Dekan FIK UMJ Raih Gelar Doktor Manajemen Pendidikan di UNJ

Publish

29 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
139
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIK UMJ) Miciko, M.Biomed., meraih gelar Doktor Manajemen Pendidikan di Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Sabtu (27/07/2024).

Ia berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul "Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dosen Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah di Wilayah Jawa Tengah", dalam Sidang Promosi Doktor secara hybrid di Lantai 5 Gedung Bung Hatta, Pascasarjana UNJ.

Miciko melakukan sample penelitian terhadap 162 dosen dari 230 populasi dosen tetap pada sebelas Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah (PTMA) di Jawa Tengah. Data penelitian ini diambil dengan cara survei melalui pengisian kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik analisis jalur berbasis varian yang dikenal Partai Least Square (PLS).

Penemuannya menunjukkan bahwa budaya organisasi, kepemimpinan transformasional, dan motivasi kerja berpengaruh positif terhadap keputusan kerja dosen. Lalu, budaya organisasi dan kepemimpinan transformasional berpengaruh langsung terhadap motivasi kerja dosen.

Sementara itu, budaya organisasi dan kepemimpinan transformasional berpengaruh tidak langsung positif terhadap kepuasan kerja dosen melalui motivasi kerja.

Saat diwawancarai usai dilantik menjadi doktor, Miciko menyampaikan bahwa ia melakukan penelitian tersebut, karena terinisiasi dengan adanya pengamatan terhadap rendahnya tingkat kepuasan kerja dosen di PTMA. Pasalnya, kondisi ini dapat berdampak negatif pada kualitas pengajaran dan lulusan yang dihasilkan.

"Setelah meraih gelar doktor dan menyelesaikan penelitian ini, saya berharap dapat mengimplementasikan hasil penelitian dalam bentuk instrumen pengukuran kepuasan kerja dosen di setiap PTMA," katanya.

Turut hadir dan memberi sambutan, Wakil Rektor II UMJ Dr. Ir. Mutmainah, MM. Ia mengapresiasi keberhasilan Miciko meraih gelar doktor dengan perjuangan yang luar biasa.

"Mudah-mudahan gelar doktor yang dicapai menjadi berkah untuk pendidikan dan keluarga," harapnya.

Dewan Penguji dalam Sidang Promosi Doktor Miciko, di antaranya Direktur Pascasarjana UNJ Prof. Dr. Dedi Purwana, ES., M.Bus. (Ketua Sidang), Koordinator Prodi S3 Manajemen Pendidikan UNJ Prof. Dr. Suryadi (Promotor), dan Dosen UNJ Dr. Dewi Nusraningrum, M.Si. (Co-Promotor).

Lalu, Guru Besar UNJ Prof. Dr. Bedjo Sujanto, M.Pd. (anggota), Dosen UNJ Dr. Fakhruddin Arbah, M.Pd. (anggota), Dosen UNJ Dr. Matin, M.Pd. (anggota), dan Guru Besar Universitas Pendidikan Bandung Prof. Dr. Aan Komariah, M.Pd. (Penguji Luar).


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terus menunjukkan komi....

Suara Muhammadiyah

27 October 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Irwan Akib mengatakan, orienta....

Suara Muhammadiyah

4 September 2024

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Memasuki usia ke 10 tahun atau satu dekade, program Gerakan Pela....

Suara Muhammadiyah

9 June 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Berdirinya 'Aisyiyah adalah habitus baru di Indonesia. Hal tersebu....

Suara Muhammadiyah

24 March 2024

Berita

SIBOLANGIT, Suara Muhammadiyah –  Perkuat Komitmen, Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Ut....

Suara Muhammadiyah

27 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah