Mengenal Paradigma Ranting di Muhammadiyah

Publish

11 September 2024
prm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
179
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Tirtonirmolo Barat Cabang Kasihan Daerah Bantul menyelenggarakan Pengajian Khusus rutin untuk seluruh anggota PRM yang berjumlah 42 personil terdiri dari 9 Pimpinan Harian dan 33 Anggota Bidang di lingkup PRM Tirtonirmolo Barat (Bidang Tabligh, Tarjih dan Pembinaan Masjid/Musala, Bidang Pendidikan, Bidang Pembinaan Kader dan AMM, Bidang Wakaf, dan Bidang Ekonomi Kreatif). Pengajian Khusus ini dilaksanakan pada Selasa, 10 September 2024 di Masjid Al-Muthohar Kampung Bekelan.

Ketua PRM Tirtonirmolo Barat, H Sofriyanto Solih M menyampaikan kepada jamaah setidaknya ada lima jenis ranting dalam Muhammadiyah. pertama: Ranting Rintisan, ranting ini ada jenis rintisan rekayasa top down yang merupakan inisiatif dari struktur di atasnya yaitu PCM, lalu ada rintisan alamiah buttom up yang merupakan inisiatif dari para jamaah masjid, warga, atau kumpulan beberapa keluarga yang mengajukan pendirian ranting kepada PCM.

Dalam ranting rintisan juga ada yang bersifat kombinasi antara proses rintisan top down dan rintisan buttom up. Kedua: Ranting Hidup. Yaitu ranting yang berjalan secara apa adanya. Ranting ini menjadikan masjid/musala sebagai pusat kegiatan, ada pengajian khusus dan pengajian umum tetapi tidak berjalan rutin, dan tidak memiliki kantor khusus yang permanen.

“Di mana rumah pimpinan, ya di situ kantor PRM-nya," ungkapnya. 

Ketiga: Ranting Mati. Ranting ini sudah tidak berdaya dan secara struktural para pimpinannya tidak bisa menghidupkan ranting. Dalam ranting mati ini tidak ada kegiatan pengajian khusus maupun pengajian umum, tidak memiliki masjid/musala sebagai basis kegiatan, bahkan tidak memiliki jamaah, dengan kata lain yang ada di ranting jenis ini hanyalah papan nama. "Inilah yang dinamai ranting innalillahi wa inna ilaihi rajiun," selorohnya.

Keempat Ranting Unggul. Ranting jenis ini memiliki kelebihan dan keunggulan pada bidang tertentu sehingga sukses dalam menerapkan program-program untuk kemanfaatan masyarakat di lingkungannya. Sebagai contoh ranting jenis ini unggul di bidang pemberdayaan ekonomi di mana ranting tersebut dapat merubah mental pengemis yang ada di lingkungannya menjadi masyarakat yang memiliki keulaten dalam berwirausaha secara mandiri.

"Ranting ini memiliki kantor permanen, memiliki anggota tetap minimal 50 orang, memiliki masjid/musala sebagai pusat kegiatan, memiliki kegiatan pengajian khusus dan pengajian umum secara rutin, memiliki manajemen kantor yang baik, dan selalu menganalisis setiap problematika dengan metode analisa yang baik," tambahnya.

Kelima. Ranting Ideal. Ranting ideal lebih baik dari ranting unggul. Ranting Ideal adalah contoh ranting yang menjadi cita-cita Persyarikatan Muhammadiyah dalam mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Ada lima karakter dimiliki oleh ranting yang ideal. 

Pertama, aktif dan memiliki sumber daya yang memadai, Kedua, kuat dan berdaya, menunjukkan bahwa ranting ini selalu bekerja keras dan tidak memiliki kelemahan, Ketiga, mandiri yang menunjukkan bahwa ranting ini ditopang oleh donatur tetap individu maupun institusi, iuran anggota, dan hasil usaha, Keempat, dinamis dan selalu terus berinovasi untuk kemajuan, Kelima, dapat menjadi model bagi ranting yang lain berkat prestasi yang diraihnya. (Fri/Alle)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pesantren Mahasiswa K.H. Ahmad Dahlan (PERSADA) Universitas A....

Suara Muhammadiyah

8 September 2024

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan (AIK) Lembaga Studi Islam dan Kemuham....

Suara Muhammadiyah

19 October 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Ribuan pelajar mengikuti apel akbar milad ke-111 Muhammadiyah di Lap....

Suara Muhammadiyah

19 November 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Malang menduduki posisi pertama capaian propos....

Suara Muhammadiyah

4 May 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah -  Tim Pengabdian Masyarakat (PkM) Universitas 'Aisyiyah Surakart....

Suara Muhammadiyah

16 July 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah