"KeGILAan" Mewujudkan Sekolah Muhammadiyah yang Berkualitas

Publish

25 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
290
Istimewa

Istimewa

Ketua PP Muhammadiyah Irwan Akib Resmi Menutup Diksuspala Rayon 3 Sumatera

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - kegiatan Diklat Kepemimpinan Sekolah (Diksuspala) yang diselenggarakan oleh Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pendidikan Nonformal (PNF) Rayon 3 Sumatera, yang meliputi Riau, Kepulauan Riau, dan Sumatera Barat, resmi ditutup. Kegiatan ini dihadiri oleh para Kepala Sekolah Muhammadiyah peserta. 

Dalam amanat penutupan, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Irwan Akib berpesan agar Kepala Sekolah Muhammadiyah perlu memiliki semangat yang dikenal dengan istilah "KeGILAan," yang mencakup sifat Gigih, Ikhlas/Inspiratif, Loyal, dan Amanah. 

"Impian KeGILAan tidak selalu bisa langsung diterima oleh orang-orang yang berpikir dan bertindak biasa-biasa saja, tetapi saatnya akan tiba ketika mereka menyadari bahwa apa yang kita impikan ternyata benar adanyaadanya," ungkap Irwan Akib di Pekanbaru, Ahad (25/8/2024). 

Lebih lanjut, disampaikan bahwa impian atau visi besar, meskipun pada awalnya sulit diterima oleh orang-orang yang berpikir dan bertindak secara biasa saja, akan terbukti kebenarannya seiring berjalannya waktu. Kepala sekolah diharapkan mampu mewujudkan mimpi tersebut dengan kerja keras dan dedikasi.

Sekolah Muhammadiyah juga diharapkan mampu mempersiapkan generasi muda untuk memasuki era Indonesia Emas. Generasi emas ini tidak hanya dituntut cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki kekuatan iman, akhlak yang agung, serta mampu menciptakan karya-karya positif yang bermanfaat bagi masyarakat.

Selain itu, tambah Guru Besar Pendidikan Matematika itu, keberhasilan pendidikan nasional, termasuk pendidikan di Muhammadiyah, tidak cukup diukur dari segi akademik saja. Pendidikan nasional dianggap berkualitas jika berhasil melahirkan generasi yang mampu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dan agama dalam kehidupan sehari-hari.

"Keberhasilan pendidikan nasional, termasuk pendidikan Muhammadiyah, tidak cukup diukur dari sisi akademik semata. Pendidikan nasional dianggap berkualitas jika mampu melahirkan generasi yang dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dan agama dalam kehidupan," imbuhnya. 

Di akhir amanatnya, Irwan Akib berharap agar para peserta terus menjaga dan memelihara semangat untuk mengawal pendidikan Muhammadiyah yang berkualitas.

"Kepada kepala sekolah yang telah mengikuti Diksuspala diharapkan dapat menerapkan ilmu dan wawasan yang telah diperoleh untuk memajukan sekolah masing-masing, serta berperan aktif dalam mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas," pungkasnya. (Rpd) 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof Dr H....

Suara Muhammadiyah

19 July 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Irwan Akib, MPd meng....

Suara Muhammadiyah

18 July 2024

Berita

KARTASURA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Kartasura melakukan pendataan partisi....

Suara Muhammadiyah

26 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mendorong upaya penurunan angka stunting di Indonesia, Pimpinan Pus....

Suara Muhammadiyah

22 December 2023

Berita

ASAHAN, Suara Muhammadiyah - Bertempat di lapangan kompleks Perguruan Muhammadiyah Mutiara Asahan, k....

Suara Muhammadiyah

18 August 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah