Mahasiswa Biokewirausahaan UMMAD Pelajari Form Ajuan Sertifikat Halal

Publish

18 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
68
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

MADIUN, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Prodi Biokewirausahaan Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) yang akan berubah menjadi Universitasi Muhammadiyah Jawa Timur (UMJT) memperoleh bimbingan pengisian formulir pengajuan Sertifikat Halal dari Pendamping Proses Produl Halal teregistrasi. Pendamping Proses Produk Halal teregistrasi tersebut adalah Nur Wasis. Pelaksanaan bimbingan pengisian formulir pengajuan Sertifikat Halal dilakukan di Kantor Desa Candimulyo, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jum’at, 13 September 2024.

Nur Wasis menerangkan, dalam bimbingan ini, mahasiswa diberi penjelasan mengenai apa itu halal dan haram serta pentingnya semua pihak untuk memahami produk halal.

“Setelah itu kami ajak mahasiswa untuk belajar isi form tentang pengajuan sertifikasi halal,” ujarnya.

Berikutnya, menurut Nur Wasis, mahasiswa bisa dilaksanakan tahap pemantapan pengisian form pengajuan sertifikasi halal. Setelah itu, bila mendapat izin dosen, mahasiswa bisa praktek langsung ke pelaku usaha.

“Jadi mahasiswa diberi tugas untuk memproses sertifikasi halal dengan pendampingan dari saya. Jadi kita buat mereka seperti memproses dokumen yang diperlukan,” kata pemilik nomor registrasi Pendamping Proses Produk Halal (PPH) Lembaga Pendamping PPH UIN Sultan AJI Muhammad Idris Samarinda tersebut.

Nur Wasis menyampaikan, saat dimintai pendapat mengenai bimbingan yang mereka ikuti, mahasiswa Prodi Biokewirausahaan UMMAD mengaku senang dan asyik serta memperoleh pengalaman baru.

Kaprodi Biokewirausahaan UMMAD (UMJT), Irfan Miftahul Fauzi, SPi, MP, mengatakan, pendampingan Proses Produk Halal yang melibatkan Pendamping Produk Halal (PPH) dengan tim Prodi Biokewirausahaan UMMAD yang terdiri dari dosen dan mahasiswa menjadi tindak lanjut dari MoU yang sudah ditandatangani pihak prodi dengan Pendamping PPH.

“Dari pendampingan ini, mahasiswa yang berminat menjadi pendamping asesmen sertifikasi halal bisa mengikuti pelatihannya untuk menjadi pendamping proses sertifikasi halal,” tutupnya. (Humas/Alle)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) secara resmi menerima emp....

Suara Muhammadiyah

16 February 2024

Berita

NEWYORK, Suara Muhammadiyah - Hadiri Sidang Komisi Perempuan PBB ke-68, 'Aisyiyah berkesempatan....

Suara Muhammadiyah

21 March 2024

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Seminar Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa-Tingkat Dasar (L....

Suara Muhammadiyah

11 June 2024

Berita

BOGOR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Bogor Raya (UMBARA) melakukan ground break....

Suara Muhammadiyah

23 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Milad Aisyiyah ke 107 yang jatuh pada 19 Mei merupakan momentu....

Suara Muhammadiyah

16 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah