Giat LAZISMU DIY, Salurkan 29 Beasiswa dan Berdayakan UMKM

Publish

6 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
75
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – LAZISMU Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali menyalurkan dana bantuan Beasiswa Sang Surya pada 29 mahasiswa Perguruan Tinggi di DIY. Beasiswa ini diberikan melalui beasiswa perkaderan dan dhuafa di mana mahasiswa akan dibimbing dan dibina selama satu tahun.

Penyerahan dana bantuan ini berlangsung di Gedung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah  (PWM) DIY yang dihadiri oleh Badan Eksekutif LAZISMU wilayah, pimpinan wilayah Muhammadiyah DIY, dan peserta penerima beasiswa Sang Surya bacth 3.

Dalam acara disampaikan bahwa Beasiswa Sang Surya akan melibatkan Majelis, Lembaga, dan Ortom PWM DIY terkait pendampingan para penerima beasiswa tersebut. Pendampingan meliputi perkaderan, akademik, hingga peningkatan softskill.

“Untuk besiswa LAZISMU DIY ada 2 jenis yaitu beasiswa kader dan dhuafa dengan dana penyaluran yang tidak full dimana hanya membantu meringankan keuangan dari sisi kuliah,” ujar Eka Yuhendri, S.H.I., M.H. selaku sekretaris LAZISMU DIY, Rabu (04/09).

Pemberdayaan yang dilakukan peserta penerima beasiswa mengikuti berbagai pelatihan yaitu pelatihan keorganisasian, pendalaman keislaman dan kemuhammadiyahan, hingga pelatihan digital fundraising.

“Kami akan melakukan pembinaan secara langsung, dengan harapan bisa berjalan secara rutin untuk satu tahun kedepan dan tidak terlepas dari Al islam dan Kemuhammadiyahan (AIK), kezakatan, LAZISMU, pemberdayaan, distribusi, dan lain sebagainya,” tambahnya.

Selain itu,LAZISMU DIY akan melibatkan para penerima beasiswa untuk terjun secara tidak langsung maupun langsung dalam kegiatan filantropi baik dalam penghimpunan, pemberdayaan, dan bakti sosial dalam masyarakat. 

Salah satu penerima beasiswa Sang Surya, Fatiha Amalia Rahma mahasiswi UIN Sunan Kalijaga menyampaikan bahwa mendapatkan beasiswa ini akan lebih mempermudah dalam kuliah dan juga mengharapkan setelah ini dapat memberikan kontribusi banyak ke dalam masyarakat maupun LAZISMU DIY dengan mengimplementasikan ilmu versi terbaiknya.

Dorong Pemberdayaan UMKM 

Agenda lainnya, LAZISMU DIY melaksanakan kegiatan pelatihan kewirausahaan dengan tema “Pelatihan Bisnis Retail”. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program pemberdayaan UMKM yang mana program kolaboratif antara Lazismu DIY dengan LPUMKM PWM DIY, BPRS HIK MCI, BMT Dana Insani,  LPCR PWM DIY.

Pelatihan tersebut disambut antusias oleh para peserta, karena selain dihadiri oleh 4 orang pemateri yang hebat yaitu Mushoniful Agustian, S.E. selaku direktur BPRS HIK MCI dengan materi yang dibawakan tentang Sosialisai HIK MCI, Agus Yulianto, S.Pd ketua LPCR PWM DIY dengan tema Penguatan Gerakan Jamaah.

Kemudian yang ketiga dibawakan langsung oleh ketua LPUMKM PWM DIY Farid Ma’ruf, Phd yang mana didampingi oleh pemilik pamela yaitu Himmatun Nafida selaku Assistant General Manager Pamella Supermarket mengenai manajemen toko ritail (LP UMKM PWM DIY) serta presentasi dari tiap toko pelaku usaha bisnis ritel muhammadiyah dan sebagai penutup dibawakan materi oleh Dedi Heri Sutendi selaku ketua bidang 2 MPM PWM DIY dengan tema Mindset Wirausaha.

Acara ini dilaksanakan di Gedung BMT Dana Insani dihadiri oleh perwakilan Lazismu DIY, LPUMKM PWM DIY, LPCR PWM DIY,  dan peserta pelatihan yang merupakan para penerima dana bantuan program Pemberdayaan UMKM. Peserta pelatihan merupakan UMKM binaan dari 4 daerah yang berbeda, yaitu UMKM binaan Semanu , UMKM binaan Piyungan, UMKM binaan PCM Wonosari, dan UMKM binaan PCM Ponjong.

Dalam sambutan, Direktur BMT Dana Insani Kurniawan Fahmi, M.P. mengucapkan terima kasih dan harapanya terkait program ini supaya bisa bersinergi dan menjadi yang terdepan.

“Dalam mengelola bisnis memang sangat menarik namun bisnis bergantung pada tiga hal. Yang pertama adalah system yang baik, kedua adalah Sumber Daya Manusia atau SDM yang berkualitas dan berintegritas, dan yang ketiga adalah keuangan dimana harus bisa membedakan antara dana pribadi atau perusahaan,” ujarnya.

Jefree Fahana, S.T., M.Kom selaku Ketua LAZISMU DIY menyampaikan terima kasih kepada seluruh lembaga yang terlibat terutama kepada BMT Dana Insani yang sudah memfasilitasi acara pelatihan ini. 

“Terima kasih kepada semuanya yang sudah terlibat dalam acara ini dan saya harap dengan adanya acara ini peserta bisa mengambil apa yang disampaikan dengan seksama untuk mewujudkan UMKM Muhammadiyah yang lebih baik serta berkemajuan sehingga setiap tahunnya kita mengadakan evaluasi dan sususnan rencana kedepannya agar selalu bertumbuh,” ungkapnya.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) U....

Suara Muhammadiyah

27 August 2024

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - RS Islam PKU Muhammadiyah Palangka Raya pada hari Sabtu, 18 Syawa....

Suara Muhammadiyah

29 April 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kapanewon Kasihan menggelar acara Pen....

Suara Muhammadiyah

12 May 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Majelis Pembinaan Kader (MPK) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Jawa Ba....

Suara Muhammadiyah

26 March 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung bersama Brain IPB menggela....

Suara Muhammadiyah

16 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah