Banjir Bandang di Ternate, MDMC Sigap Bantu Warga Terdampak

Publish

29 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
116
Foto Istimewa

Foto Istimewa

TERNATE, Suara Muhammadiyah — Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan terjadinya  banjir bandang pada Ahad, 25 Agustus 2024, pukul 03.30 WIT di Kelurahan Rua, Kota Ternate, Maluku Utara. korban jiwa dan kerusakan infrastruktur. Berdasarkan laporan situasi terbaru pada 27 Agustus 2024, banjir bandang ini mengakibatkan 18 orang meninggal dunia, 15 orang mengalami luka-luka, 3 orang sedang dalam pencarian, dan sekitar 185 jiwa harus mengungsi akibat bencana ini.

Banjir bandang tersebut menyebabkan kerusakan parah, di antaranya 25 unit rumah rusak berat, satu unit sarana pendidikan, dan satu unit tempat peribadatan juga mengalami kerusakan signifikan. Tim Relawan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) berkoordinasi dengan BPBD Kota Ternate dan BPBD Provinsi Maluku Utara untuk melakukan evakuasi terhadap korban yang masih berada di lokasi kejadian.

Warga yang terdampak sebagian besar mengungsi ke rumah keluarga secara mandiri, sementara sebagian lainnya ditampung di posko pengungsian yang telah didirikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate.

Selain itu, BPBD Provinsi Maluku Utara juga telah menetapkan status Tanggap Darurat dan membentuk Posko Tanggap Darurat untuk memfasilitasi bantuan lebih lanjut. Relawan MDMC yang berada di Ternate telah melakukan kaji cepat terkait dampak bencana ini dan membantu menyiapkan lokasi pengungsian. 

Saat ini, bantuan logistik sangat dibutuhkan untuk mendukung para pengungsi dan upaya penyelamatan. Beberapa kebutuhan mendesak yang telah diidentifikasi, antara lain tenda pengungsi, light tower, selimut, matras, terpal, kasur lipat, sembako, air bersih, peralatan rescue, dan peralatan dapur umum.

Upaya terus dilakukan untuk memberikan bantuan maksimal kepada korban banjir bandang ini, dan masyarakat diimbau untuk ikut serta memberikan bantuan sesuai kemampuan. Pemerintah juga mengajak seluruh warga yang berada di lokasi rawan bencana untuk tetap waspada dan mengikuti arahan dari petugas di lapangan.(*)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Klinik Pratama Aisyiyah Kalteng melakukan survey Akreditasi Klini....

Suara Muhammadiyah

4 November 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Dalam upaya memperkuat peran dan kontribusi di bidang perencanaan wil....

Suara Muhammadiyah

30 January 2024

Berita

FAI UM Bandung Kembali Gelar Kajian Majelis Wal Ashri BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Melalui w....

Suara Muhammadiyah

2 November 2023

Berita

BULUKUMBA, Suara Muhammadiyah - Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan, Mustari ....

Suara Muhammadiyah

24 September 2023

Berita

TAIWAN, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar kembali menunjukkan komitme....

Suara Muhammadiyah

28 July 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah