Health is Not Everything, But Without Health Everything is Nothing

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
90
Gerakan Subuh Mengaji PDA Jawa Barat

Gerakan Subuh Mengaji PDA Jawa Barat

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Gerakan Subuh Mengaji telah memasuki tahun ke-4. Ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Bandung. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan dapat disaksikan pada saluran YouTube TvMu. Memasuki edisi ke-206 ini, dibawakan oleh Prof Dr Djamaluddin Darwis, MA sebagai narasumber dengan tema Kesehatan Adalah kekayaan Utama.

Kesehatan adalah kebutuhan dan kekayaan bagi manusia. Karena perjalanan hidup  manusia tanpa kesehatan akan terkendala di sebagian perjalanannya. Menurut Darwis, kesehatan memiliki beberapa bidang. Kesehatan mental, fisik, dan sosial. “Dan ternyata kesehatan itu tidak hanya physical health, but also mental and social health,” ujarnya saat mengawali majelis pada Jumat (2/8).

Kesehatan adalah kekayaan sesungguhnya yang harus disadari dan disyukuri oleh manusia. Ia mengatakan bahwa Kesehatan bukanlah segalanya, akan tetapi tanpa kesehatan semuanya tidak berarti. “Health is not everything, but without health everything is nothing,” ucapnya.

Sebagai hamba Allah, Al-Qur’an merupakan suatu pedoman bagi umat Islam. Didalamnya terdapat petunjuk bagi kehidupan manusia. “Jadi apa yang Allah firman, maka itu pegangan hidup kita. itulah kitab, yang tidak dapat diragukan kebenarannya,” ucapnya.

Maka ketika pribadi mengetahui agamanya dengan baik, Ia akan selalu mendapatkan rahmat-Nya. Ia menegaskan bahwa langkah berikutnya adalah bersyukur terhadap pemberian Allah. Darwis mengutip HR Bukhari nomor 6412, dari Ibnu ‘Abbas. “Ada dua kenikmatan yang banyak manusia terlengah, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia menegaskan bahwa manusia harus selalu bersyukur dengan pemberian Allah. Kekayaan bukanlah uang semata, akan tetapi kesehatan dan kebahagian pribadi yang utama. “Setelah kita mengenal Allah yang maha pemurah lagi maha pengasih, maka langkah berikutnya adalah hanya bersyukur pada Allah. Alhamdulillah hirobbil alamin,” ujarnya.

Kesehatan merupakan kekayaan manusia yang utama. Dengan kesehatan, manusia bisa memberikan kehidupan yang lebih baik dan akan merasakan arti kebahagiaan yang sesungguhnya. (fab/diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANJARMASIN, Suara Muhammadiyah - Untuk mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan Syariah ....

Suara Muhammadiyah

22 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dan Universitas Ahmad Dah....

Suara Muhammadiyah

12 February 2024

Berita

Memasuki usianya yang ke-56, Sekolah Prestasi SD Muhammadiyah 11 Surabaya lebih dikenal SD MuhlaS me....

Suara Muhammadiyah

8 January 2024

Berita

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting Muhammadiyah Rongkop menggelar pembekalan penguru....

Suara Muhammadiyah

19 November 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Rapat Kerja (Raker) Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Jebres ....

Suara Muhammadiyah

6 September 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah