Konsolidasi Organisasi Menguatkan Muhammadiyah Tetap Relevan Sepanjang Zaman

Publish

16 September 2024
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
83
Doc. Istimewa. Foto: Cris

Doc. Istimewa. Foto: Cris

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakarta Aris Madani mengatakan konsolidasi dalam sebuah organisasi sangat penting. Lebih-lebih di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah, menjadi sesuatu yang niscaya.

"Konsolidasi itu sangat penting bagi sebuah organisasi. Artinya proses menguatkan organisasi, termasuk di organisasi kita Muhammadiyah," ujarnya saat Konsolidasi Organisasi, Senin (16/9) di Ruang Aula Lantai 2 Kantor PDM Kota Yogyakarta.

Menurut Aris, konsolidasi berasal dari kata solid. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kata solid diartikan sebagai kuat, kukuh, dan berbobot. Dari akar kata ini, konsolidasi didefinisikan sebagai perbuatan (hal dan sebagainya) memperteguh atau memperkuat (perhubungan, persatuan, dan sebagainya).

"Mengkonsolidasikan artinya proses menguatkan organisasi Muhammadiyah agar semakin kuat," tuturnya.

Aris menegaskan, penguatan organisasi Muhammadiyah bukan hanya tumpuan tanggung jawab pimpinan semata. Tetapi, di saat bersamaan, juga menjadi tanggung jawab seluruh anggota. Maka, untuk memastikan organisasi Muhammadiyah tetap kuat, segenap pimpinan dan anggota Muhammadiyah harus bergerak bersama dalam menyatukan pandangan dan visi agar organisasi ini tidak tertinggal oleh kereta zaman yang semakin dinamik.

"Setiap individu (pimpinan dan anggota) di Muhammadiyah harus memiliki kesadaran untuk berkontribusi, baik dalam bentuk gagasan, tindakan, maupun pengabdian," terangnya.

Organisasi Muhammadiyah ke depan niscaya menghadapi tantangan dunia yang semakin berat dan kompleks. Organisasi cetusan KH Ahmad Dahlan yang lahir sejak tahun 1912 di Yogyakarta ini tidak boleh redup api semangat berorganisasi di akar rumput. Karena itu, seluruh pimpinan dan anggota, khususnya di cabang dan ranting, Aris mengajak untuk bergerak aktif dalam menjaga dan memperkuat Muhammadiyah.

"Cabang dan ranting adalah ujung tombak organisasi, mereka yang berada di garis terdepan dalam mengimplementasikan nilai-nilai perjuangan Muhammadiyah. Oleh karena itu, semangat berorganisasi di tingkat akar rumput harus terus ditumbuhkan dan dijaga agar organisasi ini tetap dinamis dan relevan," tegasnya. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Lazismu Sebagai salah satu lembaga yang berada di bawah Pimp....

Suara Muhammadiyah

10 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Menyongsong Pesta Demokrasi yakni Pemilihan Umum 2024, Pusat Studi ....

Suara Muhammadiyah

5 January 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Meningkatnya kasus tindak bullying yang marak di kalangan anak-anak, Tim ....

Suara Muhammadiyah

3 June 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Menggelar Upacara Harijadi Ke-65....

Suara Muhammadiyah

25 October 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Lembaga Career Development & Alumni Center (CDAC) Universitas Muhamm....

Suara Muhammadiyah

20 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah