Dosen UAD Gelar Pelatihan Penulisan Berita dan Media Sosial Bagi Pamong Desa Caturharjo

Publish

6 September 2024
uad

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
78
Istimewa

Istimewa

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Bekerja sama dengan Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Bantul, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UAD mengadakan sejumlah kegiatan bersama. Salah satu kegiatan tersebut berupaya mendukung peningkatan kapasitas pamong dalam hal kemampuan dalam penulisan berita di web desa, publikasi dan informasi mengenai program-program kelurahan. 


Kegiatan pendampingan dan pelatihan penulisan berita atau publikasi serta peningkatan sistem informasi di media sosial kelurahan tersebut berlangsung selama empat hari yaitu Ahad (25/8) hingga rabu (28/8) dengan menerjunkan tiga dosen yaitu Dedi Wijayanti, Pujiyati Suyata yang berprofesi sebagai dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan juga Murinto yang merupakan dosen dari Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik Industri. 


Kegiatan yang bertempat di Kelurahan Caturharjo ini diikuti oleh pamong dan relawan pemuda di Desa Caturharjo. Selain itu, kegiatan PKM Dosen ini melibatkan mahasiswa dari Prodi PBSI FKIP juga Prodi Teknik Informatika. 


Kegiatan tersebut terdiri dari tiga tahapan yaitu pertama, pencermatan web dan pemetaan kebutuhan media sosial kelurahan; kedua, kegiatan pelatihan penulisan berita dan membuat video publikasi, dan tahap terakhir adalah pendampingan pengelolaan web dan tiktok. Harapannya, kegiatan tersebut dapat menghasilkan luaran dalam bentuk E-Book berjudul Pelatihan Penulisan Berita dan Pengembangan Media Sosial Kelurahan. 


Lurah Desa Caturharjo Wasdiyanto, S.Si mengapresiasi kegiatan PKM dosen dan mahasiswa yang dinilainya sangat bermanfaat bagi pamong dan kelurahan karena dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pamong ataupun pemuda setempat. 

“Aktivitas di web desa dan media sosial desa menjadi meningkat,” ungkapnya.


Rudy Suharta, M.M., Ketua MPM PDB Bantul mengatakan dalam sambutannya bahwa pemberdayaan pamong kelurahan atau pemuda karang taruna juga masuk dalam sasaran pemberdayaan dari program yang ada di MPM PDM Kabupaten Bantul. 


Di akhir sambutannya, Ketua MPM dan Lurah Caturharjo mengucapkan terima kasih dan berharap agar LPPM UAD senantiasa berkomitmen untuk menerjunkan dosen dan mahasiswanya dalam meningkatkan pemberdayaan di lingkungan kelurahan. (D/Th)

 

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

LLHPB PP Aisyiyah Kolaborasi dengan Lazismu PP Muhammadiyah DEMAK, Suara Muhammadiyah - Lembaga Lin....

Suara Muhammadiyah

13 May 2024

Berita

MPKSDI Lakukan Pembinaan Ideopolitor dan Pengukuhan PCM  BEKASI, Suara Muhammadiyah - Majelis ....

Suara Muhammadiyah

9 January 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhamamdiyah - Dalam rangka mendorong kreativitas dan inovasi calon mahasiswa....

Suara Muhammadiyah

5 February 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Salah satu upaya untuk mengurangi limbah organik adalah dengan mengguna....

Suara Muhammadiyah

15 January 2024

Berita

Kolaborasi PWA DIY Bersama Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  YOGYAKARTA....

Suara Muhammadiyah

16 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah