Kurban UMJ Sekaligus Pengabdian Masyarakat

Publish

19 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
205
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PANDEGLANG, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa, dosen, dan jajaran pimpinan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIK UMJ), menggelar penyembelihan hewan kurban Iduladha 1445 H di Masjid Hasanuddin, Desa Kuranten, Kecamatan Saruni, Kelurahan Majasari, Kabupaten Pandeglang, Selasa (18/06/2024).

Penyembelihan tersebut bekerja sama dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pandeglang. Sebanyak 650 paket daging dari total 12 ekor hewan kurban, yaitu delapan sapi dan empat kambing disalurkan ke masyarakat sekitar.

Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., mengapresiasi agenda FIK yang melibatkan PDM Pandeglang. Menurutnya, dengan adanya kegiatan itu, mahasiswa dan dosen dapat mengetahui kondisi warga sekitar dan perkembangan Muhammadiyah di daerah. Misalnya, terkait tingkat kesehatan dan pendidikan masyarakat, serta sumber daya manusia.

“Setelah tahu persoalan di lapangan, UMJ akan membantu melalui hal-hal yang bisa dikerjakan dan dilakukan bersama PDM Pandeglang,” ujarnya saat diwawancara usai menghadiri penyembelihan hewan kurban.

Ia berharap, masyarakat mampu menerima dengan baik pengabdian FIK UMJ. Terlebih, UMJ akan menerima lulusan SMA/SMK di Pandeglang untuk melanjutkan studi di UMJ dengan beasiswa khusus.

Dekan FIK UMJ Miciko Umeda, S.Kp., M.Biomed. mengungkapkan, kegiatan ini rutin digelar FIK setiap Iduladha. Tujuannya, agar mahasiswa dapat berbagi dan membantu sesama, serta praktik langsung di lingkungan masyarakat untuk memberikan pemahaman terkait pentingnya kesehatan.

“Insyaallah, ke depannya kami dapat bersinergi dengan fakultas lain, baik FAI, FKM, dan lain-lain,” ujar Miciko dalam sambutan penyembelihan kurban dan pengabdian masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris PDM Pandeglang Dr. Muhammad Juwayni, M.Pd. mengutarakan rasa terima kasihnya karena UMJ telah membantu warga sekitar. Hal ini, menurutnya menjadi sinergi yang baik dan PDM Pandeglang dengan senang hati bisa melanjutkan di Iduladha tahun berikutnya.

Penyerahan simbolis hewan kurban antara FIK UMJ dengan PDM Pandeglang dilakukan oleh Miciko dan Juwayni, yang disaksikan oleh Ma’mun, Wakil Rektor IV UMJ Dr. Septa Candra, SH., MH., Wakil Dekan I FIK Dr. Yani Sofiyani, M.Kep., Sp.KMB., Wakil Dekan III FIK Dr. Syamsul Anwar, M.Kep., Sp.Kom., Ketua Pelaksana sekaligus Dosen FIK Erwan Setiyono, S.Kp., Mn., dan Lurah Saruni, serta pengurus PCA Pandeglang.

Setelah melaksanakan penyembelihan hewan kurban, mahasiswa dan dosen menyelenggarakan program pengabdian masyarakat pada tiga tempat berbeda di Desa Kuranten. Program ini berupa sosialisasi dan edukasi tentang kenakalan remaja, kesehatan tulang bagi lanjut usia, serta pencegahan stunting.

Salah satu peserta edukasi yaitu Nisa Aulia mengaku senang mengikuti agenda dari mahasiswa dan dosen FIK UMJ. Menurutnya, materi dari dosen dan penyampaiannya mudah dimengerti, termasuk perilaku para mahasiswa yang baik dan sangat membantu.

Nisa juga menyampaikan ketertarikannya untuk melanjutkan studi. “Saya baru naik kelas 12. Semoga saya bisa melanjutkan kuliah setelah lulus, apalagi waktu lihat video profil UMJ yang ditayangkan tadi,” ucapnya.

Sebelumnya, FIK UMJ melaksanakan kegiatan serupa di Kabupaten Bekasi selama dua tahun berturut-turut. Iduladha tahun berikutnya penyembelihan hewan kurban dan pengabdian kepada masyarakat direncanakan akan tetap dilaksanakan di Kabupaten Pandeglang.

Salurkan Ribuan Paket Kurban

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid At-Taqwa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menyalurkan 1.100 paket daging kurban Iduladha 1445 H, Senin (17/6/2024).

Ketua Panitia Kurban Alfan Ramdhoni menyampaikan, pada tahun ini UMJ menerima sebanyak 14 ekor sapi dan 48 ekor kambing.

"Kami sudah menghitung, ada total 1.100 paket daging kurban terkumpul dan siap disalurkan kepada para mustahik," ungkap Alfan saat diwawancarai disela kegiatan penyembelihan hewan kurban.

Alfan mengatakan hewan kurban tersebut diterima dari instansi, warga, civitas academica UMJ dan program sedekah kurban yang dihimpun oleh Lembaga Pengkajian dan Penerapan Al-Islam dan Kemuhammadiyan (LPP-AIK) UMJ.

Alfan menjelaskan, penyaluran paket daging kurban diberikan kepada civitas academica, masyarakat sekitar UMJ serta warga persyarikatan Muhammadiyah.

Namun, penyembelihan dan pembagian tidak hanya dilakukan oleh DKM Masjid At-Taqwa saja. "Beberapa fakultas akan melakukan secara mandiri dan mendistribusikan di desa binaannya," tambah Alfan.

Penyembelihan hewan kurban di Masjid At-Taqwa melibatkan mahasiswa dan warga sekitar. Selain untuk menerima dan menyalurkan daging kurban selama perayaan Iduladha, kegiatan ini juga diharapkan dapat memperkuat tali silaturahmi antar warga dan civitas akademika UMJ.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih yang telah mempercayakan hewan kurbannya dan membantu penyembelihan ini," ucap Alfan.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Prof Dr Agus....

Suara Muhammadiyah

4 April 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Dalam keheningan malam di Tanrutedong, pada 22 Oktober 1958, lahirlah....

Suara Muhammadiyah

14 August 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka meningkatkan kompetensi seorang pemimpin, Majelis Pend....

Suara Muhammadiyah

25 September 2023

Berita

SULAWESI SELATAN, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah Sulawesi Selatan kembali menunjukkan komitmennya....

Suara Muhammadiyah

6 January 2024

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Kunjungan kehormatan diadakan di ruang rapat Gedung Dakwah Muhamm....

Suara Muhammadiyah

30 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah