KL Lazismu Pekuncen Distribusikan Dana Zakat

Publish

26 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
166
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah – Kantor Layanan (KL) Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Muhammadiyah (LazisMu) Pekuncen distribusikan dana zakat pada semester ke dua, Agustus 2024  sebesar dua puluh juta rupiah untuk asnaf  fakir miskin, amil dan fisabilillah. Kegiatan dilaksanakan seusai Tabligh Subuh yang disampaikan Direktur LazisMu Kabupaten Banyumas, Sabar Waluyo, S.E., M.M., pada Ahad (20 Saffar 1446 H/ 25 Agustus 2024) di masjid Saka Tunggal Darussalam Pekuncen, Banyumas. Dalam ceramahnya, antara lain disampaikan tata cara pembayaran zakat yang benar, yakni tidak diberikan secara langsung oleh Muzakki kepada mustahiq, melainkan disalurkan melalui badan amil yang amanah, profesional dan transparan seperti LazisMu. 

Ketua KL LazsiMu Pekuncen yang baru dipilih bulan lalu, Sodikin, M.Kes didampingi mantan Ketua KL LazisMu Pekuncen periode sebelumnya, R. Soedibyo menyerahkan bagian dana zakat berupa uang tunai secara simbolik kepada perwakilan dari asnaf fakir miskin dan amil, sedangkan Direktur LazisMu Kabupaten Banyumas menyerahkan secara simbolik kepada perwakilan ustadzah TPQ selaku asnaf fisabilillah.  

“Jumlah dana zakat yang didistribusikan pada semester ke dua tahun ini sebesar dua puluh juta rupiah. Diperuntukan kepada asnaf fakir miskin dalam bentuk bantuan modal usaha untuk membeli seperangkat alat cukur, bantuan pendidikan TK dan SD serta paket sembako dalam bentuk uang tunai,” terang Sodikin.

Sedangkan pendistribusian bagi para pegiat dakwah yang tergolong dalam asnaf fisabilillah, meliputi untuk bantuan marbot, bantuan honor ustadz/ah TPQ dan bantuan operasional persyarikatan. Rinciannya, untuk UMKM sebesar 2 juta rupiah, bantuan kegiatan pendidikan TK dan SD sebanyak 7 anak masing-masing Rp 300 ribu jumlahnya 2,1 juta rupiah, paket sembako dalam bentuk uang tunai untuk 50 asnaf fakir miskin sebesar 7,5 juta rupiah, untuk marbot sebanyak 9 orang, bantuan honor ustadzah sebanyak 17 orang dan bantuan operasional persyarikatan sebanyak 5,4 juta rupiah, sedangkan amil sebanyak 3 juta rupiah.

“Alhamdulillah pentasyarufan semester dua tahun 2024 sudah selesai. Langkah selanjutnya bendahara dan pihak terkait untuk segera melengkapi laporan ke LazisMu daerah.  Bismillah kita bersiap untuk melakukan agenda berikutnya terkait rapat kerja tahunan dan penentuan program kerja eksidental ataupun rutin,” pungkasnya. *(hamidin)  


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

OKU TIMUR, Suara Muhammadiyah - Kelompok 2 Angkatan 2 mahasiswa KKN STKIP Muhammadiyah OKU Timur ber....

Suara Muhammadiyah

8 October 2023

Berita

BANYUWANGI, Suara Muahmmadiyah - Eco Bhinneka Banyuwangi mengadakan Besuk Sungai untuk yang ket....

Suara Muhammadiyah

28 February 2024

Berita

PEKALONGAN, Suara Muhammadiyah - Program Studi Sarjana Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas M....

Suara Muhammadiyah

19 January 2024

Berita

Sebagai Media Bonding Terhadap Santriwan dan Santriwati Baru PEKALONGAN, Suara Muhammadiyah - Rabu,....

Suara Muhammadiyah

5 August 2024

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pengembangan Cabang Ranting dan Pembinaan Masjid (LPCRPM) Pimpin....

Suara Muhammadiyah

10 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah