DRTPM Kemendikbudristek bersama Uhamka Dukung Kemajuan Riset Internasional

Publish

15 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
168
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Adakan The 8th Asian Science Editors’ Confrence and Workshop

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Direktur Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kemendikbudristek bersama Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menjadi penyelenggara ofisial dari kegiatan The 8th Asian Science Editors’ Confrence and Workshop atau Konferensi dan Workshop Editor Sains Asia Ke-8 yang diselenggarakan di Westin Hotel, Jakarta, Senin dan Selasa (15-16/7).

Dalam konferensi ini, Uhamka menjadi bagian dari penyelenggara kegiatan bersama dengan Council of Asian Science Editors (CASE) yang diadakan oleh DRTPM Kemendikbudristek. Dengan mengangkat tema Reflecting on the Past Ten Years of Asian Science Journals for the Future, kegiatan akan membahas mengenai kolaborasi Editor Jurnal Indonesia dalam meningkatkan pemeringkatan atau ranking publikasi jurnal scientific setara Internasional.

Konferensi dihadiri oleh Prof. M. Faiz Syuaib selaku Direktur Riset Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Indonesia, Prof. Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Basil D’Souza selaku Presiden CASE, Prof. Abdul Harris selaku Direktur Jenderal Pengembangan dan Riset, Prof. Muhammad Faiz selaku Direktur Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat, dan para komite lokal serta partisipan yang hadir dalam konferensi.

Dalam Sambutannya, Prof. Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan ikhtiar Uhamka dalam ikut berkontribusi mengembangkan riset bertaraf internasional melalui peningkatan kualitas penulisan jurnal scientific.

”Uhamka sangat mendukung peningkatan kualitas penulisan jurnal scientifik sesuai standar Internasional sebagai bagian dari pengembangan inovasio di dunia pendidikan dalam menghadapi tantangan era industri digital 5.0,” ucap Prof. Gunawan.

Selanjutnya, Basil D'Souza selaku President CASE menyampaikan apresiasinya terhadap Uhamka dan DRTPM Kemendikbudristek dalam memfasilitasi kegiatan ini sebagai sarana dalam meningkatkan dan mengembangkan publikasi dan penulisan jurnal scientifik yang sekarang mengalami tantangan dari perkembangan teknologi digital industri 5.0.

”Saya ucapkan terima kasih kepada Uhamka dan DRTPM Kemendikbudristek atas terselenggaranya konferensi ini dan memfasilitasi para peneliti dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas penulisan dan publikasi jurnal scientifik ke level yang lebih tinggi, terlebih lagi kualitas riset dan publikasi jurnal sangat didominasi oleh perkenbangan teknologi yang sangat pesat di era industri 5.0,” ucap Basil.

Selain itu, Prof. M. Faiz Syuaib selaku DRTPM Kemendikbudristek juga menyampaikan bahwa Asia merupakan penyumbang tersebar peneliti di dunia, sehingga melalui kegiatan ini diharapkan menjadi sebuah penguatan bagi para peneliti yang hadir dari seluruh universitas di seluruh wilayah Asia.

”Asia telah menjadi penyumbang terbesar untuk penelitian di dunia melalui jumlah peneliti dan artikel yang telah terpublikasi. Untuk itu, melalui kegiatan ini, Kita dapat membagikan ilmu bersama dalam menguatkan kolaborasi untuk peningkatan riset dan sistem publikasi,” pungkas Prof. M. Faiz.

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Ramadan bukan hanya momentum peningkatan spiritual, tetapi juga sebagai....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Kegiatan Akhirussanah sekaligus pentas seni tutup tahun ajaran 2023-202....

Suara Muhammadiyah

8 June 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Di gelaran Wisuda Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ke-114 pada 18 ....

Suara Muhammadiyah

18 July 2024

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Lazismu Jawa Tengah terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan ....

Suara Muhammadiyah

20 April 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Rektor Unismuh Makassar, Prof H Ambo Asse, dan Rektor Universitas Al-....

Suara Muhammadiyah

27 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah