MDMC Lampung Berikan Materi Penanggulangan Bencana di UMKO

Publish

11 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
122
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

LAMPUNG UTARA, Suara Muhammadiyah – Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) Muhammadiyah Disaster Muhammadiyah (MDMC) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Lampung menjadi pemateri dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) atau Masa Ta’aruf Mahasiswa (MASTAMA) (9/24) Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) Tahun Akademik 2024/2025. 

Materi yang diberikan MDMC Wilayah Lampung dalam kegiatan tersebut ialah mengenai penanggulangan bencana yang dibawakan oleh Widodo Rahayu dan Edy Kurniawan pada tanggal 9 september 2024 di Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Lampung Utara.

Antusias peserta dalam kegiatan tersebut tidak hanya mahasiswa baru dari berbagai fakultas dan panitia pelaksana, namun juga dari pihak kampus. Ini dikarenakan di Lampung Utara utamanya Kotabumi terdapat banyak kemungkinan potensi terjadi bencana.

Materi Penanggulangan Bencana ini juga diharapkan dapat memberi pemahaman tidak hanya kepada mahasiswa baru, namun juga masyarakat secara luas. Widodo Rahayu memantik beberapa kemungkinan bencana yang dapat terjadi di Kotabumi dan lingkungan sekitar dimana mahasiswa tinggal. 

“Bencana tidak hanya datang dari alam seperti gempa, puting beliung, dan di daerah Lampung Utara khususnya sebagian terdapat daerah perbukitan yang memungkinkan dapat terjadi bencana tanah longsor serta banjir bandang. Namun bencana juga dapat terjadi akibat perbuatan manusia seperti konflik horizontal dan kebakaran,” ujar Widodo.

Ia juga menyinggung terkait bencana Megathrust yang berpotensi besar dapat terjadi di Lampung. “Indonesia dikepung Megathrust, maka kita harus siap dalam menghadapi risiko yang dapat terjadi, dan dengan penanggulangan yang tepat insya’ Allah selamat,” tambah Widodo. Edy Kurniawan juga menyinggung terkait kebiasaan masyarakat yang masih memiliki kebiasaan membuang sampah sembarangan. 

“Membuang sampah sembarangan dianggap sepele oleh masyarakat. Pada kenyataannya sampah yang dibuang sembarangan dapat memicu berbagai ancaman bencana, jika membuang sampah ke sungai dapat menyumbat aliran air yang mengakibatkan banjir, lalu apabila sampah dibuang sembarangan di kebun atau pinggir jalan dapat mencemari lingkungan,” ujar Edy.

Ia memberikan contoh terkait praktik yang seharusnya ditanamkan sejak dini untuk tidak membuang sampah sembarangan dan membuang sampah juga harus memisahkan antara organik dan anorganik. “Hari ini kita jaga lingkungan untuk masa depan, sayangi dan jaga lingkungan itu merupakan ciri orang yang beriman,” tambah Edy.

Dalam sesi tanya jawab pemateri memantik beberapa mahasiswa untuk menyampaikan kemungkinan bencana yang dapat terjadi di lingkungannya secara langsung dan juga melalui kuis di sosial media Instagram MDMC Lampung. Mahasiswa sangat antusias dalam sesi tersebut menyampaikan potensi bencana terutama melalui kolom komentar Instagram MDMC Lampung.

Amaliah selaku Panitia Acara sangat berkesan dengan kehadiran MDMC Lampung dalam memberikan materi kepada peserta MASTAMA UMKO Tahun Akademik 2024/2025. “Harapannya MDMC Lampung tetap terus maju dalam memberikan edukasi untuk mengurangi risiko bencana,” ujarnya.

Rektor Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Dr. Irawan Suprapto, M.Pd. juga menyampaikan terimakasih kepada MDMC Lampung telah memberikan materi pada awal pengenalan bagi mahasiswa baru.

 “Harapan kami ini dapat berlanjut sampai nanti terbentuk dan menjadikan penguatan yang nanti ikut menjadi Relawan MDMC Wilayah Lampung, sehingga penanganan risiko bencana dapat dilakukan secara lebih baik, dan untuk penanganan saat terjadinya bencana dapat ditangani dengan sigap, mudah-mudahan masyarakat atau umat dapat merasakan manfaat dengan hadirnya MDMC, bahwa semua bencana yang pada dasarnya tidak diinginkan, jika terjadi bencana dapat ditangani secara cepat,” ujarnya. (Tri/Lika)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

CIANJUR, Suara Muhammadiyah - Pengurus Cabang Muhammadiyah Sukaluyu berhasil menyelenggarakan Musyaw....

Suara Muhammadiyah

7 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memeriahkan Milad Muhammadiyah ke-111, Pimpinan Wilaya....

Suara Muhammadiyah

15 November 2023

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H, acara Tabligh Akbar digelar den....

Suara Muhammadiyah

25 February 2024

Berita

DENPASAR, Suara Muhammadiyah – Rombongan karyawan PT Syarikat Cahaya Media / Suara Muhammadiya....

Suara Muhammadiyah

1 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka menyambut milad Suara Muhammadiyah yang ke-109, SM Tow....

Suara Muhammadiyah

24 July 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah