Buku Terbitan SM, Penuntun Jalan Perubahan

Publish

13 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
336
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

Oleh: Wahyudin

Kader IMM Jogja. Tinggal di Nusa Tenggara Timur

Muhammadiyah terus berkomitmen untuk meningkatkan literasi di kalangan kader-kadernya di Pondok Pesantren Ar-Rahimiyah Pota, Nusa Tenggara Timur (NTT). Muhammadiyah melalui PCM Sambirampas ini berencana membangun perpustakaan mini di Pondok Pesantren Ar-Rahimiyah Pota.  Hingga saat ini Pondok Pesantren Ar-Rahimiyah Pota merupakan rumah bagi pembinaan kader Muhammadiyah. Oleh karena itu, Perpustakaan ini diharapkan menjadi tempat pengembangan literasi bagi para kader Muhammadiyah secara umum, terkhusus bagi santri Pondok Pesantren Ar-Rahimiyah Pota.

Hingga saat ini, Organisasi Muhammadiyah melalui Suara Muhammadiyah telah mendistribusikan banyak buku sebagai upaya untuk meningkatkan literasi di masyarakat. Sumbangan buku diharapkan menjadi fondasi awal pembentukan perpustakaan mini di Sambirampas, Manggarai Timur, NTT. Dalam waktu dekat, Pengurus Muhammadiyah setempat berencana untuk membangun perpustakaan mini yang akan menjadi pusat pengembangan literasi bagi masyarakat di Kelurahan Pota, Kecamatan Sambirampas, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.

Di lain tempat, Muhammadiyah memiliki tanah seluas 3 hektar di Kecamatan Sambi Rampas yang siap dimanfaatkan untuk pemberdayaan umat. Tanah ini merupakan pemberian masyarakat Pota kepada pengurus Muhammadiyah Cabang Pota. Tanah ini diharapkan dapat digunakan untuk berbagai program yang mendukung kesejahteraan masyarakat, termasuk kegiatan pendidikan, pelatihan, dan pengembangan ekonomi. Dengan pemanfaatan yang tepat, Muhammadiyah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah.

Di lokasi tersebut juga berdiri Masjid Jabal Nur, yang terletak di atas tanah wakaf milik Muhammadiyah yang berdiri sejak tahun 1995. Saat ini, pengelolaan tanah tersebut berada di bawah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pota, yang kini telah berganti nama menjadi Pimpinan Cabang Muhammadiyah Sambi Rampas. Dengan berbagai inisiatif ini, Muhammadiyah berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pengembangan masyarakat di wilayah tersebut.

Selain masjid, organisasi Muhammadiyah telah mengambil langkah signifikan dalam pengembangan pendidikan di wilayah ini dengan membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah. Sekolah ini akan memfokuskan pada empat bidang keahlian, yaitu pertanian, teknik komputer jaringan, perikanan, dan peternakan. Keempat bidang ini dipilih karena merupakan kebutuhan dasar masyarakat setempat, yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan kesejahteraan warga Manggarai Timur. *


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Wawasan

Benarkah Muhammadiyah Kekurangan Kader Ulama? Oleh: Muhammad Utama Al Faruqi, Penerjemah Bahasa Ara....

Suara Muhammadiyah

17 April 2024

Wawasan

Oleh: Tri Aji Purbani, A.Md, BI Majelis Ekonomi Bisnis, Pariwisata dan Pengembangan UMKM Pimpinan D....

Suara Muhammadiyah

20 January 2024

Wawasan

Oleh: Donny Syofyan Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas Ada empat aliran pemikiran besa....

Suara Muhammadiyah

11 December 2023

Wawasan

Hiruk Pikuk Kenaikan UKT Semakin Memperkuat Eksistensi PTM   Oleh Amidi, Dosen FEB Universitas....

Suara Muhammadiyah

3 June 2024

Wawasan

Banten, Muhammadiyah, dan Rakyat Miskin Oleh: Saidun Derani Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun....

Suara Muhammadiyah

17 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah