5 Cara Menjaga Mental Remaja agar Tetap Sehat

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
81
Gerakan Subuh Mengaji

Gerakan Subuh Mengaji

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Gerakan Subuh Mengaji (GSM) Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Barat digelar pada Jumat, 23 Agustus 2024. Acara ini mengangkat tema “Keterlibatan Orang tua dalam Menjaga Kesehatan Mental Remaja”. Acara ini dihadiri oleh Istiana Tajuddin, MPsi, Psikolog, Dosen Universitas Muhammadiyah Makassar yang sekaligus menjadi narasumber pada kesempatan tersebut. 

Dalam paparannya, Istiana mengatakan bahwa tanggung jawab orang tua itu sangat besar porsinya. Tugas orang tua tidak hanya merawat anak saat kecil saja namun hingga anak tersebut dewasa. 

“Saya kira tugas orang tua itu besar ya, tanggung jawabnya luar biasa. Bukan hanya mendidik sejak kecil saja namun selamanya hingga dewasa,” ucapnya.

Istiana mengungkapkan data kesehatan mental remaja di Indonesia. Yang ternyata data mengungkapkan bahwa 1 dari 3 remaja ini memiliki masalah kesehatan mental. Istiana lalu mengungkapkan ciri-ciri orang yang sehat mentalnya yaitu ditunjukkan dengan produktivitasnya.

“Bahkan banyak sekali masalah kesehatan mental anak-anak itu seperti tidak teraba. Orang-orang yang sehat mental harusnya ia bisa produktif dan berelasi dengan baik,” katanya.

Istiana mengajak para audiens untuk berkenalan dengan Gen Z. Dimana Gen Z ini merupakan generasi yang sangat terpengaruh dengan adanya akses internet.

“Kita tau bahwa anak-anak kita terkoneksi dengan internet dan lain sebagainya, dan itu divalidasi dengan lingkungan sekitar dan pengaruh dunia maya. Sehingga sering kali mereka menggunakan filter atau avatar,” tuturnya.

Istiana menjelaskan terkait peran orang tua, guru bagi para remaja. Ia menggambarkan peran orang tua seperti bertumbuhnya pohon dari masih kecil hingga tumbuh terlihat mahkotanya.

“Sehingga hasil remaja anak-anak kita sekarang ini merupakan hasil tuaian kita. Saat dimana kita menanamkan nilai-nilai pada remaja ini saat mereka masih masa kanak,” jelasnya.

Istiana menambahkan tentang langkah preventif yang harus orang tua ambil dalam mengawal kesehatan mental remaja. Langkah ini ada 5 yang harus orang tua terapkan dalam mendampingi putra-putrinya untuk membentuk kesehatan mental tersebut. 

Pertama, perhatikan bentuk komunikasi yang dibutuhkan remaja. Kedua, ajarkan makna bertanggung jawab. Ketiga, asah kemampuan regulasi emosi. Keempat, asah kecerdasan sosial remaja. Kelima, asah kesadaran diri sebagai hamba Allah SwT,” tegasnya. (Alle/diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Rektor Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) Herry Suhar....

Suara Muhammadiyah

19 September 2024

Berita

SUKABUMI, Suara Muhammadiyah - Pada Selasa, 21 Mei 2024, dilaksanakan kegiatan sosialisasi pembentuk....

Suara Muhammadiyah

22 May 2024

Berita

KEBUMEN, Suara Muhammadiyah – Perhelatan Musyawarah Daerah Pemuda Muhammadiyah Kebumen yang di....

Suara Muhammadiyah

10 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Rumah Sakit Asri Medical Center (RS AMC) Muhammadiyah Yogyakarta me....

Suara Muhammadiyah

15 May 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Program parenting merupakan kegiatan yang dilakukan untuk meny....

Suara Muhammadiyah

30 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah