Kisah Al-Qur'an Inspirasi Mendidik Generasi

Publish

2 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
27
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Gerakan Subuh Mengaji Aisyiyah Jawa Barat dilaksanakan pada Senin, 2 September 2024. Dengan tema “Menanamkan Nilai Nilai Keislaman Melalui Kisah”. Dihadiri Hendri Johana ST., HI., MM Ketua Persaudaraan Pencerita Muslim Indonesia (PPMI) sebagai narasumber dalam kesempatan tersebut.

Dalam paparannya, Hendri mengatakan sebagai umat Islam harus bangga memiliki Al-Qur’an. Menurutnya Sebagai umat Muslim harus senantiasa mempelajari Al-Qur’an karena didalamnya mengandung kisah-kisah hebat yang belum banyak diketahui. 

“Tentunya kita patut bangga terhadap Al-Qur’an. Kita harus selalu mempelajari Al Qur’an dan memahami isinya. Sejatinya banyak hal yang kita tidak tau didalam Al-Qur’an terdapat kisah superhero-superhero yang sebenarnya,” katanya. 

Hendri mengungkapkan perbedaan superhero-superhero buatan eropa dan superhero yang sesungguhnya. Yang hal itu terdapat dalam kisah-kisah di Al-Qur’an.

“Nah, bedanya superhero eropa adalah superhero buatan (palsu) karena itu hanya buatan manusia. Sedangkan superhero yang asli adalah superhero di dalam kisah Al-Qur’an. Superhero yang bisa memberikan inspirasi dan contoh yang nyata untuk kita dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan terkait arti per huruf dari kata “kisah” itu sendiri. Menurutnya arti kata kisah itu memiliki komponen kata K, kinestetik yang berarti gerak. 

“Ini adalah sebuah konsep, yang memformulasikan pola seperti ini di dalam kisah itu sendiri,” tutur Hendri.

“Kisah terdiri dari K, kinestetik atau yang berarti gerak. I, interection atau yang berarti interaksi positif. S, sound atau yang berarti suara. A, auditory atau yang berarti mendengar. H, holy in soul atau yang berarti kemurnian jiwa,” jelasnya.

Hendri menegaskan, sebagai umat Islam harus bisa menerapkan kisah-kisah yang terkandung didalamnya Al-Qur’an dalam mendidik anak-anak generasi penerus bangsa. Menurutnya kisah-kisah didalam Al-Qur’an menjadi inspirasi untuk mendidik generasi bangsa hari ini. 

“Kita harus bisa berkisah, kisah yang begitu banyak harus dibatasi dengan kisah-kisah tertentu dengan berbagai kisah tersebut. Gimana caranya anak-anak kita menjadi baik dan menjadi indah,” pungkasnya. (Alle)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Organisasi sosial kemasyarakatan berbasis agama harus memilik....

Suara Muhammadiyah

29 April 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uha....

Suara Muhammadiyah

4 June 2024

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Siswa dan siswi SMA Negeri 2 Cilacap yang di wakili oleh Pembina dan P....

Suara Muhammadiyah

29 March 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Manggala dalam bulan suci Ramadhan....

Suara Muhammadiyah

18 March 2024

Berita

METRO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Metro sukses adakan M....

Suara Muhammadiyah

25 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah