Lewat Bisnis Wisata, SM Berupaya Membangkitkan Ekonomi Umat

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
258
Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr H Agus Taufiqurrahman, SpS., MKes

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr H Agus Taufiqurrahman, SpS., MKes

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr H Agus Taufiqurrahman, SpS., MKes mengatakan Suara Muhammadiyah (SM) sebagai media Persyarikatan yang menginspirasi. Media ini lahir sejak 1915 dan telah merintis penggunaan bahasa Indonesia walaupun peristiwa Sumpah Pemuda baru terjadi pada tahun 1928.

“SM telah mengeluarkan majalah dengan bahasa Indonesia. Sehingga pemerintah memberikan penghargaan (Kategori kepeloporan sebagai media dakwah perjuangan kemerdekaan RI dalam bahasa Indonesia) atas dedikasi SM dalam rangka mencerdaskan bangsa,” katanya saat mengisi Pengajian Tabligh Akbar Semarak Milad ke-109 SM di Pantai Laguna, Depok, Bantul, Sabtu (3/8).

Agus menyebut kehadiran SM selain mencerdaskan, di saat bersamaan juga menyejahterakan. Baginya, SM bukan hanya gerakan literasi, tetapi sebagai bagian dari pilar ketiga dakwah Muhammadiyah di bidang ekonomi untuk kebangkitan ekonomi umat. “Kalau kita serius, semua itu kita niatkan untuk membawa Indonesia semakin maju, unggul, dan sejahtera,” sebutnya.

Bagi Agus, SM mampu mengaktualisasi keputusan Muktamar ke-47 Muhammadiyah di Makassar tahun 2015 tersebut. Ia memberikan apresiasi setinggi-tingginya dengan kiprah begitu rupa yang dilakukan SM pada abad kedua ini. Yaitu mengembangkan gerakan dakwah di bidang ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan umat dan masyarakat dari sisi ekonomi.

“Maka, PP Muhammadiyah mengapresiasi yang dilakukan oleh SM. Diversifikasi usahanya selama ini, Logmart dan seluruh jaringannya dan sekarang di wisata. Sangat juga dinantikan, bagaimana pengelolaan wisata yang baik mengenalkan Indonesia yang indahnya luar biasa. Saya yakin dengan sentuhan SM nanti tempat-tempat itu bisa kita angkat,” tuturnya.

Di samping itu, Agus melihat SM mampu mengembangkan wisata dengan tarikan napas kerohanian. Yakni dengan mengembangkan SM Tour & Travel, untuk memberikan kemudahan masyarakat Muslim menunaikan ibadah haji dan umrah. “Ini kita kawal bersama-sama,” katanya.

Agus meyakini, SM dapat mengelola wisata dengan sangat baik. Juga, dalam pembaharuan paradigma bisnis yang dijalankan. “Insyallah SM melakukan kegiatan ini didukung dengan seluruh sumber daya yang disiapkan agar seluruh program itu jadi baik. Alhamdulillah, hotel SM dekat pusat kota dan Kraton disambut dengan baik. SM juga diberi kepercayaan untuk mengelola hotel di Berau, Kalimantan Timur,” ucapnya.

Kiprah luar biasa dilakukan SM lewat dakwahnya di sektor pariwisata dan ekonomi. Dalam bahasa agama, dalam konteks bisnis pariwsata, Agus menilai SM mengajak masyarakat seraya tadabbur alam sebagai manifestasi meningkatkan keimanan. Salah satu karakteristik insan ulil albab yaitu mengkaji dan merenungkan ciptaan Allah seraya mengucapkan, Rabbanâ mâ khalaqta hâdzâ bâthilan subhânaka faqinâ 'adzâban nâr.

“Ini penting, sehingga apa yang dilakukan oleh SM sekali lagi atas nama PP Muhammadiyah kami mengapresiasi dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan SM dapat terus maju ke depannya,” tutupnya. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memeriahkan hari Gizi Nasional 2024, Universitas Muhammadiy....

Suara Muhammadiyah

23 February 2024

Berita

BERAU, Suara Muhammadiyah - Atas nama Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengucapkan selamat atas diresmika....

Suara Muhammadiyah

7 March 2024

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) adakan sem....

Suara Muhammadiyah

24 June 2024

Berita

SIDRAP, Suara Muhammadiyah - Institut Kesehatan dan Sains (ITKES) Muhammadiyah Sidrap mensyukur....

Suara Muhammadiyah

15 October 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Unit Layanan Pemeriksaan Psikologi (ULPP) UM Bandung menggelar p....

Suara Muhammadiyah

7 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah