KKN Nasional dan Internasional, LPPM Uhamka Lepas 55 Mahasiswa untuk Mengabdi

Publish

25 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
166
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) mengadakan kegiatan Pelepasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nasional dan Internasional yang diselenggarakan di Ruang Mini Theater I, Lantai 3, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uhamka, Kamis (25/7).

Kegiatan KKN yang dilaksanakan oleh mahasiswa Uhamka terbagi menjadi 3 yaitu 2 KKN Nasional yang mencakup KKN Tematik di Cipayung dan Bojonggede dan KKN Muhammadiyah Aisiyah (MAs) Surakarta serta 1 KKN Internasional di Malaysia Utara.

Kegiatan pelepasan dihadiri oleh Muhammad Dwifajri selaku Wakil Rektor IV Uhamka, Gufron Amirullah selaku Ketua LPPM Uhamka, apt. Ari Widayanti selaku Sekretaris LPPM Uhamka, apt. Hadi Sunaryo selaku Dekan Fakultas Farmasi Sains (FFS) Uhamka, Ari Khairurrijal Fahmi selaku Wakil Dekan III dan IV Fakultas Agama Islam (FAI) Uhamka, dan 55 Mahasiswa yang mengikuti KKN Nasional dan Internasional Uhamka.

Muhammad Dwifajri selaku Wakil Rektor IV Uhamka mewakili Rektor Uhamka mengapresiasi kegiatan KKN ini dan berharap kepada para mahasiswa untuk dapat memberikan kesan positif kepada masyarakat dan selalu menjaga nama baik Uhamka.

”KKN ini sangat positif dalam membantu masyarakat untuk membawa manfaat dalam menyelesaikan masalah di masyarakat dan menambah wawasan bagi para mahasiswa. Mahasiswa ini adalah duta Uhamka yang harus menjaga nama baik Uhamka dengan cara berakhlak yang baik sesuai dengan syariat Islam selama kegiatan. Buat jejak yang baik dan hasilkan kesan positif,” ucap Dwifajri.

Selain itu, apt. Ari Widayanti selaku Sekretaris LPPM Uhamka menyampaikan bahwa KKN ini terbagi menjadi 3 jenis KKN yaitu KKN Tematik, KKN MAs, dan KKN Internasional dimana 55 mahasiswa akan dibagi dan dikirim untuk memberikan pengabdiannya di daerah-daerah tempat KKN berlangsung.

“KKN ada 3 yang dilaksanakan yaitu KKN Tematik yang diikuti 17 orang dan berlokasi di Cabang dan Ranting Bojonggede dan Cipayung. Lalu, KKN MAs yang diikuti oleh 20 orang dan diselenggarakan di Surakarta yaitu di Sukoharjo dan Karang Hanyar dan terakhir adalah KKN Internasional yang diikuti oleh 18 orang dan dilaksanakan di wilayah Malaysia Utara,” ujar Ari.

Selanjutnya, Dina Amelia Putri selaku Mahasiswa FFS Uhamka yang mengikuti KKN Internasional di Malaysia, menyampaikan bahwa selama KKN nanti, para mahasiswa akan memberikan pengabdiannya melalui edukasi Kesehatan dan juga pendidik Islam bagi Masyarakat melalui mengajar mengaji.

“Dalam KKN nanti, kita akan mengedukasi Kesehatan di Masyarakat dan juga memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat serta mengadakan program mengajar mengaji kepada anak-anak Malaysia,” ucap Dina.

Selanjutnya, Ari Khairurrijal Fahmi selaku Wakil Dekan III dan IV FAI Uhamka berharap melalui kegiatan KKN ini, Mahasiswa dapat mempersiapkan dengan matang kegiatan ini terutama bagi mahasiswa yang mengikuti KKN Internasional dan juga selalu menjaga nama baik Uhamka.

“Bagi para mahasiswa KKN terutama yang mengikuti KKN di MAlaysia, harap belajar lebih lagi mengenai budaya luar dan jagalah sikap selama kegiatan karena kita membawa nama Uhamka dalam kegiatan ini,” pungkas Ari Kahirurrijal.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Irwan Akib mengatakan, orienta....

Suara Muhammadiyah

4 September 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. H....

Suara Muhammadiyah

19 December 2023

Berita

KOTAGEDE, Suara Muhammadiyah – Masjid Adz-Dzikra Cokroyudan Kotagede Yogyakarta menyelenggarak....

Suara Muhammadiyah

11 October 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Rapat Kerja Wilayah (RAKERWIL) dan Musyawarah Wilayah (MUSYWIL....

Suara Muhammadiyah

27 December 2023

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (PD....

Suara Muhammadiyah

10 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah