Dirjen Nakes Kemenkes: Indonesia Masih Minim Tenaga Kesehatan

Publish

20 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
136
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Hingga saat ini tenaga medis di Indonesia dapat dikatakan masih sangat minim. Sebanyak 423 puskesmas di Indonesia tanpa dokter dan 2991 puskesmas memiliki kekosongan pada profesi dokter gigi.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Direktur Jendral (Dirjen) Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI), drg. Arianti Anaya, MKM. Arianti menyampaikan data tersebut dalam acara penyerahan Surat Keputusan (SK) Beasiswa Dokter dan Dokter Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Selasa (20/8) di Ruang Sidang Utama Gedung AR Fakhruddin A Lantai 5 UMY.

Dengan adanya program Beasiswa Dokter dan Dokter Gigi UMY ini, Arianti berharap kekosongan tenaga kesehatan di berbagai daerah di Indonesia ini bisa terpenuhi. Ia pun berharap agar para penerima Beasiswa Dokter dan Dokter Gigi UMY bisa kembali ke daerahnya masing-masing untuk memajukan program kesehatan.

“Apresiasi yang luar biasa kepada UMY karena sudah membantu pemerintah untuk memberikan beasiswa kepada para calon dokter, yang tentunya masih sangat dibutuhkan oleh Indonesia. Kita perlu memberikan apresiasi kepada UMY karena sudah memintarkan generasi Indonesia dan mendidik dokter-dokter untuk membantu rakyat Indonesia tetap sehat,” ujar Arianti. 

Arianti juga berpesan dengan adanya Beasiswa Dokter dan Dokter Gigi UMY, nantinya kelima penerima beasiswa tersebut dapat memberikan pelayanan yang jauh lebih baik di Indonesia untuk menuju Indonesia Emas di tahun 2045. 

Adapun penerima beasiswa dokter dan dokter gigi UMY tahun ajaran 2024/2025 ini diberikan kepada 5 siswa. Mereka berasal dari SMA MBS ZAM ZAM Cilongok Banyumas, SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, SMA Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro Lampung, SMAS Muhammadiyah 9 Sedayulawas Brondong Lamongan, dan SMA Muhammadiyah 2 Al Mujahidin Balikpapan. (NF)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Biro Sumber Daya Manusia (BSDM) Universitas Muhammadiyah Purwokerto....

Suara Muhammadiyah

27 November 2023

Berita

MAROS, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka merayakan Syawalan, Lazismu Sulsel menggelar acara di Maros....

Suara Muhammadiyah

10 May 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Menjelang dilaksanakan Grand Opening [GO] Kantor SM Tour & Travel ....

Suara Muhammadiyah

31 January 2024

Berita

GAMPING, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr H Agus Taufiqurrahman, SpS., MKes....

Suara Muhammadiyah

5 June 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Ikhtiar sentuh kelompok-kelompok rentan yang selama ini belum terjangk....

Suara Muhammadiyah

9 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah