Dosen UAD Berikan Pelatihan Pemasaran Produk bagi Pelaku UMKM Disabilitas di Kabupaten Sorong

Publish

30 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
94
Pelatihan Literasi Digital

Pelatihan Literasi Digital

Dosen UAD Berikan Pelatihan Pemasaran Produk bagi Pelaku Disabilitas UMKM di Kabupaten Sorong


SORONG, Suara Muhammadiyah -UMKM Disabilitas yang berada di Kabupaten Sorong merupakan satu-satunya Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang dibentuk dalam rangka memfasilitasi dan mendukung pengembangan bisnis bagi penyandang disabilitas. UMKM ini Didirikan dalam rangka membantu para penyandang disabilitas yang tersegmentasi ketika harus mencari kerja akibat persepsi negatif. Terdapat beberapa bentuk usaha warga penyandang disabilitas, diantaranya perdagangan hasil pertanian, perkebunan, perikanan, makanan olahan, serta makanan ringan khas Sorong.

Meskipun diciptakan dengan dasar lingkungan kerja yang ramah dan aksesibel untuk mendukung pengembangan bisnis yang dijalankan oleh penyandang disabilitas, namun ternyata kemampuan literasi digital para anggota UMKM masih minim. Hal ini terlihat dari kurangnya kreativitas kemasan produk dan bentuk pemasaran yang masih konvensional. Selain itu banyak pelaku usaha UMKM yang belum memiliki kemampuan mendesain kemasan produknya dan memasarkan produknya melalui e-commerce .

“Padahal produk-produk yang dihasilkan oleh anggota UMKM sudah cukup bervariasi dan memiliki keunggulan dalam kualitas,” ujar Andriyani.

Dosen Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan (UAD), dalam hal ini adalah Ibu Dr. Andriyani, M.Si., diundang secara online untuk memberikan pelatihan literasi digital anggota UMKM Disabilitas tersebut pada Senin, 26 Agustus 2024.

Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat dan meningkatkan kemampuan literasi digital para anggota Disabilitas UMKM di Kabupaten Sorong. Keterbatasan kemampuan para anggota UMKM Disabilitas ini menyebabkan mereka kesulitan dalam menjalankan aktivitas perdagangan dan pengembangan bisnisnya untuk mencapai target pemasaran yang lebih luas.

Dalam pelatihan, Ibu Andriyani memperkenalkan sembilan komponen pengembangan literasi dan berbagai program nasional literi digital yang dinaungi dalam Siber Kreasi Program Makin Cakap Digital kepada para penyandang disabilitas.

Setelah sesi pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan peningkatan kemampuan literasi digital melalui pengembangan bisnis UMKM diantaranya jejaring sosial , transliterasi , menjaga privasi , mengelola identitas digital , membuat konten , mengatur & berbagi konten , menggunakan kembali/menggunakan kembali konten , menyaring & memilih konten , serta penyiaran mandiri .

Pelatihan pun diakhiri dengan pendampingan oleh narasumber terhadap salah satu peserta. Mereka membuat desain merek produk dengan menggunakan aplikasi Canva agar dapat memasarkan produk secara online . (diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah – Meningkatnya penggunaan teknologi tidak berbanding lurus denga....

Suara Muhammadiyah

22 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Resmi dibuka, opening ceremony dari Kompetisi Jembatan Indones....

Suara Muhammadiyah

17 October 2023

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Nasyiatul 'Aisyiyah Pahandut (PCNA Pahandut) Kota....

Suara Muhammadiyah

24 May 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Senin (9/9/24), LazisMu PDM Sleman menggelar acara bincang bisnis y....

Suara Muhammadiyah

10 September 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dalam Bincang Buku Ramadhan “Dari Teks Menuju Konteks&r....

Suara Muhammadiyah

16 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah