Kepala Distrik Waisai Sorong Apresiasi KKN 3T Mahasiswa Muhammadiyah

Publish

29 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
133
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SORONG, Suara Muhammadiyah –Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tertinggal, Terdepan, Terluar (3T) di wilayah Distrik Kota Waisai, Raja Ampat, Papua Barat yang dilakukan secara kolaborasi antara Universitas Muhammadiyah Sorong (UNAMIN) dengan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), menurut pengakuan Kepala Distrik Kota Waisai, Alfred Edison Suruan, S.STP, itu memberikan kesan sangat baik. Hal itu disampaikannya melalui wawancara salah seorang mahasiswa peserta KKN 3T, Zara Idea ketika ditemui dalam agenda serah terima laporan kegiatan, pada Kamis (18 Shafar 1446 H / 22 Agustus 2024) di kantornya.  

“Dalam pelaksanaan program, bagi kami pemerintah distrik dan kelurahan memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih karena kolaborasi ini memberikan manfaat yang baik. Bagi kami pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat, khususnya wilayah Distrik Kota Waisai dan empat kelurahan. Semoga dalam pelaksanaan kegiatan KKN ini bisa diteruskan program kerja sama untuk tahun-tahun yang akan datang,” kata Edison berharap.

Kebermanfaatan yang dimaksudnya, seperti adanya TPQ Ceria itu merupakan program yang dilaksanakan secara rutin di waktu-waktu yang sudah ditentukan yaitu setelah maghrib di beberapa masjid di Kota Waisai. Kegiatan ini melibatkan anak-anak di seputaran Kota Waisai. Selain itu terkait dengan program kegiatan Fun English, kebetulan di wilayah Raja Ampat ini termasuk sebagai wilayah destinasi atau daerah-daerah kunjungan wisata. Di daerah ini  memang diwajibkan bagi generasi saat ini untuk menguasai komunikasi Bahasa Inggris. 

“Bagi kami ini merupakan program yang sangat tepat, karena memberikan edukasi  yang baik bagi generasi muda  baik yang ada di sekolah dasar, sekolah menengah pertama maupun SMA. Atas nama pemerintah, sebagai Kepala Distrik kami memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang besar bagi UNAMIM Sorong dan UMP, khususnya mahasiswa yang hari ini melakukan KKN di wilayah Distrik Kota Waisai tahun 2024,” pungkasnya.  

Selaku Dosen Pendamping Lapangan bagi 9 mahasiswa UMP di wilayah Kelurahan Waisai Kota dan Sapordanco Kabupaten Raja Ampat, adalah Dr. Ugung Dwi Ario Wibowo, S.Psi., M.Si. Adapun kesembilan mahasiswa peserta KKN yang dimaksud; Mitsqola Dzarratin Idea F.M., Intan Sakina Ramadhani, Robinda, Muhammad Naufal Harnanda, Riefqiani Zahratul Izza, Aissyah Wahyu Ningrum, Gina Apriani Pangesti, Muhamad Iqbal Pahlevi, dan Istigfarha Qolbiya Sirfefa.

Dikatakan Zara Idea, sejumlah program yang telah dilaksanakan selama kurang dari sebulan berada di lokasi KKN, sejak Selasa – Sabtu (30 Juli – 24 Agustus 2024), meliputi Program Kerja Kelompok di Waisai Kota meliputi Edukasi Pentingnya Bahasa Inggris, Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat; Penyuluhan Kenakalan Remaja dan Raih Masa Depan Cerah; serta Fun English. Sedangkan Program Kerja Kelompok di Kelurahan Sapordanco, meliputi Penyuluhan Apoteker Cilik dan Pengenalan Obat Sejak Usia Dini, Edukasi Cyberbullying dan Media Sosial, Pencegahan Bullying Memahami Perilaku Merusak, Edukasi Memahami Media Sosial di Era Digital pada Gen Z. 

“Selain itu ada program kerja wajib, yakni Gerakan Salat Subuh Berjamaah, Nata’allam dan TPQ Ceria. Sedangkan program tambahan seperti Bakti Kita, Kerja Bakti Gembira, Bantu Bersama Kelurahan, Pemasangan Umbul-umbul serta kegiatan dalam memeriahkan peringatan HUT ke 79 Republik Indonesia, seperti ikut carnaval dan lomba-lomba,” papar mantan Ketua PR IPM Ranting MBS Zam-Zam selama dua periode.  

Terkait kegiatan Nata’allam, lanjut mahasiswi Psikologi UMP, itu dibentuk atas dasar kebutuhan di daerah Waisai kota sekitar kantor kelurahan yang minim akan pengajar untuk TPQ. Kegiatannya bernama TPQ Ceria yang dilaksanakan secara rutin setiap setelah maghrib di Masjid  Miftahul  Jannah. Tujuannya guna  memfasilitasi  anak-anak  di  sekitaran  Waisai  Kota dalam  pengetahuan  dan pendidikan agama Islam. 

Ketua KKN UMP, Dr. Bunyamin Muchtasjar, S.T., M.T.,  menyampaikan bahwa KKN 3T merupakan media pembelajaran di lapangan yang sangat dinanti oleh masyarakat.Kegiatan ini juga menjadi kegiatan yang ditunggu oleh mahasiswa sebagai bagian dari menuju wisuda sarjana. Diharapkan, dengan KKN 3T UMP melalui mahasiswa KKN untuk membangun negeri. (Zara/ hamidin)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 12 siswa dan 2 pendamping SMP Muhammadiyah 7 Yogyaka....

Suara Muhammadiyah

6 May 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas `Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta, bekerjasama dengan Kement....

Suara Muhammadiyah

6 November 2023

Berita

LUWU, Suara Muhammadiyah - Dalam respons solidaritasnya terhadap bencana banjir yang melanda Lu....

Suara Muhammadiyah

13 May 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Pertama kali dalam sejarah Pemuda Muhammadiyah Sulsel, Ketua te....

Suara Muhammadiyah

28 April 2024

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM....

Suara Muhammadiyah

5 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah