LPO PP Muhammadiyah Segera Gelar Lokakarya Pendirian dan Pengembangan Sentra Olahraga

Publish

3 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
168
Istimewa

Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kelas Khusus Olahraga (KKO) kini menjadi fenomena yang marak di berbagai sekolah Muhammadiyah. Hal ini memperlihatkan adanya semangat untuk memajukan prestasi melalui olahraga pendidikan. Selain itu, ada berbagai komunitas yang mengembangkan pendidikan olahraga non formal, seperti adanya sekolah sepakbola Hizbul Wathan yang dikelola oleh warga Muhammadiyah. Juga adanya komunitas dan gugus tugas olahraga seperti PanahMu, PisauMu, RunnerMu dan sebagainya.

Guna menata peta jalan pengembangan olahraga pendidikan Muhammadiyah, Lembaga Pengembangan Olahraga (LPO) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah akan mengadakan lokakarya Penyusunan Panduan Pendirian dan Pengembangan Sentra Olahraga Muhammadiyah, pada tanggal 12 sampai 13 Agustus 2024 di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

“Tujuan dari lokakarya ini adalah menyusun peta jalan pendirian sentra olahraga Muhammadiyah, mengembangkan potensi olahraga Muhammadiyah agar semakin berkontribusi bagi prestasi olahraga bangsa Indonesia,” ujar Nur Subekti, pengurus LPO PP Muhammadiyah yang menjadi person in charge kegiatan pada Jumat (2/8).

Nur Subekti yang juga menjadi kaprodi Pendidikan Olahraga UMS ini menambahkan bahwa luaran dari lokakarya adalah adanya buku Panduan Pendirian dan Pengembangan Sentra Olahraga Muhammadiyah.

“Kami akan mengundang berbagai pemangku kebijakan, diantaranya adalah Majelis Pendidikan Dasar, Menengah dan Pendidikan Non Formal Pimpinan Pusat Muhammadiyah," tuturnya. 

Sesuai dengan Tanfidz Keputusan Muktamar ke-48 Muhammadiyah, Visi Pengembangan Bidang Seni, Budaya, dan Olahraga dalam Persyarikatan Muhammadiyah adalah berkembangnya fungsi seni, budaya, dan olahraga menjadi arus penting dalam Persyarikatan menuju perluasan misi dakwah dan tajdid berwawasan inklusi. 

Merujuk pada pasal 20, Undang-undang No. 11 Tahun 2022 tentang Olahraga, disebutkan bahwa Olahraga Prestasi adalah Olahraga yang membina dan mengembangkan Olahragawan secara terencana, sistematis, terpadu, berjenjang, dan berkelanjutan melalui kompetisi untuk mencapai prestasi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan. Lokakarya ini juga merujuk pada Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) agar sentra olahraga Muhammadiyah benar-benar terstruktur rapi meraih prestasi. (fj)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kita segera akan memasuki tahun 1446 Hijriyah. Kedatangan tahun bar....

Suara Muhammadiyah

24 May 2024

Berita

SUKOHARJO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Pondok, Grogol, Sukoharjo melaksana....

Suara Muhammadiyah

1 April 2024

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Kolaborasi menjadi hal yang utama untuk mencapai baru yang diharapkan....

Suara Muhammadiyah

7 February 2024

Berita

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan 'Aisyiyah baru saja menggelar keg....

Suara Muhammadiyah

20 January 2024

Berita

Dosen UHAMKA Giatkan Pengabdian kepada Masyarakat  JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Tim dosen dar....

Suara Muhammadiyah

8 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah