Mahasiswa PTMA Gaungkan Al-Ma'un di Kancah Internasional

Publish

4 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
112
Foto Istimewa

Foto Istimewa

THAILAND, Suara Muhammadiyah - Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) bersama tiga Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) di Thailand, resmi ditutup. Rangkaian penutupan digelar di Sangkhom Islam Wittaya School pada 28-31 Agustus 2024.

KKN yang melibatkan UMJ, Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung, UM Buton, dan UM Sidoarjo tersebut bertujuan mempererat persaudaraan para siswa, guru sekolah, mahasiswa, serta dosen pembimbing.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMJ Prof. Dr. Tri Yuni Hendrawati, ST., M.Si. mengatakan, KKN Internasional merupakan upaya internasionalisasi PTMA.

"KKN Internasional juga merupakan langkah pemenuhan Indikator Kinerja Utama (IKU) yaitu mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus dan dosen berkegiatan di luar kampus," jelasnya saat memberikan sambutan.

Yuni mengapresiasi sekolah-sekolah yang menjadi lokasi KKN dan para guru pembimbing yang telah membimbing mahasiswa PTMA, terutama dalam mengimplementasikan ilmu dari berbagai bidang, serta kegiatan pengabdian masyarakat di dalam dan di luar sekolah.

Pada kesempatan yang sama, Director of Sangkhom Islam Wittaya School dr. Taleb Kayem menyampaikan, KKN Internasional PTMA menjadi lebih spesial karena guru dan murid menerima peserta KKN dengan senang hati.

Terlebih, UMJ dan PTMA beserta 14 mahasiswa peserta KKN telah mengabdi dan turut mengembangkan pendidikan di sekolah-sekolah Thailand khususnya di Sangkhom Islam Wittaya School.

Selain mahasiswa, dosen dari keempat PTMA KKN internasional pun melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Internasional.

Dosen tersebut di antaranya Tri Yuni Hendrawati dengan judul PkM “Product Derivative of Honey Bee” dan Darto, SE., MM., dengan judul “Improving Sharia Financial Literacy through Socialization and Education at the Sangkhom Islam Wittaya School”.

Dosen lainya yaitu Iis Dewi Fitriani dengan judul PkM “How to Manage Money to Reach The Desired Target”, Sani Asmi Ramdani Lestari dengan judul “Empowring Health Concept in Sangkhom Islamic Wittaya School”, Fika Megawati dengan Judul “Stick Puppets: a Creative Tool for Engaging Learning Activities”, dan Andy Arya Maulana Wijaya dengan Judul “Disaster Mitigation Education Through Fire Disaster Preparednee Learning for Kids”.

Penutupan KKN Internasional dimeriahkan dengan penampilan para dosen PTMA dan murid-murid Sangkhom Islam Wittaya School. Kegiatan diawali dengan unjuk keahlian menggunakan alat penghitung abacus hingga menyanyikan lagu “Wonderland Indonesia”.

Acara penutupan turut dihadiri oleh Ketua Integrated Islamic School Networking (IISN) Ustaz Zaki, Ketua Pelaksana KKN UMJ 2024 Darto, SE., MM. hingga perwakilan UM Bandung, UM Buton, dan UM Sidoarjo.

KKN Internasional di Thailand merupakan implementasi kerja sama UMJ dan PTMA dengan beberapa sekolah di Thailand di antaranya Sangkhom Islam Wittaya School, Phatna Wittaya School, Darul Mujahideen School, Miftahuddeen School, Prik Municipality School, dan Worraphat School.

Kegiatan penutupan KKN Internasional tersebut bertemakan Indonesian Day “The Implementation of Al-Ma’un Theology in Addressing Cultural Diversity Among Nations”.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANJARMASIN, Suara Muhammadiyah - Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin Banjarmasin kembali menggelar keg....

Suara Muhammadiyah

9 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Persoalan sampah masih mendera Kota Yogyakarta. Merespons hal....

Suara Muhammadiyah

29 June 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - TIM Kreativitas Mahasiswa Kewairausahaan (PKM-K) Universitas Muhammadiyah....

Suara Muhammadiyah

28 September 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah  – Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung menjadi tuan rumah k....

Suara Muhammadiyah

13 September 2024

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) wilay....

Suara Muhammadiyah

11 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah