BikersMu Korwil Jawa Timur Hadirkan Spirit Kebersamaan dan Nilai Qur'ani

Publish

17 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
63
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

MALANG, Suara Muhammadiyah - BIKERSMU Koordinator Wilayah (Korwil) Jawa Timur sukses menyelenggarakan Kopi Darat Gabungan (Kopdargab) di TRS Sengkaling, Malang. Acara yang berlangsung pada 14-15 September ini tidak hanya menjadi ajang silaturahim, tetapi juga mengangkat nilai-nilai Islam sebagai landasan dalam berkomunitas. Zakaria Ahmad MSi selaku ketua panitia menyampaikan sambutan silaturahim dihadapan anggota BIKERSMU dari berbagai wilayah di Jawa Timur.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diisi dengan berbagai kegiatan menarik dan bermakna, salah satunya adalah kajian Ahad pagi oleh Prof Dr Ir M Sasmito Djati MS selaku Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur. Prof Sasmito dalam kajiannya mengulik Surat Ali Imran ayat 104, yang menekankan pentingnya mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran. Ayat ini menjadi landasan utama bagi BIKERSMU dalam menjalankan aktivitasnya di tengah masyarakat dan menjadi teladan yang baik di jalan.

Ia juga menekankan pentingnya empat sifat utama yang harus dimiliki oleh setiap anggota BIKERSMU, yaitu 1) Siddiq, yakni setiap anggota harus bersikap jujur dan memiliki integritas dalam setiap tindakan, 2) Fathonah, yakni setiap anggota diharapkan mampu bersikap cerdas dalam menghadapi tantangan serta penuh inovasi, 3) Amanah, yaitu setiap kepercayaan yang diberikan harus dijaga dengan penuh tanggung jawab, dan 4) Tabligh, atau menjadi agen penyampai kebaikan, tidak hanya melalui kata-kata, tetapi juga tindakan nyata.

Selain itu, Prof. Sasmito juga menyampaikan rencana strategis untuk memperluas jaringan BIKERSMU di seluruh Jawa Timur. “Kami akan menjembatani pembentukan BIKERSMU di berbagai kota dan kabupaten di Jawa Timur dengan memberikan wawasan kepada Pimpinan Daerah Muhammadiyah tentang Visi Misi Bikersmu ini” ungkapnya. Hal ini diharapkan dapat memperkuat eksistensi BIKERSMU sebagai komunitas yang tidak hanya solid di jalan, tetapi juga aktif dalam kegiatan dakwah dan sosial di masyarakat.

Tak hanya kajian, peserta juga mengikuti serangkaian kegiatan yang penuh semangat seperti riding malam dengan menikmati pemandangan ke Bukit Jengkuang, Batu. Kegiatan ini tentu memberikan kesan dan pengalaman yang menyenangkan bagi para peserta, meski ada peserta yang tertinggal dan tersesat ke tempat lain. Pada hari terakhir, BIKERSMU Korwil Jatim mengadakan kegiatan Rally City di Malang yang diikuti oleh puluhan motor. Rute kegiatan ini dimulai dari Sengkaling dan berakhir di Balai Kota Malang sembari menutup rangkaian acara dengan penuh kebersamaan.

Ketua Korwil Jawa Timur, Ahmad Taufiq, menyampaikan apresiasinya atas antusiasme para peserta dalam acara ini. "Kopdargab ini menjadi momentum penting untuk mempererat silaturahim antar anggota BIKERSMU se-Jawa Timur. Kami berharap nilai-nilai yang disampaikan dalam acara ini dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya. Dengan kesuksesan acara ini, BIKERSMU Jawa Timur semakin optimistis untuk terus memperkuat jalinan persaudaraan antar anggota dan menjalankan misi dakwah yang berlandaskan nilai-nilai Qur'ani, Melaju Bersama Dakwah BIKERSMU.

Sebagai tambahan, acara ini turut dihadiri oleh perwakilan BIKERSMU Pimpinan Pusat, Azhar Labib, SPdI, MPd yang juga menjadi inisiator terbentuknya BIKERSMU sejak 4 tahun yang lalu. Kini, sudah terbentuk 32 Korwil se Indonesia. (Alex/Kiky)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Eny Syatriana, dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris pada FKIP Univer....

Suara Muhammadiyah

2 January 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menorehkan pre....

Suara Muhammadiyah

18 May 2024

Berita

THAILAND, Suara Muhammadiyah - Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional Universitas Muham....

Suara Muhammadiyah

4 September 2024

Berita

WONOGIRI, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Rapa....

Suara Muhammadiyah

27 February 2024

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah – Mengusung tema “Membangun Kompetensi dan Komitmen Bagi D....

Suara Muhammadiyah

9 September 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah