Didik Suhardi Lepas Siswa SMK Muhisa Magang ke Jepang

Publish

19 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
66
Dok. Istimewa

Dok. Istimewa

MALANG, Suara Muhammadiyah - Ketua Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Nonformal Pimpinan Pusat Muhammadiyah H Didik Suhardi, PhD menghadiri acara pelepasan siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang yang akan mengikuti program kuliah, magang, dan bekerja di Jepang, Kamis (19/9). Program ini merupakan hasil kerja sama antara SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang dan Alice International College (AIC) Jepang.

Dalam sambutannya, Didik Suhardi mengapresiasi inisiatif SMK Muhammadiyah yang terus mendorong siswa-siswinya untuk siap terjun ke dunia kerja.

“SMK Muhammadiyah 1 Malang adalah salah satu SMK unggulan di Kota Malang bahkan Jawa Timur. Banyak lulusannya yang telah bekerja di luar negeri dan dunia industri. Hal ini perlu terus dikembangkan,” ujar Didik Suhardi.

Didik Suhardi juga menambahkan bahwa peluang bekerja di Jepang cukup menjanjikan, mengingat angka kelahiran yang rendah dan penurunan jumlah angkatan kerja di negara tersebut. Bekal penting untuk bekerja di Jepang meliputi penguasaan bahasa Jepang dan keterampilan yang memadai.

Drs Arif Effendi, Kepala SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang (Muhisa), menjelaskan bahwa kerja sama dengan PT Alice International College (AIC) Jepang telah terjalin sejak lama. “Kerja sama ini bertujuan untuk menampung siswa sekolah menengah kejuruan yang siap bekerja setelah lulus,” ujar Drs Arif Effendi.

Drs Arif Effendi juga mengamati minimnya lapangan pekerjaan di Indonesia untuk lulusan SMK. Oleh karena itu, setiap tahunnya, 30 siswa SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang dikirim ke Jepang untuk kuliah dan bekerja.

Untuk dapat berangkat, para siswa harus melewati berbagai seleksi, termasuk tes bahasa Jepang langsung dengan direktur PT AIC. Hingga tahun 2024, tercatat sudah ratusan siswa yang telah dikirimkan ke Jepang.

Selain program kuliah, magang, dan bekerja di Jepang, SMK Muhammadiyah 1 Malang juga memiliki program unggulan lainnya, yaitu Teknik Mekanik Otomotif (TMO).

SMK Muhammadiyah 1 Malang saat ini menerima perawatan dan servis untuk Motor Sport dan Motor Gede (MOGE). Salah satu langganan mereka adalah Polsek Kota Malang serta beberapa polsek di Jawa Timur.

Belakangan ini, beberapa motor yang berpartisipasi dalam Pertamina Grand Prix of Indonesia-Moto GP di Mandalika juga mendapatkan servis dari siswa SMK Muhammadiyah 1 Malang. (Hendra/Fab)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Akhmad Abu Bakar selaku Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI ....

Suara Muhammadiyah

23 September 2023

Berita

TUBABA, Suara Muhammadiyah - M. Febri Aryono, M.Pd.I, Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiya....

Suara Muhammadiyah

4 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Perpustakaan merupakan salah satu unit kerja yang sangat penting bagi....

Suara Muhammadiyah

21 December 2023

Berita

Kolaborasi PWA DIY Bersama Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  YOGYAKARTA....

Suara Muhammadiyah

16 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta kembali melaksanakan program unggulan....

Suara Muhammadiyah

15 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah