Diikuti Ratusan Peserta, Kemah Prestasi Pandu Pengenal HW Sleman Semarak

Publish

21 May 2024
hw

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
299
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Perkemahan merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh SD Muhammadiyah dalam rangka untuk mengevaluasi kegiatan Hizbul Wathan. Kegiatan kemah tahun ini bernama “Kemah Prestasi Pandu Pengenal Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kabupaten Sleman”. Perserta kemah adalah siswa kelas V dari SD Muhammadiyah Kadisoka, 1 Pakem, Prambanan, Bayen, Dhuri, 1 Ngaglik dan 2 Pakem yang berjumlah 349 siswa.

Kemah dilaksanakan pada Jumat-Ahad, 17-19 Mei 2024, bertempat di Buper Wonokemuning, Wonogiri, Pakembinangun, Pakem, Sleman. Tujuan dari perkemahan ini adalah untuk memotivasi dan menumbuhkan rasa memiliki HW serta rasa peduli dan kemandirian pada setiap anggota. Untuk menumbuhkan sikap mandiri, mengurangi sikap manja, dan ketergantungan kepada orang tua, maka perlu diciptakan bentuk kegiatan yang berlokasi jauh dari tempat tinggal. Yang sekaligus berfungsi sebagai wahana untuk mengukur dan menguji kemampuan, ketaatan, kekompakan, serta penerapan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun jenis kegiatan yang dilaksanakan diperkemahan yaitu: Kegiatan Umum, meliputi Ibadah Kegamaan, Upacara Pembukaan, Upacara Penutupan, Olahraga, Api Unggun, Penjelajahan, Korve Tenda. Kegiatan Keterampilan Kepanduan, meliputi Baris Berbaris, Pionering Dasar, Tali Temali, Semaphore dan Morse, Sandi-Sandi. Kegiatan Ilmu Pengetahuan, Seni Budaya, Persaudaraan, meliputi Hasta Karya dari Barang Bekas, Memasak dan Menghidangkan Masakan, Pentas Seni, Outbond

Kegiatan kemah dibuka secara resmi oleh ketua PDM Sleman Bapak H. Harjaka, S.Pd.,S.Ag.,MA. pada Jumat, 17 Mei 2024.  Dalam sambutannya Beliau menyampaikan karakter yang harus dimiliki oleh Pandu Hizbul Wathan sesuai dengan bunyi UU Pandu HW diantaranya: Gandes (Beraklak Mulia), Luwes (Berjiwa Sosial), Mentes (Pandai Cakap), Leres (Benar Perkataan dan Perilkaunya), Pantes (Bisa dicontoh).

Pada malam harinya adalah penyalaan Api Unggun dan Pentas Seni. Para peserta kemah secara bergantian menampilkan satu pentas di atas panggung bersama regunya masing-masing. Acara Pentas Seni sangat meriah dan sangat menghibur. Peserta kemah sangat antusias untuk menampilkan kebolehannya. Sekitar pukul 22.30 peserta kemah dipersilahkan untuk memasuki tenda masing-masing untuk beristirahat. Tepat pukul 03.00 peserta kemah dibangunkan untuk sholat lail, dilanjutkan sholat subuh dan mendengarkan kultum.

Kemah berakhir pada Ahad, 19 Mei 2024, dengan upacara penutupan. Dalam upacara penutupan sekaligus diumumkan peraih lomba kegiatan selama perkemahan berlangsung. Setelah upacara selesai dilanjutkan berjabat tangan antara peserta kemah dengan panitia. Kemudian siswa membongkar tenda dan pulang ke rumah masing-masing. 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah - RSI PKU Muhammadiyah Tegal (RSI Singkil) dengan bangga mengumumkan inova....

Suara Muhammadiyah

28 January 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah -  Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agung Setya IE SH SIK MSi menyamp....

Suara Muhammadiyah

21 June 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Bantul (22/10) Alumni Bimbingan Haji Aiyiyah Bantul (ALBHA) Bantul....

Suara Muhammadiyah

22 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Ikatan Keluarga Alumni Komunikasi dan Penyiaran Islam (IKA KPI) ....

Suara Muhammadiyah

4 March 2024

Berita

PULANG PISAU, Suara Muhammadiyah - Ketua Badan Pengurus Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiya....

Suara Muhammadiyah

18 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah