Kolaborasi Prodi Profesi Bidan UMPP dan Puskesmas Doro I

Publish

2 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
124
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Persiapan Kesehatan Mental Ibu untuk Mendukung ASI Eksklusif

PEKALONGAN, Suara Muhammadiyah - Bertepatan dengan Pekan ASI Sedunia atau World Breastfeeding Week (WBW), Tim Pengabdian Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Puskesmas Doro 1 dengan topik Promosi Kesehatan Ibu Hamil dalam Mempersiapkan Kesehatan Mental pada Masa Nifas Untuk Mencapai ASI Eksklusif. 

Program ini melibatkan ibu hamil Trimester II - III di Wilayah Puskesmas Doro 1 sebanyak 20 ibu. Program ini dibuka oleh Kepala Puskesmas Doro I, Ibu Nur Sakinah, SKM. Beliau memberikan motivasi kepada ibu – ibu hamil untuk mempersiapkan diri dengan baik sehingga mampu memberikan ASI eksklusif pada bayinya.

"Kesehatan mental ibu memainkan peran krusial dalam keberhasilan menyusui, dan melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan bekal pengetahuan serta dukungan yang dibutuhkan ibu selama masa menyusui sehingga dapat menyusui eksklusif dengan nyaman dan bahagia," ujar Nur Intan Kusuma, SST., M.Keb selaku ketua tim kegiatan.

Tujuan kegiatan ini yaitu untuk memberikan pengetahuan terkait kesiapan psikologis masa nifas khususnya dalam pemberian ASI. Program ini terdiri dari sesi penyampaian materi, demonstrasi dan diskusi. Selain itu, sesi ini juga memberikan kesempatan kepada ibu hamil untuk berbagi pengalaman terkait menyusui pada anak sebelumnya sehingga diketahui pencapaian – pencapaian 

Materi yang diberikan diantaranya kesiapan psikologis masa menyusui, ASI eksklusif dan teknik menyusui yang benar serta pijat oksitosin. Materi disampaikan oleh Ns. Eka Budiarto, M.Kep.Ns, Sp.Kep.J, Nur Intan Kusuma, SST., M.Keb. dan Rini Kristiyanti S.SiT., M.Keb. Materi – materi tersebut diharapkan menjadi bekal bagi ibu untuk mampu memberikan ASI dengan baik serta meminimalkan masalah – masalah yang mungkin terjadi selama menyusui. Kesehatan psikologis ibu nifas dan menyusui menjadi hal yang penting diperhatikan agar produksi ASI menjadi lancar dan memungkinkan ibu untuk mampu memberikan ASI secara eksklusif. 

Program ini mendapat sambutan hangat dari para peserta, yang merasa terbantu dengan pengetahuan dan dukungan yang diberikan. Banyak ibu hamil menyatakan bahwa program ini sangat bermanfaat dalam mempersiapkan mereka untuk menghadapi masa nifas yang lebih sehat dan mengoptimalkan pemberian ASI eksklusif. Setelah akhir sesi materi para peserta juga menyatakan komitmen untuk berupaya memberikan ASI eksklusif.

Tindak lanjut dari program ini yaitu kunjungan rumah dan melakukan monitoring menyusui pada ibu yang sudah masuk masa nifas. Selain itu, akan dibentuk WhatsApp grup untuk para peserta sebagai wadah untuk diskusi, sharing pengalaman dan saling mendukung untuk memberikan ASI eksklusif.

Harapan yang sinergis dari Program Studi Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan dan Puskesmas Doro 1 agar cakupan pemberian ASI eksklusif meningkat dan tumbuh kembang bayi menjadi optimal sehingga dapat mencetak generasi – generasi berkualitas di masa yang akan datang. 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Abdul Razaq Fakhruddi....

Suara Muhammadiyah

12 September 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menerima tim evalua....

Suara Muhammadiyah

27 August 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Ketua Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) Pimpinan Pusat (P....

Suara Muhammadiyah

7 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Seekolah Muhammadiyah di lingkungan DIY melakukan kunjungan ke Grha....

Suara Muhammadiyah

28 November 2023

Berita

LAMTIM, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMK Muhammadiyah 1 Labuhan....

Suara Muhammadiyah

4 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah