HW Teladan SD Muhammadiyah Condongcatur Go Internasional

Publish

19 August 2024
hw
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
614
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Kirim 17 Ikuti International Scout Camp di Thailand 

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – SD Muhammadiyah Condongcatur kembali berhasil meneguhkan diri sebagai sekolah berwawasan internasional. Kali ini sebanyak 17 kader Hizbul Wathan (HW) SD Muhammadiyah Condongcatur dikirim untuk mengikuti International Scout Camp di Thailand pada 20 – 28 Agustus 2024.

Pelepasan peserta Kemah Tingkat International tersebut dilaksanakan dalam upacara di Lapangan SD Muhammadiyah Condongcatur, Senin (19/8/2024). Ketua Kwartir Pusat (Kwarpus) HW Edy Prajaka langsung menjadi inspektur upacara sekaligus memberikan apresiasi atas prestasi ini dan menyampaikan arahan kepada kader-kader terbaik yang mewakili Indonesia tersebut. 

“Selamat kepada SD Muhammadiyah Condongcatur yang alhamdulillah terpilih untuk mengikuti International Scout Camp di Thailand. Harapan saya semoga siswa dapat menambah wawasan, menunjukkan karakter unggul pandu Hizbul Wathan sekaligus bisa beradaptasi dengan lingkungan,” ungkap Ramanda Edy.

Dirinya berpesan dalam ajang internasional tentu terdapat perbedaan budaya dan lingkungan yang sudah berbeda. Oleh karena itu, kader HW Teladan ini membawa nama baik marwah Kepanduan Hizbul Wathan sekaligus Persyarikatan Muhammadiyah dan Bangsa Indonesia. “Maka kemudian apa yang didapatkan di sana bisa dibawa ke SD Muhammadiyah Condongcatur dan dapat diaplikasikan," tambahnya. 

Turut hadir tamu undangan yang istimewa sekaligus memberikan apresiasi. Diantaranya Kwartir Wilayah Hizbul Wathan DI Yogyakarta, Wakil Ketua PDM Sleman yang membidangi Majelis Dikdasmen Abdul Kasri, Kwartir Daerah Hizbul Wathan Kabupaten Sleman, Ketua PCM Depok M Ikhsan, hingga Majelis Dikdasmen PCM Depok.

SD Muhammadiyah Condongcatur mengirim satu tim dalam International Scout di Thailand dan menjadi satu-satunya perwakilan dari sekolah dasar. Wakil Hizbul Wathan lainnya yaitu Madrasah Mu'allimin dan Madrasah Mu'allimaat Yogyakarta.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Condongcatur Sulasmi, SPd turut berbangga kepada para siswa dan kader HW Teladan ini. “Semoga ananda semuanya menjadi kader Hizbul Wathan sejati, yang bisa membawa nama besar SD Muhammadiyah Condongcatur maupun nama besar Indonesia. Ikuti dengan baik, mudah-mudahan bisa memotivasi kita semuanya dan bisa mengikuti lagi di waktu-waktu berikutnya dan tercipta lagi Pandu Teladan yang handal,” ungkapnya. 

Delegasi HW SD Muhammadiyah Condongcatur tersebut dari yang putra yaitu Ahmad, Hugo, Alif, Hanif, Ammar, Abhi, Fachri, Putra, Idlan, dan Adrian. Untuk kader putri yaitu Naira, Queensha, Amirah, Ayesha, Edel, dan Malaika.

SD Muhammadiyah Condongcatur merupakan sekolah yang memiliki Pandu Teladan Pertama di Indonesia. Pandu Teladan merupakan para kader terpilih HW yang memiliki kecakapan dan persyaratan unggul diantaranya telah cakap dalam syarat kenaikan tingkat purwa, madya, dan utama, menguasai 8 syarat kecakapan pandu, menguasai bahasa asing yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris hingga mampu menjadi teladan dalam pasukan dan kepanduan Hizbul Wathan. (Riz)

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir pada Selas....

Suara Muhammadiyah

19 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Masjid Husnul Khotimah Peleman, Tamantirto, Bantul, DIY menjadi sak....

Suara Muhammadiyah

28 February 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara akan mengukuhkan empat guru besa....

Suara Muhammadiyah

11 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pada tahun 2024 ini, American Corner (Amcor) Universitas Muham....

Suara Muhammadiyah

17 July 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Antusiasme warga Muhammadiyah dukung timnas Indonesia di Piala Asi....

Suara Muhammadiyah

30 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah