Fasilitas Makin Lengkap, UMJ Resmikan Rusunawa

Publish

30 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
152
Pengguntingan Pita secara simbolis

Pengguntingan Pita secara simbolis

Oleh Menko PMK Muhadjir Effendy (,kedua dari kanan) Menteri PUPR Basuki Hadimuljono,(kanan) Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti,(kedua dari kiri) dan Rektor UMJ Ma'mun Murod Al-Barbasy (kiri) di halaman depan Rusunawa UMJ, Jumat (30/8/2024) (Foto: KSU/ M.Haekal Fahmi)

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK RI) Prof. Muhadjir Effendy, M.A.P., meresmikan Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), pada Jumat (30/8/2024).

Acara dibuka dengan penampilan rampak bedug dari SMA Muhammadiyah 8 Ciputat. Pembangunan Rusunawa UMJ dimulai sejak tahun 2022 hingga 2023 sebagai bagian dari hibah yang diberikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Indonesia. 

Hibah ini merupakan bagian dari program nasional yang bertujuan untuk mendukung pendidikan tinggi melalui penyediaan fasilitas hunian bagi masyarakat. Dalam periode 2022 hingga 2024, telah dibangun 12 Rusunawa di berbagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) di seluruh Indonesia.

Rusunawa UMJ terdiri dari satu tower dengan tiga lantai, dilengkapi dengan PSU (power supply unit) dan meubelair. Bangunan ini memiliki kapasitas hunian sebanyak 36 unit, sehingga dapat menampung hingga 140 orang. Fasilitas ini diutamakan untuk mahasiswa yang terlibat dalam program Soccer Boarding School (SBS) dan penerima beasiswa, yang akan tinggal di Rusunawa ini selama masa studi mereka.

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan batu prasasti oleh Menko PMK Prof. Dr. Muhadjir Effendy yang didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dr. (H.C.) Ir. H. Mochamad Basuki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D., serta Rektor UMJ, Prof. Dr. Mamun Murod Al-Barbasy, M.Si.

Dalam sambutannya, Menko PMK Muhadjir Effendy mengucapkan selamat atas peresmian Rusunawa UMJ dan menyampaikan terima kasih atas dukungan Kementerian PUPR terhadap Muhammadiyah. Menurutnya, pembangunan ini sangat bermanfaat sehingga ia mendorong adanya penambahan satu unit Rusunawa lagi. "Mudah-mudahan UMJ masih mendapat rezeki untuk penambahan lagi," kata Muhadjir, yang juga Ketua PP Muhammadiyah.

Menanggapi hal tersebut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan akan segera menambah satu unit Rusunawa bagi UMJ. Ia mengatakan bahwa salah satu program PUPR adalah membantu pembangunan prasarana pendidikan. "Kita akan tindaklanjuti mulai tahun ini, semua ini demi untuk membangun kualitas pendidikan," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PMK dan PUPR atas bantuan pembangunan Rusunawa bagi UMJ. Ia menjelaskan bahwa Rusunawa ini akan digunakan untuk program SBS yang berada di bawah binaan UMJ, program yang lebih dikenal sebagai pesantren sepak bola. Program ini akan menampung siswa dari jenjang SMP, SMA, hingga mahasiswa yang mendapatkan beasiswa. Mereka akan fokus pada pendidikan formal dan pelatihan sepak bola.

Rektor UMJ juga berharap agar bantuan untuk pembangunan satu unit Rusunawa tambahan dapat segera terealisasi, guna memastikan program yang telah direncanakan dapat berjalan secara maksimal. "Di lingkungan PTMA, kami mempunyai asosiasi pengelola Rusunawa. UMJ menempati urutan pertama dengan pengelolaan Rusunawa terbaik. Tentunya kami berharap Pak Basuki bisa menambah satu Rusunawa lagi," terangnya.

Menurut keterangan Direktur Jenderal Perumahan, Iwan Supriyanti, Kementerian PUPR telah membangun 2.300 tower Rusunawa di seluruh Indonesia, termasuk 12 Rusunawa yang diberikan kepada Muhammadiyah selama periode 2022 hingga 2024, berlokasi di DKI Jakarta, Yogyakarta, Riau, Sulawesi Tengah, Selatan, dan Tenggara. "Kami menyadari pendidikan berkualitas tidak hanya menciptakan ruang kelas yang baik, namun juga lingkungan untuk mendukung pengembangan diri mahasiswa," pungkasnya.

Acara ditutup dengan penampilan band Goes Plus yang didirkan oleh  Prof. Agus Suradika yang merupakan guru besar UMJ. Turut bernyanyi bersama Dr. Basuki Hadimoeljono serta Prof. Muhadjir Effendy, M.A.P, Rektor dan BPH UMJ.

Peresmian Rusunawa turut disaksikan oleh Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UMJ Prof. Dr. Abdul Mu'ti, M.Ed., para Wakil Rektor, Dekan, dan mahasiswa UMJ.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KATINGAN, Suara Muhammadiyah - Musim kemarau yang melanda beberapa daerah di Indonesia, dan salah sa....

Suara Muhammadiyah

11 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Di ruangan berpendingin. Meja dan kursi tersusun melingkar di tenga....

Suara Muhammadiyah

20 January 2024

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Hadir kembali, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) se-Surabaya dalam ....

Suara Muhammadiyah

15 June 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah- Dua siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menyab....

Suara Muhammadiyah

12 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X men....

Suara Muhammadiyah

29 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah