Menggaungkan Positif Bermedia Sosial hingga Tanam Pohon

Publish

25 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
120
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Kemenko PMK Gandeng Muhammadiyah Laksanakan Revolusi Mental di Kudus 

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menggandeng Pimpinan Pusat Muhammadiyah melaksanakan Gerakan Nasional Revolusi Mental di Kabupaten Kudus Jawa Tengah. Selama dua hari, yaitu tanggal 24-25 Agustus 2024 dilaksanakan sejumlah agenda meliputi aksi tanam pohon, makan sehat, pelatihan positif bermedia social dan pelatihan wirausaha bagi takmir masjid. Rangkaian kegiatan ini mengambil tema Lestarikan Budaya Bangsa, Teguhkan Bhinneka Tunggal Ika.

Rangkaian kegiatan Gerakan Nasional Revolusi Mental di Kabupaten Kudus dihadiri oleh Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga, Prof Warsito, S.Si, DEA, Ph.D, Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah, M Izzul Muslimin, Ketua Tim Kerja Revolusi Mental PP Muhammadiyah, Mohammad Sofyan. 

Undangan yang hadir dalam pembukaan kegiatan diantaranya perwakilan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan pemuda dan Olahraga serta Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus. Sedangkan peserta terdiri dari unsur pengurus Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah, pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik hingga takmir masjid yang ada di lingkungan Muhammadiyah Kudus, Jawa Tengah.

Acara diawali dengan penampilan tari kretek oleh siswa SMP Muhammadiyah 1 Kudus dan dilanjutkan pembacaan puisi tentang lingkungan oleh siswi MI Muhammadiyah 2 Kudus.

Menurut Koordinator Tim Kerja GNRM Muhammadiyah, Muhammad Sofyan, pihaknya bekerja sama dengan Kemenko PMK mengadakan pelbagai kegiatan yang berdampak positif untuk masyarakat. Di antaranya adalah aksi penanaman pohon di lingkungan sekolah Muhammadiyah, pemberian makanan sehat untuk anak-anak, pelatihan positif bermedia social hingga pelatihan kewirausahaan untuk takmir masjid.

“Tahun ini kegiatan dilaksanakan di empat lokus, selain Kudus yang kita laksanakan hari ini, tiga Lokasi lainnya yaitu Lombok (Kepulauan Riau), Samarinda (Kalimantan Timur), dan Kupang (Nusa Tenggara Timur),” Jelas Sofyan.

Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus, Zulfa Kurniawan menyambut baik agenda GNRM di Kabupaten Kudus. Pihaknya menyampaikan bahwa kegiatan GNRM yang dilaksanakan selaras dengan Kepribadian Muhammadiyah. 

“Internalisasi nilai strategis instrumental revolusi mental, yaitu integritas, etos kerja dan gotong royong merupakan salah satu Upaya Pemerintah membangun sumber daya manusia, dan Muhammadiyah selama ini juga concern di bidang tersebut, karena itu Muhammadiyah senantiasa mendukung upaya pemerintah untuk membangun sumber daya manusia.” Ujar Zulfa Kurniawan dalam sambutannya.

Zulfa juga menambahkan, selama pemerintah benar, bahwas Muhammadiyah senantiasa mendukung dan berpartisipasi aktif, namun jika ada yang tidak sesuai maka Muhammadiyah tidak segan untuk mengingatkan dan meluruskan.

Rangkaian kegiatan Gerakan Nasional Revolusi Mental di Kabupaten Kudus dibuka oleh Sekretaris PP Muhammadiyah, M Izzul Muslimin. Di hadapan sekitar 150 peserta yang terdiri dari unsur pengurus Muhammadiyah hingga peserta didik, Izzul menyampaikan bahwa kegiatan GNRM adalah salah satu bentuk kolaborasi Muhammadiyah bersama Pemerintah untuk mmebangun sumber daya manusia Indonesia.

“Kerja sama GNRM sudah berlangsung sejak lama, dan ini memasuki tahun kelima. Bagi Muhammadiyah, menanam pohon merupakan sebuah keharusan dan tujuan menanam pohon adalah untuk kita sendiri. Semoga Upaya ini bisa menjadi salah satu sumbangsih Muhammadiyah mengatasi permasalahan lingkungan, termasuk di Kudus dan sekitarnya yang kemarin dilanda banjir cukup besar.” Tambahnya.

Aksi Tanam Pohon

Aksi Tanam Pohon dilaksanakan secara simbolis di Lapangan Muhammadiyah, Jl. KHR Asnawi. Penanaman secara simbolis diawali oleh Sekretaris PP Muhammadiyah, M Izzul Muslimin, selanjutnya diikuti oleh Ketua Tim kerja Muhammad Sofyan, Sekretaris PDM Kudus, Zulfa Kurniawan, Ketua PD Aisyiyah Kudus dan perwakilan tamu undangan yang hadir.

Penanaman Pohon Penghijauan di lingkungan amal usaha Muhammadiyah melibatkan para pelajar dari tingkat SD hingga SMA sehingga diharapkan tumbuhnya rasa cinta lingkungan sejak dini.

”Melalui penanaman pohon ini kita berharap lingkungan senantiasa lestari dan tetap nyaman untuk anak cucu kita di masa depan. Kita tahu dampak perubahan iklim sudah sedemikian parah. Karena itu kami mengajak dan melibatkan peserta didik secara langsung dalam aksi tanam pohon ini.” jelas Sofyan.

Sebagai tindak lanjut aksi hari ini, Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus berencana melaksanakan penanaman seribu tanaman buah di lingkungan Amal Usaha dan tanah wakaf Muhammadiyah Kudus sebagai bagian dari gerakan penanaman 10 juta pohon yang diisiasi oleh Kemenko PMK dan PP Muhammadiyah.

Makan Sehat

Pemberian makan sehat dimaksudkan sebagai upaya Muhammadiyah mencegah gagal tumbuh akibat stunting. Makan sehat dibagikan kepada 30 peserta didik dari TK ABA 1, TK ABA 2 dan TK ABA 3 Kudus masing-masing 10 siswa.

Pemberian makan sehat secara simbolis dilaksanakan oleh Sekretaris PP Muhammadiyah, Izzul Muslimin, Ketua Tim Kerja, Muhammad Sofyan, Sekretaris PDM Kudus, Zulfa Kurniawan dan Ketua Majelis PAUD Dasmen PD Aisyiyah Kudus, Dian Handayani.

”Untuk mendukung pencegahan stunting, Pimpinan Daerah Aisyiyah Kudus juga memiliki program, dimana setiap ranting ’Aisyiyah kami berikan amanah untuk melaksanakan pencegahan stunting, dengan melakukan pendampingan secara intensif selama 3 bulan berturut-turut dan memastikan kecukupan gizi bagi tumbuh kembang anak-anak yang didampingi. Pendampingan ini menggunakan dana mandiri dari ranting ’Aisyiyah setempat.” tutur Dian Handayani.

Positif Bermedia Sosial

Agenda lainnya yang dilaksanakan yaitu Pelatihan Media Sosial bertajuk 'Positif Bermedia Sosial' di Hotel Griptha Kudus. Kegiatan lain yang diselenggarakan secara simultan yaitu pelatihan kewirausahaan untuk takmir masjid. Sementara pada pagi harinya telah dilaksanakan Aksi Tanam Pohon dan Pemberian Makanan Sehat untuk anak TK yang dipusatkan di Aula Muhammadiyah Kudus, Jl. KHR Asnawi Kudus.

Rangkaian kegiatan Gerakan Nasional Revolusi Mental di Kabupaten Kudus dihadiri oleh Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga, Prof Warsito, S.Si, DEA, Ph.D, Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah, M Izzul Muslimin, Ketua Tim Kerja Revolusi Mental PP Muhammadiyah, Muhammad Sofyan. 

Pelatihan Positif Bermedia Sosial diikuti oleh 50 peserta dari unsur Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus, Pimpinan Daerah ’Aisyiyah Kudus, organisasi otonom Muhammadiyah, da’i hingga pendidik dan tenaga kependidikan sekolah Muhammadiyah dan Aisyiyah di Kabupaten Kudus. Selama dua hari, peserta dilatih untuk dapat membuat dan menyebarkan konten media sosial sehingga media sosial dapat dibanjiri dengan konten positif yang selaras dengan tujuan Muhammadiyah.

Pelatihan positif bermedia social didasari masih adanya persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia adalah berkaitan dengan konflik antar umat beragama, termasuk masih rendahnya sikap toleransi yang menimbulkan perpecahan serta aksi radikalisme dan terorisme di tengah-tengah masyarakat.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus, K.H Noor Muslikhan mengapresiasi kegiatan yang digagas Kemenko PMK dan PP Muhammadiyah di Kudus selama dua hari ini. Kyai Haji Noor Muslikhan berharap melalui pelatihan ini, Revolusi Mental yang dilaksanakan Kemenko PMK bersinergi dengan PP Muhammadiyah, ada penguatan mental dan jiwa sebagai warga Persyarikatan Muhammadiyah, sehingga bisa memajukan dan mencerahkan dakwah Muhammadiyah khususnya di Kabupaten Kudus.

Muhammad Sofyan, Ketua Tim Kerja GNRM PP Muhammadiyah menyebut bahwa Pasca Pemilu 2024, khususnya Pasca Pilpres ada polarisasi cukup kental diantara warga Muhammadiyah akibat perbedaan pilihan politik. Hal ini dikhawatirkan berkelanjutan akibat adanya beragam isu tidak bertanggung jawab di media sosial.

“Melalui pelatihan ini diharapkan ada peningkatan sebaran konten positif di media social dari para tokoh, da’I dan pendidik Muhammadiyah, sehingga adab dan akhlak bermedia social tetap maraknya konten negative di dunia maya," ujar Muhammad Sofyan, Koordinator Tim Kerja GNRM PP Muhammadiyah. 

Senada dengan Sofyan, M Izzul Muslimin, Sekretaris PP Muhammadiyah berharap pelatihan positif bermedia social meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan para peserta mengendalikan diri di media sosial. 

“Saat ini tidak jarang dunia maya dan dunia nyata saling tertukar. Kalua kita tidak pandai mengendalikan diri, bisa terbawa larut di media social. Kita sebagai warga Muhammadiyah harus tetap arif dan bijaksana saat bermedia social, memanfaatkan media social untuk kepentingan positif, bukan sebaliknya," jelas Izzul.

Selain Pelatihan Positif Bermedia Sosial, pada waktu bersamaan digelar pula pelatihan Takmir Berdaya sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan wirausaha takmir masjid, dengan penekanan pada penguatan nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong.

Pelatihan Takmir Berdaya diikuti oleh 30 peserta yang merupakan perwakilan dari Takmir Masjid Muhammadiyah di Kabupaten Kudus. Diharapkan setelah pelatihan ini, Takmir dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dalam meningkatkan kemandirian masjid yang dikelola masing-masing.

Pelatihan Takmir Berdaya yang dilaksanakan di Kudus ini baru pertama kali digelar sebagai bagian dari GNRM yang dikoordinir Muhammadiyah. “Semoga nanti bermanfaat dan dapat direplikasi di daerah lain," pesan Sofyan.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

ASAHAN, Suara Muhammadiyah - Bertempat di Hotel Sabty Garden Asahan, SMA Muhammadiyah 8 Kisaran &nbs....

Suara Muhammadiyah

4 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Direktur Utama PT Penjaminan Infra Struktur Indonesia (PT PII) M. Wahi....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Di depan 200 orang pendekar Tapak Suci Putera Muhammadiyah yang ber....

Suara Muhammadiyah

1 August 2024

Berita

MAGELENG, Suara Muhammadiyah - Kamis, 13 Rabi’ul Awwal 1445 H bertepatan dengan 28 September 2....

Suara Muhammadiyah

29 September 2023

Berita

PEMALANG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pemalang menggelar Peneg....

Suara Muhammadiyah

26 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah