LPP) Pimpinan Wilayah Muhammadi....

Suara Muhammadiyah

9 September 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) berada di urutan palin....

Suara Muhammadiyah

15 July 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah