Menguatkan Kembali Komitmen Bermuhammadiyah

Publish

17 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
140
Dok. Istimewa

Dok. Istimewa

PULANG PISAU, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pulang Pisau melalui Majelis Tarjih dan Tajdid melaksanakan Peneguhan Komitmen Bermuhammadiyah serta Sosialisasi Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT) Tahun 2024 pada Ahad, (15/9) di Watta Cafe, Jalan Abel Gawei, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah

Acara ini dihadiri oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Tengah, Prof Dr Ahmad Syar'i, MPd, Wakil Ketua PWM Kalteng yang membidangi Tarjih, Tajdid dan Tabligh, HM Zuhri, HI., MPdI, serta Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid, Drs HM Yamin Mukhtar, Lc., MPdI.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Ketua PWM Kalteng, Prof Ahmad Syar’i, dan pemaparan materi diberikan oleh Wakil Ketua PWM Kalteng HM Mohammad Zuhri, dan HM Yamin Muchtar Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PWM Kalimantan Tengah. Acara pembukaan yang berlangsung meriah ini dihadiri oleh seluruh unsur Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Pulang Pisau, unsur pimpinan Majelis PDM Pulang Pisau dan ketua Pengurus Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) se-Kabupaten Pulang Pisau. 

Dalam sambutannya, Ketua PDM Pulang Pisau, Najmuddin, SAg., MH menegaskan pentingnya komitmen bermuhammadiyah sebagai bentuk kesungguhan dalam menjaga semangat keorganisasian. "Peneguhan komitmen bermuhammadiyah ini menjadi wadah silaturahmi warga Muhammadiyah sekaligus menjaga komitmen keberagaman dan identitas kemuhammadiyahan," katanya.

Ia menambahkan bahwa komitmen ini harus dijaga di semua tingkatan, mulai dari pimpinan hingga warga Muhammadiyah dan pegawai Amal Usaha Muhammadiyah (AUM).

Najmuddin menjelaskan terkait sosialisasi KHGT yang ditetapkan sebagai pengganti kriteria wujudul hilal dalam menentukan awal bulan qamariah (bulan Islam). "Mungkin hal yang baru bagi sebagian warga Muhammadiyah, maka penting diadakan sosialisasi, apa tujuan dibentuknya KHGT, dan pentingnya bagi umat islam," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ketua PWM Kalteng, Prof Dr Ahmad Syar'i, MPd juga menekankan pentingnya disiplin waktu dalam berorganisasi. "Berkomitmen dalam segala hal, termasuk disiplin waktu, adalah hal kecil yang berdampak besar jika diterapkan secara konsisten," ucapnya.

Selain peneguhan komitmen ber-Muhammadiyah, sosialisasi Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT). juga menjadi momentum penting bagi pengurus dan warga Muhammadiyah. Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid, Drs HM Yamin Mukhtar, Lc., MPdI menjelaskan KHGT telah diputuskan oleh Muhammadiyah sejak Muktamar ke-47 di Makassar tahun 2015. Meskipun peluncurannya baru dilakukan pada 1446 H, kalender ini menggantikan sistem hisab lokal dan bertujuan untuk menyatukan tanggal qamariah di seluruh dunia, sebagaimana kalender Masehi.

Sementara itu Miftahuroji, SSosI., MPd selaku Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PDM Pulang Pisau mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkuat kebersamaan dalam menghidupkan organisasi Muhammadiyah dengan sosialisasi KHGT juga diharapkan dapat memperkuat pemahaman warga Muhammadiyah mengenai pentingnya penggunaan kalender ini demi kemaslahatan umat Islam secara global. (Bonni/Fab)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah - Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Pusat (MLH PP.) Muhammadiyah lak....

Suara Muhammadiyah

27 April 2024

Berita

LAMSEL, Suara Muhammadiyah – Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) Kwartir Wilayah (Kwarwil) La....

Suara Muhammadiyah

31 August 2024

Berita

Warek II UM Bandung Ahmad Diponegoro, Warek I UM Bandung Hendar Riyadi, Ketua PP Muhamamdiyah sekali....

Suara Muhammadiyah

28 February 2024

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah - Kamis, 14 Desember 2023 bertempat di aula Zaenab Masykur, SMP Muhammadiy....

Suara Muhammadiyah

14 December 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Sebanyak enam murid SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo b....

Suara Muhammadiyah

9 September 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah