Dukung Mahasiswa Farmasi UMPP Maju Duta Genre Nasional

Publish

5 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
207
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PEKALONGAN, Suara Muhammadiyah - Ilham Fathu Rohman merupakan salah satu mahasiswa Program Studi Sarjana Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) berprestasi. Ilham terlahir di Pekalongan, 19 Agustus 2002 dari sepasang orang tua Ibu Wati Gemi dan Bapak Sishandriyo. Ilham berdomisili di Kabupaten Pekalongan mewakili Duta Genre Provinsi Jawa Tengah untuk maju menjadi finalis duta genre nasional yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus 2024 mendatang. 

Meskipun aktif berorganisasi di Himpunan Mahasiswa Farmasi (HIMAFARSI), Ilham dapat mempertahankan IPK 3,5 di tengah kesibukannya menjadi duta genre sejak tahun 2022. Berikut yang didapat oleh Ilham Duta Perpustakaan UMPP 2023, Juara 1 Duta Kampus UMPP 2022, Juara 1 Duta Genre Kota Pekalongan 2022, Juara 2 Duta Genre Provinsi Jawa Tengah, dan Finalis Duta Genre Nasional 2024.

Dalam menjalankan aktivitasnnya sebagai duta genre, Ilham memiliki program unggulan yakni Genre BAGASKARA #genrebagaskara. Program unggulan ini ditargetkan pada remaja agara remaja mampu bertahan hidup dan dapat melanjutkan kehidupan yang cemerlang. 

Genre adalah kepanjangan dari Generasi Berencana merupakan sebuah program dari BKKBN yang di khususkan untuk remaja dalam hal mempersiapkan diri agar mampu menghadapi 5 transisi kehidupan. 

Ternyata, Ilham sudah aktif dari remaja saat usia 16 tahun. Berawal saat masih remaja, Ilham memulai aktivitas Desa Bulaksari Kecamatan Sragi. Sejak remaja awal, Ilham selalu berusaha berdedikasi didalam masyarakat, diawali menjadi dari bagian karangturuna di desanya, di usia 16 tahun waktu itu duduk dibangku SMA, didalam itu Ilham mulai mengenali diri, mulai mengikuti berbagai ajang kreativitas dan ajang lainya yang bertujuan untuk mengembangkan diri. Dari mengikuti ajang tersebut Ilham bersyukur karena membuahkan hasil yang memuaskan dari proses yang dilalui.

Selanjutnya Ilham masuk di dunia perkuliahan, kala itu tahun 2021,  melanjutkan pendidikan di UMPP, salah satu universitas yang ada di Pekalongan dan mengambil jurusan farmasi. Anugerah terbesarnya adalah ketika menjuarai lomba Duta Kampus UMPP di tahun 2022 yang diadakan oleh PIK-Ma Sahabat di Kota Pekalongan. Tidak berhenti disitu saja, Ilham berjuang kembali di tingkat wilayah, yaitu melaju di tingkat Kota Pekalongan membawa nama baik UMPP, dan bersyukur kembali mendapatkan juara 1 Putra dalam ajang tersebut.

Berlanjut lagi di tahun 2023, tepatnya pada bulan Maret, Ilham melanjutkan perjuangan untuk maju ditingkat Provinsi Jawa Tengah. Berbagai tantangan dan proses yang dilalui  membuahkan hasil dengan kembali membawa nama baik Kota Pekalongan dan UMPP, yaitu mendapatkan hasil yang tak terduga yaitu menjadi juara 2 dalam ajang Apresiasi Duta Genre Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2023. Ilham pun mendesain tas be-ren-cana untuk memudahkan sosialisasinya dalam aktivitas duta genre, dan telah mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, seperti Bu Nur Izzah Rektor UMPP, Bu Inggit Ketua PKK Kota Pekalongan.

“Suka dan duka telah terlewati, termasuk tidak banyak orang tau, betapa lelahnya saya dalam berproses, betapa banyaknya tantangan yang saya hadapi untuk bisa berada diposisi sekarang ini,” kata Ilham. 

Setelah berproses dan melakukan pengabdian di lingkunga UMPP dan Kota Pekalongan kurang lebih selama 2 tahun, alhamdulillah ditahun 2024 Ilham diberikan amanah untuk mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam Ajang Kreativitas dan Jambore  Duta Genre ditingkat nasional yang rencana akan dilaksanakan di Provinsi Bali. Harapannya dengan proses dan perjuangan yang telah dilalui sebelumnya, mampu menjadi bekal saya nantinya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, selain itu tentunya dengan doa dan dukungan dari seluruh masyarakat di Provinsi Jawa Tengah kepada Ilham. 

Dukung Ilham dengan cara follow akun instagram @fathu.19 dan @my.umpp untuk informasi terbaru tentang Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Demisioner IMM Telkom University IMMawan Muhammad Galih Wonos....

Suara Muhammadiyah

7 June 2024

Berita

LAMPUNG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tuba....

Suara Muhammadiyah

16 September 2024

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Ka....

Suara Muhammadiyah

29 December 2023

Berita

‘Aisyiyah DIY Hadir Warnai Candi Borobudur SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Matahari sudah c....

Suara Muhammadiyah

25 July 2024

Berita

Teliti Kesejahteraan Spiritual Mahasiswa Non Muslim di Kampus Islam  YOGYAKARTA, Suara Muhamma....

Suara Muhammadiyah

20 July 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah