Mendorong Profesionalitas dan Kualitas Media Afiliasi Muhammadiyah

Publish

24 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
106
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Peningkatan profesionalitas dan kualitas kelembagaan media serta jurnalis yang terafiliasi Muhammadiyah menjadi perhatian dalam Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah, Sabtu (24/8/2024) di Surakarta. Terhitung sudah ada 120 media afiliasi Muhammadiyah baik jurnalis secara personal di media umum maupun media-media daring yang dikelola oleh Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Muhammadiyah di berbagai daerah.

Acara ini dihadiri oleh Dr. Asep Setiawan, Anggota Dewan Pers, yang menekankan pentingnya peran media sebagai sarana informasi, pendidikan, hiburan, kontrol sosial, dan lembaga ekonomi. 

Asep menyebut bahwa jurnalis memiliki peran vital sebagai saksi sejarah yang jujur, akurat, dan objektif, serta menjadi bagian dari sejarah itu sendiri. Ia juga menggarisbawahi pentingnya pembentukan desk bersama untuk meningkatkan profesionalitas media afiliasi Muhammadiyah.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan pelatihan dan coaching bagi para wartawan di redaksi untuk mengembangkan kapasitas mereka, termasuk dalam mengikuti uji kompetensi wartawan di berbagai tingkat, baik muda, madya, maupun utama.

“Dengan langkah ini, diharapkan terbentuk jaringan yang cukup besar di kalangan media afiliasi Muhammadiyah,” ungkap Dr. Asep Setiawan.

Selain itu, Dr. Asep juga memberikan apresiasi kepada Suara Muhammadiyah sebagai media tertua di lingkungan persyarikatan yang masih mampu bertahan di tengah gempuran media digital. “Terima kasih kepada MPI, setiap bulan Dewan Pers selalu menerima majalah Suara Muhammadiyah,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Tria Patrianti, Ketua Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (LUKW) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), menyampaikan bahwa LUKW UMJ telah resmi berdiri dan melakukan uji kompetensi sejak 2020. Media yang terafiliasi dengan Muhammadiyah diharapkan dapat menjaga dan meningkatkan kualitas pemberitaan.

"Setiap uji kompetensi yang kami lakukan, memberikan peluang bagi jurnalis untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka. Metode yang digunakan pun sudah sesuai dengan standar Dewan Pers, dengan penekanan pada pemahaman etika pers dan standar kompetensi," jelas Dr. Tria Patrianti. Ia juga menyoroti pentingnya peningkatan kompetensi jurnalis perempuan dalam menghadapi tantangan di dunia media.

Tria mendorong profesionalitas dan peningkatan kualitas media yang terafiliasi dengan Muhammadiyah, sejalan dengan semangat persyarikatan untuk terus berkembang dan memberikan kontribusi nyata bagi umat dan masyarakat. Terutama yang selama ini terkenal di bidang pendidikan, kesehatan, dan bidang sosial agar bisa melampaui itu. (Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Pusat Muhammadiyah menerima silaturahmi Menko Polhukam ....

Suara Muhammadiyah

29 February 2024

Berita

BANDAR LAMPUNG, Suara Muhammadiyah - Pengukuhan 3 Cabang Muhammadiyah, yaitu Pimpinan Cabang Muhamma....

Suara Muhammadiyah

4 November 2023

Berita

BATANG, Suara Muhamamdiyah - Pimpinan Ranting Muhamamdiyah Kranggan beserta Pimpinan cabang Muhamamd....

Suara Muhammadiyah

20 September 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Gerakan kekebalan siswa meningkat. Hal ini berdasarkan surat dari K....

Suara Muhammadiyah

17 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam dunia kesehatan, mental menjadi kunci utama dan fundamental y....

Suara Muhammadiyah

20 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah